Operasi Apa Saja Yang Biayanya ditanggung BPJS Kesehatan

Pertanyaan – pertanyaan para peserta BPJS Kesehatan masuk kepada kami, bertanya mengenai apakah biaya operasi di tanggung oleh BPJS? Jika peserta berobat sesuai dengan presedur yang berlaku maka semua biaya akan di cover oleh BPJS.

Secara surat keputusan dan aturan yang telah ditetapkan BPJS dalam nomor28 Tahun 2014, BPJS akan menanggung semua pengobatan yang memenuhi syarat dan prosedur. Prosedurnya seperti Apa? Peserta BPJS Kesehatan dapat berobat ke Faskes 1 dan kemudian jika faskes 1 tidak dapat menangani maka peserta akan di rujuk ke rumah sakit.

Menjawab pertanyaan mengenai apakah biaya operasi di tanggung BPJS. Jawab nya IYA, bagi peserta yang berobat sesuai dengan prosedur dan operasi yang ditanggung BPJS yang bersifat pengobatan, adapun operasi apa saja yang dapat di cover BPJS adalah sebagai berikut :

Operasi Jantung, Operasi Caesar, OperasiKista, Operasi Miom, Operasi Tumor , Operasi Odontektomi , Operasi Bedah Mulut , Operasi Usus Buntu, , Operasi Batu Empedu , Operasi Mata, Operasi Bedah Vaskuler , Operasi Katarak , Operasi Hernia , Operasi Amandel , Operasi Kaner , Operasi Pencabutan PEn , Operasi Penggantian Sendi Lutut , Operasi Timetomi , Operasi Kelenjar Getah Bening. Hampir semua Operasi ditanggung BPJS

Tindakan Operasi BPJS Kesehatan

Tindakan Operasi BPJS Kesehatan

****

Operasi yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan :

Operasi yang disebabkan karena kecelakaan lalu lintas, karena itu menjadi tanggung jawab dari Jasa Raharja.

Operasi yang disebabkan karena efek dari salah penggunaan kosmetik, misalnya terjadi infeksi dan kemudian mengalami luka yang mengharuskan operasi keloid.

Operasi yang disebabkan karena kesalahan diri sendiri, misalnya seseorang bermain petasan yang menyebabkan dirinya terluka dan harus operasi maka itu tidak menjadi tanggung jawab bpjs.

****

Prosedur agar Operasi ditanggung BPJS

Peserta Wajib mematuhi persyaratan dan mengikuti prosedur yang berlaku di BPJS Kesehatan, yaitu periksa ke faskes 1 terlebih dahulu (faskes 1 tertera pada kartu peserta yang anda miliki) kemudian , jika memang mengharuskan tindakan operasi maka dokter akan memberikan surat rujukan ke rumah sakit. Saat di rumah sakit, dokter khusus akan menangani anda.

Syarat yang harus anda bawa saat pergi ke rumah sakit, yaitu bawa kartu BPJS anda, kemudian kartu Pasien, serta Rujukan yang diberikan dari Faskes 1 (klinik atau puskesmas). Sedangkan bagi peserta yang harus mendapatkan tanganan medis (gawat darurat) maka bisa lansgung di bawa ke rumah sakit tanpa harus ke faskes 1.

Baca Juga : Sistem Rujukan Faskes 1 yang perlu diketahui

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Ibu sy skrng dirawat di RS.Al-Islam dan hrs segera di operasi pergantian sendi lutut. Sebagai pemegang krt bpjs kls 1, ibu sy oleh pihak RS diharuskan naik kls ke vip untuk ruang perawatan dan tindakan operasinya. Yg menjadi pertanyaan operasi pergantian sendi lutut Dan Alat yg dipasang sebagai pengganti sendi apakah di cover bpjs semua?…trmksh

    • @Yayan : Mohon maaf untuk informasi tersebut kami belum dapat informasinya, anda bisa hubungi langsung bpjs terdekat di Rumah Sakit atau Kantor BPJS di Kota Anda untuk mendapatkan info terkait… Terima Kasih

  2. muhammad riezky

    anak sy ada masalah di tulang panggul sebelah kiri dan bergeser. kami dari RS Pelni dirujuk ke RS Fatmawati Jakarta Selatan. Keterangan dokter orthopedi Rs Pelni kemungkinan besar harus operasi. Apakah biaya operasi ini seluruhnya ditanggung BPJS atau tidak.

  3. risa murgiyartini

    ibu saya setahun lalu terjatuh di kaamar mandi. mengalami sendi pangkal paha lepas. dibawa ke alternatif. tapi setelah satu tahun mengalami masalah. apabila ibu saya menghendaki operasi. apakah bpjs bisa cover. terima kasih

  4. Beberapa waktu lalu saya memeriksakan mata di sebuah klinik mata di Jakarta dan disarankan untuk melakukan operasi vitreoretinal, apakah operasi ini bisa ditanggung BPJS?

  5. Anik wahyuningsih

    Kemarin anak saya opname di RS swasta JOGJA. Pas mau pulang disuruh bayar 80% . kagetlah saya . karena dulu sudah pernah opname saya upgrade room . habisnya 500 rb . lah kok ini bayar nya lmyn . katanya mau di verifikasi dl selama sebulan . hadeew aturan semakin membingungkan saja . padahal saya slalu bayar bpjs .

  6. apakah operasi lasik untuk menghilangkan minus & silinder pada mata juga ditangung oleh bpjs?

  7. zulferiana malau

    Selama ini bpjs per 1 keluarga 1 paket, artinya harus semua didaftar. Masalah saya sekarang, anak2 sudah bekerja, dan bpjs dibuat yang baru oleh perusahaannya tempat bekerja.
    Kebetulan selama ini pakai bpjs terbitan Medan, sementara anak2 bekerja di Jakarta.
    Apakah saya harus lapor perubahannya atau otomatis sudah berubah?
    Apakah nanti saya jadi sulit menggunakan kartu bpjs atas nama sendiri nantinya?
    Dapatkah saya menggunakan kartu bpjs tersebut, apabila salah satu anggota keluarga lainnya tidak membayar iurannya?
    Terima kasih

Leave a Reply