Obat Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Obat Obat yang ditanggung BPJS Kesehatan

Obat Obat yang ditanggung BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan melayani masyarakat dalam beberapa jenis pengobatan penyakit dan setiap penyakit memiliki obat yang berbeda – beda.  Dan secara umum BPJS akan menanggung obat – obat yang telah diresepkan oleh Dokter jika pasien memenuhi perosedur dan ketentuan yang berlaku.

Mungkin ada peserta pernah memiliki pengalaman dimana obat yang diresepkan dokter tidak sepenuhnya diberikan  oleh rumah sakit dengan alasan obat tidak ditanggung BPJS. Hal itu Mungkin saja itu terjadi karena berapa alasan, anda bisa tanyakan kebenarannya ke PIC BPJS Kesehatan dirumah sakit tersebut.

Tapi secara umum daftar obat yang ada di BPJS saat ini sudah tergolong lengkap bahkan juga tersedia obat untuk penyakit kronis. Obat yang ditanggung BPJS Kesehatan telah diatur dalam formuarium nasional berdasarkan kepmenkes RI No. 32/Menkes/SK/2013 dan telah terjadi perubahan berdasarkan kepmenkes RI No. 159/Menkes/SK/V/2014.

Formularium Nasional (fornas) adalah daftar obat yang ditanggung BPJS Kesehatan. Obat yang masuk dalam daftar obat fornas merupakan obat yang paling berkhasiat, aman dan memiliki harga terjangkau. Daftar obat tersebut telah disusun oleh Komite Nasional Penyusun Fornas. Untuk lebih jelasnya bisa download daftar dibawah ini.

Download Daftar Obat yang ditanggung BPJS Kesehatan :

Sumber : PasienSehat.com

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Saat ini anak saya dirawat di ruang PICU RS Sumber Waras Ciwaringin karena mengalami penyakit DBD. Tetapi anak saya kekurangan albumin sehingga harus transfusi albumin. Walaupun harga obat tersebut mahal seharga Rp 1.200.000 terpaksa saya harus menebusnya demi kesembuhan anak saya karena dari pihak rumah sakit bilang jatah obat albumin untuk peserta bpjs kosong sehingga harus bayar umum. Saya khawatir adanya diskriminasi dalam kasus ini.

  2. saya mau menayakan..kenapa setiap saya brobat di salah satu RS suasta selalu di beri resep untuk penebusan di apotik kimia parma..tetapi dari pihak kimia farma selalu bilang obat tidak ada dan tidak di caper bpjs karena masalah harga..sedangkan saya butuh obat /bulan 4botol obat ikaleb untuk obat anti kejang..kami terpaksa beli setiap minggu seharga 110ribu..untuk sebulan mengabiskan uang 440ribu..yg jd pesoalan saya bayar iuran percuma klo begini tidak ada mampaat ya.txs seblm ya

Leave a Reply