Obat – Obatan Untuk Mengatasi Asam Lambung

Pengobatan Penyakit Asam Lambung

Penyakit Asam Lambung masih menjadi masalah kesehatan yang paling banyak dialami oleh banyak orang, sakit yang biasa dirasakan bagi penderita asam lambung yaitu nyeri pada ulu hati dan nyeri pada dada rasanya seperti terbakar. 

Banyak faktor penyebab terjadinya asam lambung, biasanya orang yang terkena asam lambung ada kaitannya dengan sakit maag yang saling berkaitan. Keduanya merupakan masalah yang terjadi pada saluran pencernaan.

Ketika Asam Lambung naik dan rasa sakit pada bagian-bagian tertentu seperti ulu hati terasa nyeri maka anda bisa minum beberapa obat-obatan yang dapat mengatasi asam lambung walaupun memang proses penyembuhannya tidak bisa cepat.

Antasida

Obat ini tersedia di apotek , anda bisa membelinya disana. Fungsi dari obat ini Antasida yaitu untuk membantu menetralisir asam lambung pada pencernaan anda. Ketika anda mengkonsumsi obat antasida maka jangkan mengkonsumsi obat lain, selain itu obat ini juga bisa meredakan rasa sakit akibattukak.

Alginat

Obat ini juga dapat diperoleh di Apotek, anda dapat minum obat ini tepat setelah makan. Obat Alginat ini dapat membantu melindungi dinding perut dan esofagus atau kerongkongan dari iritasi asam lambung yang berlebihan.

Penghambat reseptor H2 atau H2-receptor antagonist (H2RA)

Asam lambung diproduksi dengan efek histamin, maka dengan minum obat ini proses produksi asam lambung dapat berkurang, Contoh obat H2RA adalah ranitidin dan nizatidine. Untuk pembelian obat ini biasanya harus berdasarkan resep dari dokter.

Penghambat pompa proton atau proton-pump inhibitors (PPI)

Obat ini berfungsi untuk mengurangi produksi asam di dalam perut. Obat ini jarang memberikan efek samping yang berat. Jika pun ada, kondisinya tidak terlalu parah dan bisa berupa konstipasi, pusing, dan diare. Contoh obat PPI adalah omeprazole, lansoprazole dan esomeprazole. Obat ini biasanya membutuhkan resep dari dokter.

Prokinetik

Obat ini berfungsi mempercepat proses pengosongan perut. Ini berarti makanan dan asam lambung akan lebih cepat masuk ke dalam usus halus sehingga mengurangi kesempatan asam lambung untuk naik ke esofagus. Obat ini tidak disarankan untuk digunakan oleh orang-orang berusia di bawah 20 tahun akibat potensi efek sampingnya. Contoh obat prokinetik adalah domperidone danbethanecol. Obat ini umumnya memerlukan resep dokter.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply