Tanggapan Peserta mengenai Perubahan Pola Pembayaran Iuran

pola-pembayaran-iuran

Ada salah seorang warga dari Sengkawang Pontianak, peserta yang bernama Farhan terdaftar sebagai peserta mandiri bpjs kesehatan, dirinya mengaku belum mendengar adanya perubahan skema atau pola pembayaran yang baru ini. 

Perubahan skema pembayaran iuran membuat sebagian peserta bingung, mereka menganggap sistem bpjs sedang eror , ada juga yang panik kok tagihannya semakin besar per orangnya. Karena tidak ada sosialisasi sebelumnya mengenai perubahan pola pembayaran ini.

Agar peserta tidak bingung pada saat ingin membayar iuran, maka sebaiknya bpjs melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Setiap ada perubahan peraturan atau peraturan baru sebaiknya di sampaikan ke seluruh peserta dulu sebelum di jalankan, maka program bpjs dirasa tidak memberatkan dan tentunya akan disetujui dengan mudah.

Kalau perubahan skema pembayaran yang baru ini beralasan untuk membuat peserta mengirit (dengan memangkas) biaya administrasi setiap kali melakukan transaksi pembayaran iuran Farhan mendukungnya, karena dapat meringankan peserta yang memiliki anggota keluarga yang menjadi peserta bpjs dengan jumlah banyak, sepertti ada 5-6 orang terdaftar bpjs.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Pada 2014, Hanya Bapak dan Saya sbg anak pertama mendaftarkan diri BPJS jalur mandiri (waktu itu belum ada aturan semua anggota di KK wajib daftar). Nah, untuk pembayaran BPJS Bapak, masih lancar dan aktif. Namun BPJS saya, sudah lama tdk dibayar, terakhir bayar desember 2014 (hampir 2 tahun tertunggak). Karena keluar aturan baru per 1 September 2016 ttg skema pembayaran 1 paket dgn bapak, akhirnya saya ketahuan menunggak BPJS dan saya cek di aplikasi bpjs, status BPJS saya NON AKTIF KARNA PREMI. Saya minta saran, apa yg harus saya lakukan? Bilamana saya membayar semua tunggakan itu, apakah status BPJS saya akan diaktifkan otomatis? Ataukah saya harus membawa dokumen KK, KTP, dll ke kantor BPJS untuk mengaktifkan kembali kartu saya? Karna kalo iya, saya takut petugas meminta saya mendaftarkan semua anggota keluarga yg terdaftar di KK, bukannya ngga mau daftar, tp ada pertimbangan biaya. terima kasih sebelumnya

Leave a Reply