Ingin Turun Kelas? Ini Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan

Perubahan Aturan Denda BPJS Kesehatan

Ketika mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan , BPJS menawarkan 3 jenis pilihan kelas dengan biaya iuran dan layanan perawatan yang berbeda, bagi peserta mendiri dapat memilih kelas sesuai dengan kemampuannya, sedangkan untuk peserta PBI ditetapkan untuk memilih kelas 3.

Semenjak kenaikan biaya iuran peserta pada 1 April 2016, banyak peserta yang memilih untuk turun kelas dengan alasan terlalu berat untuk membayar iuran, terutama bagi yang memilih kelas 1 dan 2. Adapun untuk kelas 1 iurannya Rp80.000, kelas 2 Rp51.000 dan kelas 3 Rp25.500

Bagi peserta yang ingin pindah kelas (turun), maka bisa dilakukan di kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa persyaratan berupa : KTP, Kartu BPJS Kesehatan, KK dan Mengisi Form Perubahan Data ditandatangai Materai 6000 dan pastikan telah melunasi iuran pada bulan pelaporan.

Perlu diketahui prosedur untuk bisa turun kelas/pindah kelas adalah peserta telah aktif minimal 1 tahun sejak pendaftaran, dan jika sudah pernah pindah kelas sebelumnya maka dapat diubah kembali setelah satu tahun semenjak perubahan kelas perawatan terakhir dilakukan.

  • Datang Ke Kantor BPJS Kesehatan
  • Bawa Semua Persyaratan
  • Jika ramai maka silahkan ikut antrian
  • Saat giliran anda, maka bisa langsung laporkan keperluan anda
  • Setelah memenuhi syarat proses perubahan data pindah kelas akan diproses

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply