Kebijakan Baru 1 September 2016, Bayar BPJS Kesehatan Harus 1 KK

Bayar BPJS 1 KK

Para peserta bpjs kesehatan jangan kaget karena ada kebijakan baru yang dikeluarkan bpjs per 1 september 2016 mengenai skema baru dalam pembayaran iuran. 

Sebelumnya pembayaran iuran peserta dapat dilakukan peserta bpjs menggunakan nomor peserta masing – masing, namun sekarang dirubah yaitu peserta harus membayar sekaligus iuran semua peserta dalam 1 KK hanya dengan menggunakan salah satu nomor peserta dalam 1 kk tersebut.

Jadi pada saat cek berapa jumlah bayar iuran menggunakan nomor peserta ayah dan ibu atau lainnya maka nominal yang muncul akan sama. Nominal yang muncul merupakan jumlah total iuran yang harus dibayar bulan ini.

Banyak peserta yang kaget atas perubahan ini, karena peserta menyangka tagihannya membengkak. Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi bpjs kepada seluruh peserta. Seharusnya sosialisasi dilakukan dengan sms broadcast yang dikirim langsung ke semua nomor ponsel milik peserta yang terdaftar.

Kami akan berikan contoh :

Misalkan anda memiliki anggota keluarga sebanyak 5 orang terdiri dari (Suami, Istri, dan 3 orang anak) yang terdaftar dalam bpjs pada kelas 2 (Rp51.000), maka anda harus melakukan transaksi iuran per nomor VA x 5 peserta keluarga sehingga jumlah yang harus dibayar Rp51.000×5 = Rp255000 / 5 PST, jadi anda cek menggunakan nomor VA siapa saja akan muncul angka tersebut.

Anda bisa membayar iuran menggunakan bank yang telah bekerjasama dengan BPJS atau bisa juga menggunakan jasa pembayaran PPOB yang ada di kantor pos, alfamart, atau Indomaret dengan biaya administrasi Rp2500 per sekali transaksi. Sebelumnya anda harus membayar menggunakan 1 per satu namun sekarang anda bisa bayar hanya dengan 1 nomor VA saja, sehingga dapat menghemat biaya administrasi.

Bayar lah iuran bpjs kesehatan anda tepat waktu setiap bulan sebelum tanggal 10, jika anda lewat dari tanggal 10 maka akan dinyatakan telat bayar dan status kepesertaan akan dihentikan sementara dan anda tidak bisa menggunakan kartu bpjs. Untuk mengaktifkannya kembali anda dapat membayar iuran yang tertunggak tersebut. Namun perlu diketahui setelah diaktifkan anda tidak diperkenankan untuk menggunakan kartu bpjs untuk rawat inap sebelum 45 hari sejak di aktifkan kembali kartu bpjs anda.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Rahmat Mulyadin

    BPJS betul2 belum profesional. Sistemnya masih kacau seperti ditangani amatiran, bulan september bayar untuk 3 orang, bulan oktober yg 2 orang tetep bayar double sm bulan september. Skrang bulan november bayarnya juga double. Call centet susah banget dihubungi, complain ke bpjs di over sana sini, huuuhh, mudah2an hidupnya ga berkah memBodoh bodohi masyarakat.

  2. Yeny Aryany Rengstorf

    1 orang anggota KK saya tidak membayar iuran BPJS selama 3 bulan. Bila salah satu anggota KK (yang rutin membayar) saya berobat ke Rumah Sakit, apakah hal tersebut tidak menjadi masalah? Pertanyaan saya apakah kami diwajibkan membayar iuran tunggakan tersebut? Apakah Rumah Sakit tersebut bisa langsung mengambil tindakan medis terhadap keluarga saya yang rutin membayar iuran BPJS tanpa mempersoalkan tunggakan iuran dari keluarga saya ? Atau apakah pihak Rumah Sakit tidak akan mengambil tindakan medis karena ada salah satu anggota keluarga kami yang menunggak iuran BPJS? Mohon penjelasannya. Terima kasih

  3. kebijakan ini sama aja kaya perampokan dong kalo salah satu keluarga punya asuransi kesehatan lain apa mungkin suruh ikut bayar juga…

  4. akhir September saya bayar bpjs untuk orang tua saya 12 bulan sekaligus, Dan untuk saya sendiri hanya satu bulan. Sudah berberapa hr saya mencoba berberapa opsi pembayaran namun tetap tidak bisa melakukan pembayaran. pertanyaan saya apabila orang tua saya lgsg membayar sejumlah 12 bulan. trus bagaimana dengan pembayaran yg harus saya lakukan?berapa yg harus saya bayar?

  5. apakah pendaftaran menjadi anggota bpjs harus didaftarkan semua yang ada di daftar KK? di daftar KK saya hanya berdua dengan ibu saya, ibu saya adalah PNS dan sudah ada askes apakah saya harus mendaftarkan ibu saya juga sebagai anggota BPJS? soalnya saat daftar online saya harus mendaftarkan ibu saya juga

  6. Muhammad arifin

    Selamat siang,bagaimana mendapatkan no Va utk pembayaran 1 kk?saya masih blm paham utk no VAnya sehingga saya tlat bayarnya trima kasih

  7. Saya pserta bpjs mandiri,, trdiri dr 3 orang.. Pas bln sptember sdh bayar 1 kk yaitu 76.500 karna saya ikut yg kelas 3.. 25.000×3 kan 76.500..
    Trs bln okt sya mau bayar tp kok cuma muncul 2Pst dan itupun byr 102.000.. Itu bagaimana?? Sampe skrg tgl 18 sya jd blm brani bayar,, pdhl skrg mau brgkt kontrol k RS.. Lalu apakah nnti BPjs saya d non aktifkan atau bgmana pas d RS?? Sya bingung dg sistem yg error ini..

  8. Ini sama saja dengan pemalakan, mentang2 rakyat indonesia sudah pintar2, kesehatan sudah tau penyembuhannya,
    Klo sistem gotong royong yah harus ikhlas, bukan pemaksaaan,
    buat pemberitahuannya dulu 5 hari sebelum tgl 10,
    iklan2(sms, email, koran, website) aja tiap saat lewat, seperti kampanye, produk barang2, kementrian, kenapa asuransi tidak, 🙁

  9. selamet siang,
    saya mau aktifkan kembali bpjs orang tua saya yg dari thn 2015 nunggak bayar iurannya. kontak email mana yang bisa saya hubungi ? berhubung saya tinggal di tempat lain jadi tidak bisa hadir ke kantor langsung. dengan kontak ” hubungi kami ” saya tinggal bisa langsung kirim email ke bpjs sistimnya yg berbelit belit.
    terima kasih.

  10. Apa memang mesti harus semua anggota keluarga yang nanya tercantum di kK harus ikut bpjs? Bapak saya mau ikut mau bpjs tapi saya ga mau karena bpjs ada unsur riba laknatnya, apa bisa bapak saya aja yang ikut?

  11. Hari ini tanggal 10 Oktober 2016 saya tidak bisa membayar lewat mobile banking bpjs keluarga saya. saya kuatir akan dikenakan denda untuk bpjs keluarga saya bilamana lewat tanggal 10 Oktober. Apakah ini karena sistem di bank atau di bpjs nya?
    Terima kasih

  12. Saya mau tanya, bulan oktober ini saya belum bayar iuran Bpjs. Tpi ketika saya mau bayar, nomer VA nya yang bisa dibayarkan hanya satu. Padahal dalam KK saya ada 2 anggota, saya dan istri saya.. dengan biaya iuran 160.000.. Dan kalau memang prosedur BPjs yg baru bayar hanya dengan satu nomer VA saja, harusnya saya mendapat 2x total tagihan.. yang harusnya 320.000 tapi ini tetap 160.000.. Terus pertanyaan saya, kemana tagihan istri saya yang satunya?? Atau memang mungkin ini cuma akal”an saja dari pihak yg berwenang supaya tagihan terus membengkak? Atau mungkin pada dasarnya ujung dari bisnis ini hanya untuk membodohi masyarakat yang kurang paham, dan meraup begitu banyak keuntungan dengan cara mbengkakkan tagihan mereka ? Atau bagaimana ? BERI SAYA PENJELASAN, SEJELAS-JELASNYA

  13. Saya dan keluarga 2 orang ikut bpjs kelas 1 yang setiap bulan membayar 240 ribu karena 80 ribu x 3 orang, lalu tdi saya kaget kenapa bulan oktober ini tagihannya jadi 320 ribu, lalu saya tanya call centre bpjs katanya bulan september 2016 kemarin pas saya bayar 240 ribu lewat ATM itu masuk ke nama saya semua sedangkan 2 orang keluarga saya yang lain dianggap belum melunasi, khan sudah jelas ini kesalahan bpjs, karena kertas bukti pembayaran bulan kemarin tertulis 3 pst yang berarti 240 ribu untuk 3 orang peserta. Jafi tolong deh BPJS klo mau buat peraturan baru dimantapkan dulu dong jangan asal aja, jadi sekarang saya yang repot harus ke kantor BPJS lagi ngurusin kayak begini.

  14. Jika ada salah satu anggota keluarga yg namanya sudah tidak tercantum dalam KK atau orang tersebut bikin KK baru. Apakah harus proses ulang pembuatan kartu bpjs?

  15. sistem seperti itu sudah berlaku dr 1 sept. saya sudah lunas dg 1 va utk 1 kk di bln september tgl 6. tapi knp dbulan oktober malah tagihan per org jd 2x lipat? sdgkan va yg dpakai utk pembayaran tagihan bln sept kmrn malah ada saldonya. mohon infonya.

Leave a Reply