Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Buah Durian?

Ibu Hamil Makan Durian

Seorang wanita yang sedang mengandung banyak sekali keinginannya yang segala sesuatunya harus dituruti. Pengertian tersebut dikenal dalam istilah “ngidam”. Keinginan yang sering timbul adalah ingin mengkonsumsi beberapa jenis makanan termasuk buah-buahan. 

Hal semacam ini wajar dialami ibu hamil, walaupun demikian anda tetap perlu memperhatikan makanan yang diinginkan, apakah dapat mempengaruhi kesehatan anda dan bayi yang ada didalam kandungan.

Karena ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi ibu hamil, biasanya ibu hamil menghindari makan makanan yang berbahan dasar ikan mentah atau setelah matang, minuman yang mengandung alkohol, membatasi minum teh dan kopi.

Sebagian ibu hamil ada yang ngidam ingin makan buah durian, lantas apakah ibu hamil itu boleh makan durian? Karena banyak orang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh makan durian karena bisa menyebabkan keguguran kandungan.

Berdasarkan informasi kesehatan yang kami rangkum dari Klikdokter dan Bidanku mengenai apakah buah durian itu boleh dimakan ibu hamil? Ternyata mendapatkan kesimpulan bahwa : Ibu Hamil boleh makan buah durian dengan syarat masih dalam batas wajar (tidak terlalu berlebihan).

Durian memiliki beberapa kandungan berupa asam arachidonat, alkohol, besi, dan mineral lainnya (seperti : magnesium, tembaga, dan mangan). Kandungan Besi dan tembaga justru dapat membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh, yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

“Akan tetapi kandungan Asam arachidonat yang terdapat pada buah durian dapat memicu pembentukan senyawa prostaglandin yang dapat merangsang terjadinya kontraksi yang mengakibatkan keguguran atau melahirkan bayi secara prematur. Sedangkan kandungan alkohol dapat menimbulkan gangguan pada perkembangan janin dan mempengaruhi berat badan yang rendah saat kelahiran.”

Mungkin ini yang menjadi perbincangan bagi ibu-ibu dan mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh makan buah durian. Pada dasarnya ibu hamil boleh makan buah durian selagi dalam batas wajar, seperti hanya sekedar mencicip (1 butir). Tidak boleh jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak, seperti 1 buah atau lebih. Karena kedua zat tersebut tidak akan berpengaruh jika dikonsumsi tidak terlalu berlebihan.

Khusus bagi wanita hamil dengan diabetes gestasional sebaiknya menghindari mengkonsumsi durian. Karena buah durian juga mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi yang akan menggangu kesehatan anda dan janin. Dua butir durian berukuran sedang mengandung 60 kalori, sehingga durian termasuk ke dalam makanan dengan indeks glikemik yang tinggi.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. jangan makan bunda, kadang saya cium baunya saja sudah mual ga karuan, tapi beda orang beda respon sihh…
    makasih sharing infonya, sangat bermanfaat

Leave a Reply