Melahirkan Bayi Prematur, Apakah Biaya ditanggung BPJS Kesehatan ?

Berbagai kejadian mengenai kesehatan sering terjadi, hal yang tidak diinginkan seketika itu datang begitu saja. Apalagi jika berkaitan dengan pelayanan BPJS Kesehatan, terdapat pertanyaan yang muncul dari para peserta, salah satunya ketika seorang ibu yang melakukan persalinan terhadap kehamilannya. Sebelumnya kami telah membahas bahwa proses melahiran ibu hamil biayanya akan ditanggung bpjs kesehatan baik itu melahirkan normal maupun caesar.

Tentunya, peserta harus mengikuti prosedur yang berlaku, terkadang banyak peserta yang tidak bisa mengikuti aturan main yang justru akan menyulitkan diri mereka untuk bisa mendapatkan klaim jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan, kecuali jika mereka berobat dan biaya mandiri tidak ada prosedur khusus.

Prosedurnya yaitu seorang ibu yang hendak melahirkan harus datang ke faskes 1 yang telah di tentukan, kemudian jika faskes 1 tidak mampu akan di rujuk ke Rumah Sakit, termasuk menentukan caesar atau tidak nya persalinan juga diputuskan oleh kewenangan dokter faskes 1 atau lanjutan.

Melahirkan Bayi Prematur

Melahirkan Bayi Prematur

Lantas bagaimana jika seorang ibu melahirkan bayi prematur yang tentunya bayi akan perlu mendapatkan penanganan medis yang cukup serius yaitu masuk ke Neonatal Intensive Care Unit (NICU), yang mana biaya NICU yang harus dibayarkan begitu besar, bagi mereka yang mampu mungkin hal ini tidak masalah, tapi bagi masyarakat yang keterbatasan dana akan membutuhkan bantuan.

Maka dengan adanya BPJS Kesehatan lah mereka bisa mendapatkan bantuan ataupun keringanan.

Jika anda mengalami hal tersebut yaitu melahirkan Bayi Prematur maka anda bisa menggunakan bantuan dari BPJS Kesehatan untuk menanggung biaya semuanya yaitu mulai akomodasi, obat, tindakan persalinan semuanya termasuk di dalam tarif INA CBGs yang ditanggung BPJS.

Untuk mendapatkan bantuan tersebut tentunya seorang Ibu harus sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan sebelumnya, termasuk si Calon Bayi. Calon bayi juga harus sudah di daftarkan jauh – jauh hari ( paling tidak 2 minggu sebelum melahirkan) ke BPJS Kesehatan saat masih berada di dalam kandungan dan status keanggotaannya aktif.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Saya mendapat kartu bpjs kis dari pemerintah dan saat ini saya sedang hamil 6 bulan, apakah saya bisa mendaftarkan calon bayi saya?? Atau saya harus pindah menjadi anggota bpjs mandiri telebih dahulu? Mohon infonya terimakasih

  2. merry subekti

    Sebelumnya saya dan suami sudah terdaftar menjadi anggota bpjs aktif di perusahaan…dan saat ini saya sedang hamil masuk bulan ke 6….yang ingin saya tanyakan bisakan bayi dalam kandungan saya saat ini saya daftarkan terlebih dahulu menjadi anggota bpjs ke perusahaan saya bekerja….
    Terima kasih sebelumnya atas jawabannya…

Leave a Reply