Besaran Iuran BPJS Bagi Peserta Penerima Upah (PPU)

Setiap Peserta BPJS Kesehatan memiliki Hak dan Kewajiban, Hak seorang peserta adaah mendapatkan jaminan kesehatan sedangkan kewajibannya adalah mematuhi prosedur dan aturan salah satunya yaitu membayar iuran peserta setiap bulan.

Khusus bagi Pekerja Penerma Upah terdapat hitungan khusus, namun pda intinya untuk biaya iuran kelas tetap sama untuk semua peserta, hanya saja peserta PPU iurannya dibayarkan oleh Perusahaan atau Instansi tempat mereka bekerja.

Besaran Iuran Peserta Pekerja Penerima Upah

Besaran Iuran Peserta Pekerja Penerima Upah

Untuk lebih jelasnya mengenai perhitungan iuran Peserta khusus untuk Peserta PPU akan kami rangkum secara singkat dan jelas pada pembahasan hari ini. Informasi mengenai iuran peserta PPU telah tertulis dalam Peraturan Presiden :

Iuran jaminan kesehatan Bagi Pekerja Penerima Upah untuk PNS, TNI atau POLRI, Pejabat Negara dan Pegawai Pemerinta Non-Pegawai Negeri) adalah sebesar 5% dari gaji atau upar perbulan, dengan Rincian : 3% dibayar oleh Pemberi Kerja dan 2% dibayar Oleh Peserta.

Gaji yang digunakan sebagai dasar perhitungan iuran peserta bagi PNS, TNI/POLRE dan Pejabat Negawa adalah Gaji Pokok dan Tunjangan Keluarga. Sedangkan untuk Pegawai Pemerintah Non-Pegawai Negeri adaah Penghasilan tetap dengan batas paling tinggi sebagai dasar perhitungan iuran yaitu 2kali penghasilan PTKP Status kawin anak 1.

Sedangkan,

Iuran Jaminan untuk Peserta PPU selain peserta tersebut dikenakan sebesar 5% dari Gaji atau Upah yang diterima setiap bulan, dimana dengan rincian 4% dibayar oleh Pemberi Kerja dan 1% dibayar oleh Pekerja. 

Gaji yang digunakan sebagai dasar perhitungan iuran jaminan kesehatan terdiri dari Gaji Pokok dan Tnjangan tetap, batas paing tinggi haji per bulan yang digunakan sebagai dasar iuran adalah 2x pengajsilan Tidak Kena Pajak dengan status kawin dengan anak 1.

Iuran Jaminan Kesehatan bagi anggota keluarga yang lain dibayar oleh peserta. Besaran Iuran Jaminan Kesehatan bagi anggota keluarga yang lain ditetapkan sebesar 1% (satu persen) dari Gaji atau Upah Peserta Pekerja Penerima Upah per orang per bulan.

Pekerja Penerima Upah dan anggota keluarganya meliputi Pekerja penerima Upah, istri/suami yang sah, anak kandung, anak tiri dari perkawinan yang sah, dan anak angkat yang sah, sebanyak-banyaknya 5 (lima) orang.

Untuk Tambahan Kerabat, seperti Kakak, Adik, Keponakan, Asisten Ruah tangga, Supir dsb, besaran iuran adalah Normal sesuai dengan pilihan kelas perawatan sebagai berikut :

  • Kelas 1= Rp80.000/orang/bulan
  • Kelas 2 = Rp51.000/orang/bulan
  • Kelas 3 = Rp25.500/orang/bulan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply