Pahami Penyebab Kanker Serviks Pada Wanita

Kanker Serviks dapat menyebabkan kematian

Kanker Ganas yang mengancam para wanita setelah kanker payudara adalah Kanker Serviks, kanker ini disebabkan oleh Virus HPV ,  Ada sekitar 15 jenis HPV yang berpotensi menyebabkan kanker serviks, kanker ini dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. 

2 Jenis virus HPV yang paling umum adalah HPV 16 dan HPV 18 sekitar 70% menyerang wanita. Virus HPV tipe 16 dan 18 ini dapat berpindah dan menyebar dengan sangat mudah, maka dari itu para wanita harus berhati-hati terhadap virus ini, karena penyebarannya tidak hanya melalui cairan saja, bahkan hanya dengan bersentuhan virus ini dapat langsung menyebar.

Hal yang diperhatikan ketika anda menggunakan WC Umum, sangat dimungkinkan virus HPV berada disana, karena anda banyak orang yang menggunakannya apalagi jika WC tersebut tidak dibersihkan dengan benar.

Virus ini sendiri bisa tetap berada di dalam tubuh dengan atau tanpa penanganan. Belum ada obat yang diketahui bisa menyembuhkan infeksi HPV. 

Kebiasan tertentu juga dapat menyebabkan terjangkitnya kanker serviks, seperti memiliki kebiasaan merokok, kurang asupan vitamin khususnya Vitamin e dan c, serta kurang asupan asam folat.

Hubungan intim pada usia dini (kurang dari 16 tahun) juga dapat menyebabkan kanker serviks , terlebih lagi jika melakukan hubungan intim dengan bergonta – ganti pasangan (seks bebas) justru ini beresiko lebih besar terkena kanker serviks.

Faktor lain penyebab kanker serviks adalah adanya keturunan kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama, terlalu sering melahirkan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply