Jangan Membersihkan Telinga dengan Benda Apapun, Termasuk Cotton Buds

Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Kotoran yang ada pada telinga dihasilkan dari sel-sel yang ada didalam telinga, kotoran dalam telinga lebih cepat muncul ketimbang dengan lainnya. Kebanyakan dari kita sangat merasa terganggu dengan adanya kotoran telinga tersebut, karena memang dirasa ada yang mengganjal.

Sehingga, tanpa rasa takut , tanpa mengkhawatirkan sesuatu yang kemungkinan terjadi, banyak dari kita mengambil suatu benda untuk membersihkan kotoran telingan tersebut, ada yang menggunakan pena, sedotan, kuku jentik, atau benda yang lainnya, yang lebih sering adalah Cutton Bud.

Sebelum membersihkan telinga anda, simak beberapa penjelasan dari dr. Nadia Octavia yang telah dilansir pada laman klikdokter.com mengenai boleh atau tidak membersihkan telinga dengan benda – benda asing seperti cutton bud? 

Ketahuilah bahwa, gendang telinga manusia merupakan selaput membran yang sangat tipis dan sensitif. Ketika ada tekanan sedikit saja maka bisa pecah dengan mudah. Ketika gendang telinga pecah dapat menimbulkan gejala yang tidak nyaman seperti nyeri, keluar cairan dari telinga, atau penurunan fungsi pendengaran.

Kalau ditanya boleh tidak nya membersihkan telinga? jawabnya antara Ya atau Tidak. Jika memang Anda ingin membersihkan telinga maka lebih baik bersihkan bagian luar saja dengan handuk basar (boleh dengan sabun), adapun untuk membersihkan Liang Telingan tidak perlu dilakukan, karena kulit yang menyelubungi liang telinga berbentuk spiral dan mengarah ke luar, sehingga kotoran telinga dapat keluar dengan sendirinya tanpa perlu Anda bersihkan. (inilah yang kurang difahami dari kita)

Juga dihimbau bagi Ibu – ibu yang punya anak kecil atau balita.

Disarankan untuk tidak memasukkan suatu benda apapun untuk membersihkan kotoran yang ada pada telinga anda, termasuk jari Anda jentik anda yang biasa kebanyakan orang melakukannya, Karena justru dapat mendorong kotoran telinga masuk ke dalam dan merusak gendang telinga.

Jika memang kotoran telinga Anda sudah menumpuk dan anda merasa sangat terganggu, maka lebih baik dan aman nya anda dapat berkunjung ke dokter THT untuk dibersihkan dengan alat khusus. Proses pembersihannya tidak nyeri dan sangat efektif untuk mengeluarkan kotoran telinga.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply