Keuntungan dan Kelebihan Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Pemerintah telah membentuk badan usaha yang memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat yang diberinama BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan sendiri merupakan bentuk transformasi dari layanan yang sebelumnya di berinama Askes. Disini masyarakat akan mendapatkan keuntungan ketika mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan akan memberikan beberapa keuntungan, BPJS Kesehatan berusaha memberikan yang terbaik kepada semua peserta untuk mendapatkan jaminan kesehatan, dengan catatan masing – masing peserta mengikuti prosedur atau aturan main yang berlaku, yang perlu anda fahami. Baca Juga : Peraturan BPJS Kesehatan

Peserta BPJS supaya dapat mengikuti aturan yang telah dibuat, mengikuti prosedur berobat, ikuti petunjuk – petunjuk faskes 1 atau dokter terkait. Adapun jika ada peserta BPJS Kesehatan yang ternyata tidak mendapat tanggungan dari BPJS maka bisa pelajari mengapa itu terjadi, apakah anda tidak mengikuti aturan. Jika semua peserta displin akan peraturan BPJS maka Peserta itu sendiri yang akan mendapatkan keuntungan.

Kalau ternyata peserta masing bingung dan belum faham maka bisa bertanya kepada petugas BPJS yang bertugas sebagai PIC di setiap faskes / rumah sakit. PIC akan melayani tanya jawab administrasi BPJS Kesehatan yang dapat membantu lancarnya program BPJS.

Keuntungan Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Perubahan Aturan Denda BPJS Kesehatan

Perubahan Aturan Denda BPJS Kesehatan

1. Hampir Semua Penyakit ditanggung BPJS Kesehatan

Semua pelayanan kesehatan yang sifatnya pengobatan terhadap Peserta BPJS maka dapat ditanggung BPJS Kesehatan. Intinya jika itu masuk dalam indikasi medis yang sesuai dengan prosedur JKN. Sesuai dengan pedoman pelaksanaan JKN (Permenkes nomor 28 tahun 2014) semua ditanggung kecuali yang disebutkan secara eksplisit tidak masuk pertanggungan seperti estetika, infertilitas, alternatif, komplementer dll.

2. BPJS Kesehatan menjamin Penyakit yang dikecuaikan banyak Asuransi Swasta

BPJS Kesehatan masih tergolong baru jika dibandingkan dengan jaminan kesehatan (asuransi) umumnya, sehingga mungkin masih banyak peraturan yang masih membuat para peserta bingung. Walau begitu BPJS kesehatan merupakan premi termurah yang justru siap menanggung penyakit yang dikecualikan banyak asuransi pada umumnya seperti kanker, Penyakit Hormonal, Pengakit Kongenital, Hemodialisis dan Penyakit Jiwa dll

3. BPJS Kesehatan akan menanggung tanpa melihat kondisi sebelumnya.

BPJS Kesehatan merupakan asuransi yang menerapkan sistem gotong royong, yang sehat membantu yang lemah. Maka dari itu BPJS Kesehatan akan membantu peserta BPJS yang sakit tanpa melihat kondisi sebelumnya dan tanpa batasan penyakit. BPJS juga membantu peserta yang mengalami sakit seumur hidup seperti thalassemia, gaga ginjal kronis, kanker, penyakit jantung dll, yang tidak ada di asuransi lain.

4. Preminya Sangat Murah

Premi BPJS Kesehatan sangatlah murah jika anda bandingkan dengan yang lainnya, murah bukan berarti murahan dengan keuntungan yang dapat diberikan BPJS Kesehatan kepada semua peserta. Adapun Iuran BPJS Kesehatan adalah untuk Kelas 1 Rp 80.000, Kelas 2. Rp51.000 dan Kelas 3 Rp 25.500 anda sudah bisa dicover banyak penyakit, rawat inap , pembedahan, obat , melahirkan dan lainnya, bahkan cuci darah pun dapat ditanggung BPJS Kesehatan.

5. BPJS Kesehatan berani jamin seumur hidup. 

Hanya dengan iuran peserta atau premi yang tidak terlalu besar, masih dibilang ringan. Seluruh peserta BPJS kesehatan memiliki proteksi hingga seumur hidup.

Semua keuntungan tersebut menjadi Hak bagi setiap peserta , tentu nya semua dapat diberikan jika peserta memenuhi kewajibannya. Kewajiban perserta adalah Membayar Iuran Premi tepat Waktu dan Mengikuti aturan berobat yang telah di tetap BPJS Kesehatan, yaitu berobat ke Faskes 1 terlebih dahulu ketika sakit. BPJS Kesehatan akan terus berusaha memberikan yang terbaik kepada peserta BPJS, memperbaiki dan membuat trobosan baru kedepannya untuk memberikan kelancara pada program gotong royong (yang sehat membantu yang sakit).

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Apa sebenarnya ada limit biaya yang ditanggung oleh BPJS untuk peserta selama hidupnya? Mohon penjelasannya lebih lanjut, terimakasih..

  2. Masih banyak yg ga di cover dengan bpjs.. Contohnya ct scan abdomen.. Coba ditingkatkan lagi kinerjanya.. Berani berbuat berani bertanggung jawab.. Thx!!!!

Leave a Reply