Peraturan Baru Bagi Peserta Telat Bayar Iuran BPJS 2016

Bagaimana jika peserta telat bayar iuran bpjs ? – Para pengurus BPJS Kesehatan tengah mengkaji ulang beberapa peraturan presiden yang melandasi kerja BPJS Kesehatan, mulai dari kenaikan iuran, prosedur berobat menggunakan bpjs untuk bisa mendapatkan klaim hingga peraturan mengenai peserta yang telat membayar iuran bpjs. Revisi peraturan tentang telat bayar iuran  telah tertulis dalam peraturan presiden Nomor 19/2016.

Pada beraturan sebelumnya pada pasal 17 ayat 5 Perpres 12/2013 tertera, menyatakan bahwa bagi peserta yang telat membayar iuran bpjs akan dikenakan denda maksimal 2% per bulan dari total tunggakan iuran yang tertanggung (Belum dibayar), dan jika menunggak hingga 3 bulan maka status akan di nonaktifkan.

Denda Telat Bayar BPJS Kesehatan terbaru

Denda Telat Bayar BPJS Kesehatan terbaru

Dalam aturan baru terdapat perbagaan yaitu denda yang harus dibayar bagi peserta yang menunggak sebesar 2,5% dari dari biaya pelayanan kesehatan untuk setiap bulan tertunggak. Keterlambatan pembayaran iuran lebih dari satu bulan sejak tanggal 10, penjaminan peserta diberhentikan sementara.

Dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaan aktif kembali, peserta wajib membayar denda kepada BPJS Kesehatan untuk setiap pelayanan kesehatan rawat inap yang diperolehnya. Denda yang dimaksud 2,5 persen dari biaya pelayanan kesehatan untuk setiap bulan tertunggak, dengan ketentuan:

  • Jumlah bulan tertunggak maksimal 12 bulan
  • Besar denda paling tinggi Rp 30 juta

Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk tidak telat membayar iuran per bulan per orang. Apalagi dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 19/2016 yang baru, masyarakat harus membayar iuran lebih dari sebelumnya.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Kemarin saya pertama kali menggunakan kartu bpjs untuk membuat surat rujukan, dan kartu tersebut telah dibuat bulan juli 2016 dengan keterangan masih penangguhan orantua atau kartu perusahaan. Lalu kemarin pada saat suster cek nomor bpjs saya, kenapa bpjs saya tidak bisa diketahui sedangkan saya menggunakan kartu perusahaan yang mana saya masih kuliah, kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih

  2. sunshinemesite

    Hello, BPJS tolong beri solusi. mengenai pembayaran bulanan, sampai sekarang (tanggal 9 november) saya mau bayar BPJS tapi error selalu. padahal besok sudah terakhir. saya mencobanya mulai tanggal 6. ttapi petugas indomaretnya sealu bilang “masih trouble mbk dan bla…bla..bla…” Mohon solusinya dong saya tidak mau telat

  3. Satu lagi pak admin,, istri saya skrg punya 3 kartu bpjs kesehatan,, 1 kartu mandiri menunggak hingga hmpir 2 thn dan 2 kartunya lg dari perusahaan tmpt saya bekerja dan dari tmpt istri saya bekerja,, pertanyaannya apakah istri saya ttp bisa menggunakan kartu yg dari peusahaan saya bekerja/dari tmpt istri saya bekerja,,

  4. Assalammualaikum,, mau tanya min,,istri saya sblmnya ikut bpjs kesehatan mandiri,, tp setelah beberapa bulan keikutsertaan istri saya,, perusahaan tmpt saya bekerja beralih ke sistem bpjs,, dan saya jg mendaftarkan anak beserta istri saya sekalian,, saat pendaftaran saya sudah mengumpulkan foto copy kartu bpjs mandiri istri saya,, berharap istri saya bisa beralih ikut dengan saya,, tp kenyataannya istri saya mlah dibuatkan kartu lagi dari perusahaan saya bekerja,,dengan mendapatkan kartu dari perusahaan saya bekerja,, saya kira bpjs kesehatan mandiri istri saya secara otomatis sudah dialihkan ke bpjs tmpt saya bekerja,, dan saya tidak lagi membayar iuran bpjs mandiri istri saya,, setelah beberapa bulan saya baru tau kalo bpjs mandiri istri saya msh aktf dan menunggak sampai +/_ 1jt an,, dan jumlah tunggakan segitu saya tidak mampu untuk membayarnya,, sampai sekarang tunggakannya pun tidak saya byr,, yg saya pertanyakan apakah istri saya bisa memakai bpjs kesehatan yg dari perusahaan saya bekerja?

  5. mau tanya nih saya kan bayar bpjs telat 10 hari saya membayar hari ini tanggal 21,saya bayar biasanya sekaligus 3 orang dengan masing2 orang membayar 80rb tapi kenapa saya membayar 2 kali lipat yah jadi 160rb perorang,mohon penjelasannya ya terimakasih

  6. maaf kenapa saat saya bayar bpjs selalu tidak bisa?
    padahal bulan kemarin masih bisa, setiap saat mau transfer diberitahukan bahwa error atau tidak terdaftar, ini terjadi sebelum tanggal 10 bulan november dan terus berlanjut sampai sekarang.
    trima kasih.

  7. Bulan ini tagihan bpjs sy jd 102rb ya untuk 3 orang pserta padahal harusnya kan 76500, trus kenapa tertulis hanya 2 peserta padahalkan jumlah pesertanya 3,,,?? Punya ortu sy jg begitu yg harusnya tagihannya 102rb untuk 4 peserta tp bulan november ini tagihannya jd 153rb, tp jmlh peserta hanya tertulis 3 psrta… kenapa bs begitu? Padahal tiap bulan selalu bayar teruz g ada tunggakan…tolong jawabannya y min

  8. min kalo misal bercerai dan ingin buat bpjs tapi masih satu kk sama mantan, apa harus ada surat keterangan cerai atau bagaimana? thanks

  9. dari tanggal 8-9 nov saya akan membayar bpjs diindomart tp katanya tdk terdeteksi, kalau saya coba lagi lewat tgl 10 bisa tdk dibayarkan dan mengapa tdk terdeteksi ya?

  10. Sy ingin bertanya, sy ingin membayar iuran bpjs bulan november sebelumnya sy daftar bulan 7 untuk 3 org (1 kk) bulan 7,8,9, dan 10 sy sudah byar per bulan 51.000×3 org = 153.000 (kelas 2), sy ingin membyar buln 11 tp tertera tagihan sy per org 102.000, jadi 102.000×3= 306.000 total yg hrs di bayarkan, itu bgmana ya? Mohon sarannya

  11. Saya telat bayar hampir 2 tahun,hanya pertama kali ketika daftar saya bayar dan belum pernah digunakan untuk berobat,ketika d cek online tagihan saya hanya setahun,terus tagihan bulan sisanya gamana?

  12. Kasus saya adalah saya sdh bayar iuran bln oktbr tgl 6. Tapi bln nov tgl 2 wkt kartu mw,digunakan di cek di RS kok status kartu’y dlm masa penangguhan. Kenapa bisa spt itu ??…
    Apa yg salah ???
    Saya kan tdk pernah byr lewat dr tgl 10.
    Mohon penjelasan’y. Thanks

  13. Pak, saya sudah melunasi tunggakan 4 bulan kelas 1 sebesar 320rb bulan lalu, tapi kenapa pas saya cek tunggakan bulan ini malah jadi 400rb? Saya bingung jadinya..

  14. Bpjs dbayar tepat waktu saja insyaAllah berguna jika qta merasa bayar terus tp tdk pernah menggunakan berarti alhamdulillah qta dlm keadaan sehat terus 🙂 dan uang yg qta byarkan itu bisa membantu orang2 lain yg sakit yg menggunakan bpjs kesehatan ini

  15. Saya mau tanya,saya kan belum bayar bpjs september-oktober,dan kemarin saya mau bayar saya masukan virtual account adik saya. Yang keluar malah nama bapak saya dan di kenakan biaya 204.000 saya ambil yg kelas 3,sebenar nya kenak denda per orang itu berapa kalau emang 2% berarti 25.500×2+2% = 100rb tapi kok ini sampai 204.000 dan virtual account nya ngaco

    • @Muthia : Sekarang ini tidak ada denda mbak… Tagihan muncul karena sekarang sistem bayar iuran untuk seluruh anggota keluarga…. Jadi iuran dikali jumlah anggota keluarga yang terdaftar di bpjs. Contoh : Jika keluarkan anda terdaftar sebanyak 4 orang di kelas 3 maka iuran wajib perbulan adalah 4xRp25.500 = Rp102000

      • Ohhh…saya kan belum bayar 2 bulan dan saya mau bayar sekarang,saya masukan virtual account bapak saya. Dan keluar tagihan 204.000 total tagihan atau per kepala 204.000

  16. Aku mau bayar BPJS sudah 2 bulan datang ke Bank, tapi di tolak terus karena tidak bisa. Mohon informasinya dari Bapak/Ibu jika ada yang mengetahui bagaimana mengatasinya. aku sudah kirim laporan ke Sistem Lapor itu namun sepertinya ada sangat banyak laporan sehingga mungkin akan lama proses nya.

    terimakasih 🙂

  17. Selamat mlm.
    Mau nanya pak.bu.

    Saya baru tau klw ibu saya sudah punya BPJS.
    Ternyata ibu saya jg gak tau klw sudah bikin.
    Karna yg tau ayah saya.kebutulan ayah saya baru meninggal..
    Nah ternyata ada tunggakan anggaplah 2th.
    Bisa gak saya bayar BPJS nya di yg terdekat. BPJS di kota saya. Bkn ditempat ibu saya tinggal..

    Ibu saya ambil kls 1.
    Brp yg hrs saya byr trimakasih.

  18. Terahir sy byar bpjs tgl 10agustus
    Mulai tgl 11 agustus smp 11 october sy blum bayar
    Artinya sy menunggak selama 2 bln
    Tp knp tgl 12 october sy bayar melalui indomart sudah tdk bisa lg..bukannya seharusnya menunggu 3 bln baru dinonaktifkan
    Saya menunggak bukan krn keinginan sy tp setiap x mau bayar pasti erorr dan erorr terus smp ahirnya saya menunggak 2bln.

    Tolong dong sestem cara pembayarannya leebih di maximalkan lg
    Kasiaan warga yg tinggal d plosok klu harus setiap bulan ke kota hanya. Untuk membayar tagihan bpjs.
    Katanya via online bisa tp knp selalu erorr
    Klu sellu erorr saya merasa di repotin sm bjps bukan malah terbantu. G bayar d denda mau bayar g bisa kan repot jdnya

  19. saya memiliki bpjs 1 keluarga, terdiri dari saya, ayah dan ibu
    namun sebelumnya saya sudah membyar tagihan ayah dan ibu sampai dengan oktober ini
    dan saya nunggak bulan sept dan okt
    namun ketika saya mau byrkan di premi saya, via atm bni, kenapa setelah memasukkan virtual akunt malah keluar nama ayah, dan tagihan yg kami dapatkan tidak sesuai yaitu 70an rb.
    apa kalau byr via atm , ngelink ke nama ayah saya atau bagaimana?

  20. Saya kmrn tgl 10 coba bayar bpjs kelas 1 via atm bri error…lalu di tgl 11 saya coba lg bayar via atm bri,,itu knp nominalnya 160rb yaaa?saya coba bayar di indomart gabisa…sampe hari ini saya coba masih 160rb..seharusnya kan 80rb ..mohon penjelasannya…thx

  21. Saya mau bayar untuk periode Oktober 2016 ini untuk kedua orang tua saya kelas 1. tapi tadi saya kaget karena jadi 160.000 per 1 orang ? katanya paling lambat tanggal 10 tiap bulannya ? katanya denda per hari sekian ribu (saya ga tau persis berapa perharinya untuk dendanya ini) tapi kalau lihat tadi itu sama dengan 100% dong dendanya . Mohon infonya ya, karena telat juga belum yang saya tahu dan kenapa sebesar itu ? Terima kasih

  22. Saya dari tgl 5 okt 2016 mau bayar BPJS orang tua saya via atm bni, mandiri dan via alfamart tp kok tulisannya nomor tidak terdaftar ya. Padahal tiap bulan saya sudah bayar dan tidak perna telat. Mohon jawabannya ya Pak/Bu.

  23. min mohon jawabanny ya,, bln kmaren tagihan utk bpjs kls 3 no 0002033396583 tgl lahir 15/06/1960 1 kk 2 orang, tagihannya double. saya bayar wlpun double…. nah tdi siang sy mw bayar malah nomor tidak di ketahui 3 tempat jawaban sama. kenapa itu??? mohon jawabannya

  24. Mohon kejelasannyapada blan februari ibu saya inap 2 hari krna sakit kmudian. Pada bulan april saya bayar bpjs 50.100, krna telat 2 bulan. Setelah itu saya bayar lagi setelah 3 bulan telat. Dan ibuk saya tidak berobat sama sekali. Kenapa tiba tiba tagihan sampai 1.050.000? Macam apa ini.

    • Ralat. Pada 19/05/2016 saya bayar angsuran 51.000 kemudian bulan 3 oktober saya cek kenapa menjadi 1.100.000 tolong penjelasannya. Terhir berobat bulan 3 2016

  25. 05 sept’16 sya melakukan pmbyrn bjs 1kk 3 pst Rp 153.000,- @ Rp 51.000,skrg tgl 5 okt’16 saya mau melakukan pmbyrn 1kk lg tagihan yg tertera Rp 204.000,- u/2 pst tagihan @ Rp 102.000 yg 1 pst tdk ada tagihan,slm ini sy tdk prnh telat bayar dan tdk pernah kena denda,mohon penjelasan dan klarifikasiny dr pihak bpjs kesehatan,krn sys tdk paham dg mksdt sistem tersebut,trm ksh

  26. Maaf sy mau tanya bulan agustus sy telat bayar dan baru sy bayar di bulan sept ats nama istri dan anak sya …ogg sekarang sya dpt pemberitauan yg nomer atas nama anak saya tagihan nya 3 bulan dan saya cek di web bpjs Non aktif, pdhl yg blum bayar iuran cuma bulan okt ini, mhon penjelasannnya

  27. Permisi mohon penjelasannya, saya ingin bertanya atas pembayaran via ATM yang saya lakukan pada tanggal 7 September 2016 di dua nomor BPJS, yang pada saat pembayaran tertera keterangan 2 PST. Pembayaran tiap nomor tersebut sebesar 160.000 untuk BPJS kelas 1 sehingga saya melakukan pembayaran 320.000 untuk 2 nomor BPJS . Pertanyaan saya adalah apakah atas pembayaran ini terhitung kelebihan pembayaran satu bulan?
    Karena pada hari ini, saya baru saja membayar via ATM hanya atas satu nomor BPJS kelas 1 sebesar 160.000, sedangkan satu nomor BPJS yang lain selalu gagal dengan keterangan “nomor yang anda masukan salah”.
    Ket: dalam 1 KK terdapat 2 peserta BPJS.

    • Kasusnya sma dg sya,semua serba g jls membinggungkan.Pihak bjps jg g bs di hub dan di tanyai..sll masyarakat yg di rugikan. Tlg kl ada yg tau informasiny dg jls ttg pembayaran bpjs mohon bantuannya,trm ksh

  28. tukang gorengan

    Kenapa tagihan bpjs kelas 1 saya dari 80.000 menjadi 240.000 ???
    padahal saya ga pernah telat membayar

    ada penjelasan ?

  29. Saya menunggak bpjs kurang lebih 18 bulan sejak saya terdaftar bpjs .,..trus sekarang saya mau bayar dan melunasi tunggakan nya, tpi kenapa tunggakan yang saya bayar cuma sampai 12 bulan..lalu sisanya yg 6 bulan saya harus bayar kemana?
    Saya coba mau di bayar lagi tidak bisa ,trus saya cek di bpjs checking status nya tidak ada tagihan…mohon informasi dan penjelasanya .

    Sekian &Terima kasih

  30. Jika dalam 1 kk ada 5 anggota sedangkan yg terdaftar bpjs hanya 2 anggota keluarga saja yg 3 orang lainnya blm terdaftar dan blm pernah mendaftarkan bpjs apakah secara otomatis terdaftarkan dengan sendirinya?
    Karna 10 september kmrin saya bayar BPJS yg seharusnya RP260.500 menjadi RP580.500 berati saya juga membayarkan 1 kk. Nah anggota yg blm terdaftar ini kan blm mendapatkan kartu BPJS, tapi iurannya sudah secara otomatis dibayarkan..saya cek via web seperti itu…untuk mendapatkan kartu BPJS anggota yg tadinya blm terdaftar itu bagaimana ya?

  31. Mohon penjelasannya, saya peserta bpjs sejak awal tidak pernah nunggak tgl. 9 september kemarin sy akan bayar melalui atm tertera disana jumlah pembayaran 0, sy lapor ke kantor bpjs bandar lampung disarankan untuk di coba lagi pembayarannya di atas tgl. 20 september melalui indomaret atau alfamart tidak melalui atm. Sy coba kemarin tgl.21 september di indomaret ternyata data tidak ditemukan. Saya langsung coba melaui atm tertulis nomor tidak terdaftar atau salah. Sampai hari ini sy cek di atm msh seperti itu. Bln depan istri sy lahiran dan harus operasi cesar kalo sampai saatnya bpjs tidak bisa digunakan karena hal ini ataupun jadi terkena denda karena dianggap telat bayar. Apa ada pertanggungjawaban dari pihak bpjs. Mohon penjelasannya.

  32. Pada tanggal 13agustus saya membayar iuran untuk bulan juli dan agustus… Atas nama amelia.. Nahh pda tanggal 15 saya melakukan caesar… Kemudian pada bulan september saya dijadwalkan oprasi kista bartholin.. Tapi ternyata saya ada denda 45hari.. Bpjs atas nama amelia hanya telat 2bulan.. Sedangkan bpjs suami telat 12bln.. Yang mw saya tanyakan apakah denda 2.5% dibebankan atasnama pasien nya saja(2bln) atau 1keluarga(12bln)

  33. saya rencana oprasi kecil… tapi ternyata bpjs sy ada denda keterlambatan 45hr.. dan sy harus byar denda dulu di kantor bpjs nya… yg sy mw tnyakan… bagai mana perhitungan denda nya.. apakah 2.5%itu dari rawat inap yg akan saya jalani.. atau dari rawat inap yg sudah pernah sya jalani

    • @Amelia : Contoh : Apabila anda menjalani rawat inap pada masa 45 hari setelah mengaktifkan kembali bpjs, jika biaya rawat inap di rumah sakit sebesar Rp20 juta maka anda harus membayar denda 20 juta x 2,5% = Rp 500 ribu

  34. Bln lalu sy sdh byr iuran bpjs kls 3 utk ortu,td rencana mau byr utk bln 9 ini begitu mau di byr tagihan kok bisa 383.000 rb.seharusnya tagihan 25.500..telat hanya 2 hari masak denda segitu bsrnya..systemnya gimanani bpjs kok gak karuan gini..ini bisa menyensarahkan masyarakat kecil..

  35. Saya baru bayar tunggakan BPJS selama 6 Bulan. Dan beberapa hari lagi saya mau operasi bedah tulang pake BPJS. Yang mau saya pertanyakan, Apakah kartu BPJS saya bisa menanggulangi biaya operasi, rawat inap atau tidak? Karena selisih hari pelunasan dengan operasi yg saya jalani hanya 3 Hari.
    Terima Kasih

  36. semenjak perubahan sistem bayar 1 kartu untuk 1 keluarga, saya ga bisa bayar bpjs dimanapun, selalu aja data tidak ditemukan, padahal sebelumnya bisa….gmn ini?

  37. miftahul arifin

    Saya dulu pernah ikut bpjs pada tahun 2014, terus pada saat sya mau bayar, eh malah dipersulit dengan pihak bank.
    Pertanyaan saya, apakah bpjs saya tetap aktif atau nonaktif?
    Dan apakah saya tetap terkena denda?.

  38. Saya cek tagihan melalui SMS gateway, tetapi di jawab data tagihan tidak ditemukan. Check status di web checking, data tidak ditemukan juga. Bagaimana saya bisa cek tagihannya berapa?

  39. Saya bingung dengan aturan perubahan bln ini.bpk saya itu sudah meninggal.kartu BPJS sdh dibw phk rmh sakit.tp kok bln ini saya hrs byr miliknya bpk.bgmn menonaktifkan mlk bpk sya?

  40. Mohon infonya.sy sudah bayar full tagihan bulan lalu sebanyak 3 org dlm KK.
    Setelah 1 minggu saya cek lagi.tp koq tagihannya masih ada ya.sesuai yg saya bayar.bukti pembayaran sah di indomaret

  41. …….setiap saya cek selalu tagihan 0 rupiah, mohon penjelasannya kenapa saya tidak punya tagihan??
    no kartu 0002065674352
    tanggal lahir 16/03/1963

    mohon infonya ya

  42. saya mau tanya. saat mau bayar ada info 4PST, dengan total 240rb. pernah telah sekali tapi itu cuma hitungan tanggal bukan bulan. iuran normal 80rb. mohon informasinya. terima kasih

      • yang terdaftar adalah 2 pakai KK saya ( rinto dan lisa ) lalu mertua saya ( suami istri tapi gunakan KK berbeda )

        saat mau bayar pakai data saya nominal 240rb
        saat mau bauar pakai data istri saya nominal 240rb
        demikian juga dengan punya mertua.

        jika itu 4 x 80.000 bukankah menjadi Rp. 320.000? bukan Rp240.000?

        seandainya saya bayar, dengan pakai akun saya ( nama saya ) Rp. 240.000, apakah ke 3 data yang lain sudah otomatis masuk ( istri saya, dan 2 mertua saya )

        mohon penjelasannya, karena saya mau bayar….
        terima kasih

        • 1 lagi pak, di KK saya memang ada 4 orang. dengan 2 anak. namun anak saya belum saya daftarkan karena mereka sudah ada asuransi, nah apakah nominal 240rb itu termasuk sama anak saya?

          padahal anak saya belum masuk. bagaimana cara saya bayarnya…

        • @Rinto : Di cek ulang pak….
          Ada berapa peserta yang terdaftar dalam KK anda, terdaftar kelas berapa? adakah terlambat bayar iuran?
          Mohon sebutkan nomor peserta dan tanggal lahir anda.

  43. tanggal 10 september saya bayar tagihan BPJS untuk ayah dan ibu di atm BRI tertulis 2 pst namun total tagihan 0 rupiah,, padahal bulan agustus saya bayar tanggal 9… sampai tanggal 14 ini setiap saya cek selalu tagihan 0 rupiah, mohon penjelasannya kenapa saya tidak punya tagihan??

    • @eko Yulianto : Jika anda telat bayar sampai lama 1 tahun maka status bpjs anda di hentikan sementara dan anda tidak bisa membuat baru. Anda harus melunasi tunggakan selama 1 tahun yang belum dibayar tersebut, pembayaran tunggakan di kantor bpjs kesehatan.

  44. Tgl 10 sept sy bayar iuran bpjs untuk istri saya, 2 anak saya, dan saya sendiri. Istri saya bayar 51.000(kls2), anak saya yg ke1 25.500(kls3), anak saya yg ke2 dan saya sendiri harus bayar 76.500(kls3) “pst:3”. Kenapa bisa begitu ??? Mohon jawabannya. Nuhun !!!!

  45. Tgl 10 sept sy bayar iuran bpjs untuk istri saya, 2 anak saya, dan saya sendiri. Istri saya bayar 51.000(kls1), anak saya yg ke1 25.500(kls2), anak saya yg ke2 dan saya sendiri harus bayar 76.500(kls3) “pst:3”. Kenapa bisa begitu ??? Mohon jawabannya. Nuhun !!!!

  46. Saya barusan bayar bpjs lewat atm bri kok ada tulisan pst 4…tertera biaya rp 153.000…padahal biasanya byar 51000 klas 2…saya anggotanya 4 orang…tolong pencerahannya mks

  47. Selamat malam, hari ini tanggal 10 September saya bayar BPJS, yg kelas 3 itu kan Rp 25.500. kok kenapa di ATM BRI saya kena jadi Rp 76.500 . lalu ada tulisan IURAN : 3 PST.
    Jadi gimana itu?

  48. Selamat pagi, kmrn sy mau bayar bpjs kls 2. Biasax 51.000 tapi koq jadinya 102.000 pernomor peserta dan tertulis 2 pst. Di KK sy cuma 2 org (suami istri). Apakah jika sy bayar kartu bpjs suami, otomatis kartu istri juga sdh terhitung terbayar? Mhn infox..mksh.

  49. jadi apabila ada tulisan 3 PST dalam 1 tagihan, berarti kita ga usah bayar untuk nomor tagihan yg lain gitu?? soalnya tadi mau bayar tapi agak takut udah bayar 240rb di 1 nomor trus dibayarkan lagi di nomor yg lain 240rb, mohon penjelasannya agar saya dapat membayar tidak telat

  50. Tadi sy mau byr iuran Sept 2016 tapi tertera pembayaran jadi 2 kali lipat. Yg kelas 2 tertulis 102000 utk 2 pst. Itu maksudx utk 2 peserta yaa dlm KK? Krn kebetulan di KK mmg cuma 2 org. Jadi kalo sy bayar yg atas nama kepala keluarga (suami) apa berarti bpjs istri otomatis terhitung sdh terbayar? Soalx yg bpjs istri juga tertera spt itu. Mhn infox..tks.

    • Sma dengan sy kasusnya,, tolong info dong simulasi pembayaran denda rawat inap yg telat bayar bpjs,, perhitungan seperti apa,

  51. Harini saya bayar iuran BPJS ke PPOB tapi kenapa waktu saya bayar totalnya 204 ribu,padahal bulan kemarin saya masih bayar 102 ribu untuk 2 orng karena di Kk saya hanya 2 orang tapi bulan ini sya harus bayar 204 ribu,tolong solusinya ya min…

  52. Selamat malam, pada bulan juli sya lupa bayar bpjs kelas 3dan baru saya bayar d bulan agustus jadi 2 bulan jadi 51000. Tp kenapa di bulan september sya harus bayar 51000 bukan 25500 kan saya tlagk telat lagi.

  53. Saya dah 3 tahun lebih peserta bpjs sekarang saya berdomisili di deli serdang saya mau melakukan perubahan data kekantor bpjs tapi saya tidak mau pindah paskes saya mau dipaskes 1 ditempat saya berobat seperti biasanya
    Apa bisa ?? …

  54. Selamat siang , saat saya membayar kan bpjs kelas I (80.000) via atm bri dengan nomor bpjs ibu saya di struk pembayaran ada tulisan 2 PTS dengan nominal 160.000 lalu saat saya mencoba dengan nomor ayah saya ada tulisan nomor anda tidak terdaftar . Apa 2 pts yg di mksd kan di sini 2 peserta yaitu ayah dan ibu saya?
    Mohon info nya terima kasih

  55. Trisna Novia Wigati

    Selamat malam, hari ini tanggal 8 September saya bayar BPJS, yg kelas 1 itu kan Rp 80.000. kok kenapa di ATM BRI saya kena jadi Rp 160.000 . lalu ada tulisan IURAN : 2 PST. itu apa ya ?

      • Trisna Novia Wigati

        Terima kasih atas tanggapannya.
        Dan barusan saya cek ke ATM untuk pembayaran dengan nomor beserta saya masih ada tagihannya. Begitu juga untuk anggota keluarga saya yg saya daftarkan dengan nominal masing2 Rp 160.000. pertanyaanny saya apakah itu tidak apa2 ? Karna untuk pembayaran sebelumnya jika kita sudah bayar, tagihan yg tertera di ATM itu tidak ada.

  56. saya bulan juli-agustus bayar bpjs 2bln sekaligus nomial 51.000..trus saya mau byar bln september tp koq nominal nya 51.000 jg..pdhl shrusnya kan cm bulan september 25.500. itu gmn ya min?

    • @Fatmawati : Tidak ada denda keterlambatan bu , jika anda kelas 3 dan telah 12 bulan maka anda harus membayar tagihan 12xRp25.500 = Rp306000, namun biasa sistem bpjs akan menambahkan 1 bulan berikutnya jadi Rp 306000 + Rp25500 = Rp331500 , Terima Kasih

  57. pak, saya mau tanya barusan say mau bayar bpjs anggota keluarga saya ada 3 tapi tiap anggota jumlah yang dibayarkan 240.000 via bank bri padahal biasanya per anggota keluarga kan 80.000 .( kelas 1). Tertulis bahwa 3 pst. kami sekeluarga tetap bayar perbulan tidak ada penunggakan. Jadi itu maksudnya bayar 1 anggota sudah membayar 3 orang sekaligus atau bagaimana ya Pak? Tolong pencerahannya. Terima kasih Pak.

  58. saya bayar iuyan BPJS untuk bulan September 2016 ini via ATM, tapi kenapa jadi 2 kali lipat bayarnya dan tertulis 2 PST, apa maksudnya ? selama ini tidak pernah telat. memang yang terdaftar hanya dua orang, apakah sekarang bayar di ATM per KK saja atau giaman ya ? soalnya biasanya saya bayar di ATM per nomer peserta. mohon penejelasannya,

    • @Rul : Mohon dijelaskan 2 kali lupatnya gimana? 2 PST itu 2 Peserta…. Berarti bayar iurannya langsung untuk 2 peserta… Karena skema pembayaran sekarang peserta harus bayar iuran langsung seluruh anggota keluarga yang terdaftar.

      • rizky anggraeni

        Jadi bayarnya cukup satu orang aja? Satu no peserta aja atau gimana? (Saya tulisannya tiga pst) soalnya di setiap no peserta tagihannya 3kali lipat dan ada tulisan 3 pst

  59. saya mau bayar bpjs 3 anggota kelas 3. tapi kok masing2 nama suruh bayar 3 anggota., jadi tiap nama di bebani 765.000

  60. Saya menggunakan bpjs kelas2. Kok untuk bulan ini membengkak sekali tagihannya yg biasanya 106.500/3org menjadi 466.500/3org. Padahal setiap bulan saya rutin bayar ga pernah kelewat

    • @Nurasyiah : Jika anda memang merasa aneh dan merasa dirugikan maka anda bisa minta kejelasan langsung datang ke kantor bpjs untuk minta penjelasan / keterangan lebih lanjut kenapa ini bisa terjadi, bawa semua bukti pembayaran yang pernah anda lakukan…

  61. saya telat 5 bulan anggota keluarga 5 orang. saya cek online perorang tagihan 153.000. tapi saat ingin membayar via atm kenapaper orang jadi 765.000, harusnya klo perorang 153.000, 765.000 itu untuk 5 orang bukan?

    • @rades : saya ingin bertanya, anda menggunakan kelas berapa? dan ada menunggak dari bulan apa… Mohon sebutkan nomor peserta dan tanggal lahir anda, kami akan coba bantu cek tagihan anda.

  62. Saya beserta 1 istri dan 1 anak telat bayar. Namun bulan kemarin saya lunasi dulu punya saya dan akhirnya punya saya aktif. Namun bulan ini mau bayar ko punya saya masih besar tunggakannya sekitar 561000 (klas2). Dan yang anak dan istri saya sama tagihannya 561000. Itu gimana?

  63. saya bayar iuran BPJS untuk bulan September 2016 , tertera untuk 2 PST, pada saat pendaftaran memang hanya saya dan ibu saya, yang saya mau tanyakan apakah pembayaran tersebut sudah termasuk untuk iuran ibu saya ?

  64. Min, ane mau tanya nih..

    1. ane dah berhenti dari pekerjaan dr akhir desember 2015. trus ane mau pindah ke perorangan alias bayar sendiri bijimana caranya + syaratnya ?

    2. pan dulu ane kelas 1 59.000 skrg dah 80.000 akumulasi hitungannya gmn klo mau ane bayarin semua tunggakannya. keluarga ane ada 3 yang nunggak dari akhir desember.

    totalin min tolong, besok ane mau siapin uangnya biar gag kurang…

  65. Met siang…kasus saya jg sama dngan @mimmi,,,,tiap bulan bayar sblum jtuh tmpo…sya klas 2…pas tdi mu bayar hrusnya 51000…ko bsa jdi 204.000…gmana min

  66. Saya mendaftarkan 2 orang di BPJS kesehatan Kelas1, pemabayarn terakhir di bulan juli 2016 dan tak pernah lewat dari tanggal 10, Kecuali sistemnya error (Transaksi gagal via Atm). Lalu telat 1 bulan membayar. Awal bulan ini saya berniat membayar tagihannya. Namau kenapa Biaya langsung mahal sekali Rp.320.000@ orang. Bagaimana cara penghitungannya ? Jadi untuk 2orang harus membayar Rp.640.000?

  67. Riza aulia rahman

    Selamat pagi.. Saya mau nanya sdh 6 bulan kartu BPJS belum ada cuma Kertas untuk peserta BPJS untuk wilayah Tabalong, Kalsel..

  68. selamat malam, BPJS keluarga sy kelas 3 daftar 4 org sesuai KK wkt daftar. dan awal pembayaran 4 org. belakangan ini sy hanya byr utk 3 org( sy dan 2 anak sy ), krn sdh pisah dgn suami.) sy tdk pernah nunggak pembayaranya. tetapi tadi ketika sy mau bayar tagihanya jadi 484 ribu an untuk masing org berarti 3×484000. yg sy pingin ty kenapa kog jd byk begitu padahal tdk pernah nunggak harusnya sy hy bayar 75000 atau 90000.?

  69. Apakh bisa pindah faskes dr kelas 1 ke kelas 2?
    Trus, awal bkin bpjs di kota A lalu saya pindah rumah di kota B proses pindah bpjs nya bagaimana?

  70. Selamat sore. sebelumnya kartu BPJS keluarga saya (Ayah, Ibu dan saya) menunggak. Apakah bisa saya lunasi untuk ayah dan ibu saya dulu, namun untu BPJS saya belum saya lunasi. Apakah ayah dan ibu saya bisa berobat lebih dulu sementara saya belum melunasi tunggakannya ? Mohon pencerahan, please answer me.

  71. Setelah saya membayar lunas semua tunggakan, itu artinya selama 45 hri kedepan saya brsama keluarga msh blm bsa menggunakan Fasilitas gratis Pelayanan BPJS dalam hal ini Rawat Inap dirumah sakit.
    Tapi kalau hanya sakit biasa / Rawat Jalan atau ingin periksa di Faskes 1 atau poli rumah sakit, apa msh bisa dapat pelayanan gratis menggunakan BPJS ini ?

  72. Tolong penjelasan juga mengenai Denda Jumlah bulan tertunggak maksimal 12 bulan hingga Besar denda paling tinggi Rp 30 juta itu maksudnya gimana ya bisa di contohkan seperti apa ?

    Thanks

  73. Kami keluarga peserta BPJS dgn Jumlah Anggota Peserta 3 Org trdiri dri Suami,Istri dan 1 anak.
    Yg ingin ditnyakan adalah :
    1. Jika pmbyaran iuran via ATM yg di bayarkan baru 1 anggota peserta dlu bsa tdk ?
    Krna kami liat tetangga kami sistem pmbayarannya sperti itu. Memiliki anggota keluarga lebih dari 1 org tpi yg dibayarkan baru beberapa org saja.
    2. Kami blm membayar iuran dri bulan April Tgl 10 2016 kmrn hingga saat ini,
    Adakah denda yg harus kami byarkan ?
    Status kepesertaan sdh kami cek telah di non aktifkan karen Premi.
    Berapa total yg hrus kami bayarkan ?
    Kami peserta Kelas Rawat 3

    Mohon Penjelasan, Thanks!

    • @Linoch :
      1. Tidak bisa pak… Tapi silahkan anda coba…
      2. Tidak ada denda denda keterlambatan bayar iuran.
      3. Berarti anda menunggak 6 bulan.. perorangnya Rp 25.500×6 = Rp153000

  74. Dear BPJS

    Kami peserta BPJS Mandiri brjumlah 3 org peserta (Ibu, Bapak & 1 Anak).
    Pertnyaan :
    Jika sya ingin bayar BPJS via ATM tpi yg di bayarkan itu bru 1 peserta saja, apa bisa ?

  75. Nunggak sekeluarga gara2 miss komunikasi
    Ibu saya sudah bayar total 5bulan+denda+3bulan kedepan = 459.000
    Saya dan 2 kk saya masih nunggak. Dan memutuskan untuk tidak akan ikut bpjs lagi.
    Ibu saya ke kantor bpjs buat tanya kapan bisa dipakai, kata petugasnya gabisa dipakai kalau yg 3 anak ibu blm lunas.
    Ibu saya sakit asam urat, dibikin sakit pikiran sama peraturan yg begini.
    Kok jahat banget ya peraturannya?
    Bikin 1 harus bikin semua, harus lunas semua, ini berat bangetmpak.
    Mau meringankan rakyat apa tambah beban sih. Toh kita ga tiap hari sakit berobat.
    Pake hati sedikit kalau bikin peraturan kek.

  76. Maaf apakah sistem bpjsnya sedang error ya? Saya bayar iuran dr tanggal 9 kmrn sampai sekarang di alfamart/indomaret/alfamidi dan di atm pun masih tidak bisa keterangannya error bgtu. Ini bgmna yah, saya tidak mau kena tunggakan hny krn sistem error trus. Bgamana solusinya? Terimakasih

  77. Mau nny ni, saya belum bayar 2 bulan utk bulan juli sm agustus. Nah itu saat pembayaran saya ketik 02 tp kok mncul ny 240 rbu jatuh ny jdi 3 bulan dong ? Tp kalo yg ketik 01 mncul ny 160 rbu . Jdi yg bner yg mn ya ? Hmm

      • @Rahma : Perlu kami beritahukan bahwa saat ini sudah tidak ada denda bagi peserta yang menunggak iuran.. Jadi jika peserta menunggak bayar 3 bulan utk kelas maka tagihan yang harus dibayar ya tetap tunggakan 3 bulan sesuai dengan kelas yang dipilih…

    • BPJS lama – lama makan uang darah. Tolong transparansinya dalam perhitungan denda. Lagian kok pake denda2 an. Ini sama juga RIBA.

  78. Aku telat byr 2 bln terakhir ini.. pas aku mau byr knp ga bisa ya? Lewat atm bni.. krn ga bisa aku jd telat lg dong byr nya? Tlg d jlskan

    • @ovi : anda bisa bayar melalui ATM BNI yang digunakan, bisa juga bayar melalui minimarket seperti Alfamart atau Indomart. Jika memang masih mengalami masalah pembayaran tunggakan, maka pembayaran dapat dilakukan di administrasi kantor BPJS terdekat.

  79. Saya mau nanya.. saya belum bayar bpjs udah 10 bln dan saya pakai kls 2. Karena habis lahiran.. jd lupa bayar kira jumlah yg harus saya bayar brp?

  80. Assalamualaikum saya mw tanya jika melakukan pembayaran lewat tgl 10 cuman di bulan yg sama. Misal tgl 10 agustus tpi saya melakukan pembayaran 13 agustus. Jdi cuman telat 3 hari . Apakah kartu bpjs kesehatan saya masih bisa di ggunakan/aktif atau sudah tidak aktif dan mesti nunggu dlu 3×24 jam ? Mohon penjelasan nya .. Makasih

  81. Anggota bpjs yg tidak byr dalam 1tahun apakah harus byr skaligus.. apa tidak bs di cicil.. soalnya 215.000 x 12 itu sngat berat buat orng susah.. tlng penjelasannya..

  82. Assalamualaikum saya mw tanya jika melakukan pembayaran lewat tgl 10 cuman di bulan yg sama. Misal tgl 10 agustus tpi saya melakukan pembayaran 13 agustus. Jdi cuman telat 3 hari . Apakah kartu bpjs kesehatan saya masih bisa di ggunakan/aktif atau sudah tidak aktif dan mesti nunggu dlu 3×24 jam ? Mohon penjelasan nya .. Makasih

  83. Tabungan saya sudah keautodebet untuk bayar BPJS pada tanggal 5 Agustus, tapi tanggal 7 Agustus saya chek tagihan di situs resmi BPJS kok total tagihannya masih ada ya. Ini situsnya yang gak update atau bagaimana? Mohon penjelasannya!

  84. Sy bayar bpjs klas 1 nunggak 3 bulan Rp.480.000..
    Perhitungannya gimna??ini dendanya 100%??
    3 x 80.000 : 240.000
    Denda : 2% x 240.000 : 4.800
    Total yg sy harus bayar semestinya Rp.244.800
    Tolong transparansi nya..!!!!

  85. Bpjs Anak sy udh 1 thn blm byr..krn sy baru mulai krja lg..kira2 mau berobat lg hrs byr apa ga? Biaya sremua brp?

  86. Saya hanya mau saran. Mohon pihak BPJS lebih komunikatif dengan peserta, di Andalah kami minta info yg selengkapnya.. jadi jangan malah membingungkan kami. Terima kasih.

  87. Sutri guslina

    Saya telat bayar 2 bulan (july dan agustus), saya mau bayar via ATM tetapi katanya nomor yang anda masukkan salah/ tidak terdaftar. Solusinya bagaimana ? Apa harus ke kantor BPJS langsung ?

    • Sutri : benar sekali di coba ulang… Atau anda bisa mengecek status keanggotaan melalui aplikasi BPJS.. Jika masih tetap tidak bisa , jalan terakhir buat laporan ke kantor BPJS terdekat

  88. Saya sudah telat bayar 5 bulan. Jika sya bisa lunasi via atm. Apakah status keanggotaan saya langsung aktif secara otomatis atau tidak? Apakah langsung bisa dipakai untuk berobat rawat jalan? Terima kasih

    • @marni : jika anda sudah melunasi tagihan secara otomatis keanggotaan akan langsung aktif, menunggu 3×24 jam… Pastikan anda tidak menggunakan fasilitas rawat inap sebelum 45 hari sejak pelunasan tagihan

      • Kali misalkan melahirkan di bidan yg terhubung dgn bpjs / rawat inap di RS apakah tidak bisa dipakai krtu trsebut Mksd dari kena denda 2,5% itu apa yah?

        • Mey : 2,5 itu denda atau biaya administrasi jika peserta yang menunggak bayar iuran menggunakan layanan bpjs rawat inap pada 45 hari setelah iuran dilunasi dan diaktifkan keanggotaannya..

  89. Klo sy ga bayar 1 tahun lebih, krn ga kerja.. Skg kerja lg mau diterusin bayar.. Kira kira di denda apa engga? Bayarny harus di atm atau kmn? Mohon dijawab bpjs,,, terimakasih

  90. Maksud saya, kl saya cek kandungan ke bidan (kebetulan saya hamil) sebelum 45 hari itu, apa kena denda? Brp dendanya?

  91. Saya telat bayar 4 bln, jika saya lunasi hari ini dan berhasil. apakah keesokan harinya bisa langsung digunakan lagi tanpa kena denda? Mohon dijawab, trm ksh

  92. Mau nanya, td kn dijelaskan kalau sistem denda sudah tdk diberlakukan, klo misal saya sudah tdk membyr kira2 1 tahun lbh apakah saya harus ke kantor bpjs terlebh dahulu atau bs lgsg byr lwt atm ?? Mohon responnya. Terimakasih

  93. Juli tgl 12 juli 2016 Sya mau mencetak kartu BPJS stelah sya byar angsuran pertama, di kntor BPJS Ternate katanya belum bisa diterbitkan dan harus membayar 3 kali angsuran sekaligus baru kartunya bisa diaktifkan dan di cetak… Dan kalau angsuran pertamanya di BRI berati angsuran 2 dan 3 harus di BNI Atw di Mandiri sekaligus dlm bulan juli ini… Katanya kalau tidak mambyar 3 kali angsuran sekaligis maka tidak bisa diterbitkan… Aturan apa ini,…???

  94. Saya mau kasih saran buat bpjs kalau mau bikin aturan seperti naiknya harga atau naiknya denda tolong kasih tau pesertanya lewat sms atau surat tertulis besrta rincianya jangan sampai pas mau bayar tau2 tagihan membengkak cuma gara2 telat bayar jadi bingung pesertanya

  95. Dear cs Bpjs, mau nanya tentang telat bayar 7bulan, apakah bisa di bayarkan di atm sajah? atau harus ke kantor bpjs terdekat? Mohon informasinya. Thank you~

  96. Tresna Hanjani Kulsum

    Saya tidak punya tunggakan apapun. Jika saya ingin membayarkan iuran BPJS sampai setahun kedepan (terhitung dari bulan Agustus 2016 sampai Juli 2017 bisa atau tidak? Mohon informasinya..

  97. bapak ibu pejabat / pejugas BPJS yang terhormat tolong komentar / pertanyaan yang di sampaikan di jawab dengan jelas, banyak masyarakat yang di luar sana yang resa dan gelisah karena masalah pembayaran BPJS di tambah lagi denda yang di bebankan ke pengguna BPJS tidak transparan, terima kasih

    • Perihal pembayaran BPJS Kesehatan sudah memberikan beberapa opsi pembayaran silahkan gunakan mana yang sekiranya mudah bagi anda… Dan untuk denda sudah tidak ada lagi…

    • Betul pak… saya setuju. Pihak bpjs kurang komunikatif, diajak diskusi malah marah, tersinggung dan akhirnya tidak menjawab pertanyaan demi pertanyaan.

  98. Saya bayar bpjs telat 2hari seharusnya bayar max tgl 10 tapi saya bayar tgl 12 mau bayar melalui alfa/indomaret,&tyta no bpjs saya tdk terdeteksi, lalu saya ke atm BRI juga ga bisa membayar, pdhal cuma 2hari telat kok langsung diblokir no bpjs saya ya? Tolg penjelasannya

    • @dewi : itu masalah sistem, mungkin sedang gangguan… Jika terjadi demikian anda dapat membayar tagihan melalui kantor BPJS. Tapi memang harus sabar dalam anterian.

  99. khatleen budiman

    saya telat bayar 20 bulan dengan total pembayaran Rp. 513.060 . rencananya akhir bulan ini saya mau membayarnya karena saya mau operasi tumor jinak . saya baca katanya kalau sudah bayar harus nunggu 45 hari setelah aktif , tapi saya telepon ke 1500400 dia bilang kalau sudah aktif sudah bisa digunakan . sebenernya gimana si aturannya saya jadi bingung. tolong dijelaskan peraturan yang berlaku seperti apa ? terima kasih

  100. Kelas 1(80.000) telat 1 bulan bayar 240.000 itu dendanya bulan lalu 100%? Karna saya coba bayar 1 bulan jadi 160.000 kalo 2 bulan jadi 240.000-_-

    • Mba bayar lewat atm ya? Setahu saya kalau di atm, misal bulan lalu blm bayar, terus bayar bulan in, cukup pilih jumlah bulanya 1 saja, itu otomatis sudah dengan tagihan bulan lalu. Kalau mba pilihnya tagihan 2 bulan, itu berarti bulan lalu, bulan ini dan bulan depannya.

  101. saudara sy malas bayar tunggakan bpjs, krna terlalu banyak. dia berencana pindah alamat dan ingin mengurus/daftar baru seperti awal (jadi peserta baru) dengan alamat yang berbeda. apa bisa? trims

  102. mau tanya ne…
    bpjsku telat 7 bln.
    klo it ak bayar kira2 habis berapa ya ?
    n nnt ap msh bs dgunakan lg atokah udh di non aktifkan ?

    • Biasa bu..paling juga nnt alasannya sistem eror atau aturan yang terSISTEM otomatis.simpel jawabanyya…hehe..this is indonesia …tp palinv ngga ibu udah nanya juga bagian dr kepedulian.walau kadang kita mah bu sbg rakyat mah hanya bisa menghelas dada.

  103. Mas praturan BPJS ini kena denda klw telat byar sbulan kan ? Klw byar lwt dr tgl 10 tp ttp d bulan yg sma.ngk masalah kan ?? Gk bakal d denda ??

    • Ikut jawab:
      Denda telat bayar sudah dihapuskan, telat bayar minimal 1 bulan kartu akan dinonaktifkan, jika setelah kartu diaktifkan kembali peserta menjalani rawat inap baru denda diberlakukan 2,5 persen dari biaya rawat inap.

      Bayar di bulan yang sama selama belum terlambat 30 hari kartu akan tetap aktif

  104. ahmad sidik suhendi

    Ada tagihan bpjs lewat pos totalnya 3 juta kurang untuk 3 orang, dulu berhenti iuran karena pelayanannya mengecewakan makanya ane ga lanjut iurannya dan ga akan pake fasilitas bpjs lagi. Apalagi 2 tahun terakhir anak ane rawat inap pake fasilitas umum. Salah ga sih klo tagihan 3 juta tersebut ga ane bayar? Toh ane belum pernah pake fasilitasnya.

    • Menurutku salah mas, karena dengan mas sudah mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan maka secara otomatis mas sudah menyetujui peraturan yang di berlakukan BPJS Kesehatan. Dan itu termasuk hutang loh mas, inget hutang jangan sampai dibawa mati karena akan di tagih terus di akhirat. hanya mengingatkan saudara saja 🙂

      • Mas kalo bisa jangan bawa bawa ini masalah utang piutang….kita masyarakat tidak menghutang sama negara ko.inu bagian dari sistem.yang masih banyak HUMAN ERORNYA…apalagi bawa bawa akhirat..toh sistem BPJS nya juga masih SEMRAWUT….yang dosa mah itu yang bikin aturannya yang blm bs bijak.membingungkan.saudara juga tau dan mgkn mengetahui ini indonesia yang masih banyak aturan dan sistem yang masih blm adil buat masyarakat juga blm bijak.kami atas nma masyarakat kecil sangat kecewa dg pola sistem aturan d indonesia..jadi tolong bersikap santun dan lebih bijak dg masyarakat kecil.ok saudaraku…semoga sukses indonesiku….

  105. Saya telat bayar 2 bulan dan barusan bisa terbayar….apakah kartunya bisa aktif dan dipakai berobat lagi.thanks

  106. jangan hanya bpjs yg memperlakukan aturan baru, denda, atau penonaktifan jika telat bayar. benahi dulu sistem yg ada disana. saya daftar sebagai BU di BPJS KESEHATAN RAWAMANGUN dari MEI 2016 sampe sekarang TIDAK DIPROSES!!!!Sudah dijelaskan bahwa data diterima mksimal tgl 20 setiap bulannya,, tapi bahkan kesalahan atas email dari BU PROJEK KAMI YG LAIN, yg tidak dibuka dr BPJS malah minta di buat tgl lebih baru karena takut kena AUDIT!! apa itu yg dinamakan pelayanan masyarakat??

  107. saya mau membayar bpjs kelas 1 dari bulan april 2015 sampai juni 2016, berapa ya kira2 jumlah yg harua saya bayar?

  108. Tanggal ,13 JUNI 2016 saya bayar iuran bpjs kls 2 untuk bln MEI dan JUNI. tp koq byr nya jadi 153.000 ya?? Iuran bulanan ny kan 51.000 x 2 = 102.000 + denda 4%. Harus nya tidak lebih dari 120.000.
    Bagaimana ini? Apa kelebihan bayar nya bisa di kembalikan?
    Mohon tanggapannya. Trmksh

    KASUS SAMA DENGAN BULAN LALU

  109. Saya mau bayar bpjs dari bulan januari sampai juni.. Itu uda terlambat bayar.. Kira harus bayar berapa.. Saya bpjs kls 3

  110. Saya mau membayar BPJS kelas 1 untuk 2 bulan, bulan Mei dan Juni via ATM Mandiri. Tapi saya dikenakan Rp. 240.000 untuk 2 bulan, saya coba pilih bayar 1 bulan, dikenakan Rp. 160.000
    Bagaimana penghitungan dendanya? Masak telat 1 bulan dendanya 100%
    Bukannya kelas 1 itu Rp. 80.000 ya?
    Mohon penjelasannya atau setidaknya dimana saya bisa dapat info soal transparansi denda BPJS, terimakasih.

  111. Rendy Wikrama Wardana

    saya membayar bpps kelas 1 untuk 2 bulan…biasanya saya membayar 2 bulan 120 rb..tetapi pas saya barusan kena 201 rb..apakah itu sudah termasuk denda
    maksih

  112. Saya mendaftarkan baru anak saya tanggal 26 April 2016, Saya sudah mendapat nomore VA yg baru boleh dibayar antara tgl 10 – 26 Mei 2016, tapi saya baru inget tgl 28 Mei 2016, lngsung saya bayar ke Indomaret, tapi tdk bisa, ktanya statusnya belum terdaftar, lah itu saya harus ngurus lagi dari awal, apa bagaimana???
    Terima kasih

    • Ya berarti anda akan mengalami tunggakan yang harus dibayar… Status keanggotaan akan diberhentikan… Anda tidak bisa menggunakan BPJS Kesehatan sampai melunasi tunggakan iuran… Tidak ada denda iuran terlambat…

    • Saya Mau Nanya Tentang Pembayaran BPJS…
      Kenapa Saya Bayar Dengan Nomor Virtual Saya Muncul Langsung Disuruh Bayar Istri & anak 2 Kali Lipat Bayar BPJS ..Padahal Bulan Kemarin Sudah Saya Bayar 1 Keluarga Tp Pembayarannya Lebih Banyak…Mohon Solusinya. Terima Kasih.

  113. saya mau bayar bpjs kelas 3,sudah telat 12,sya mlakukan pembyaran di atm n dialfarmt n pos kenpa gagal trus,tolong dimna harus melakukan pembayaran.

  114. ane bpjs kls 1, barusan ane bayar 7bulan sekaligus 17 mei 2016 bayar, terlambat 7bulan mulai (okt-nov-des2015,-jan-feb-mar-april) sehigga ane di denda 100% menjadi 882,760, bayar via bank mandiri, ud komplain ke mandiri disuruh tanyakan ke BPJS, bagaimana menurut pendapat Ente…??????

  115. Tanggal ,13 Mei 2016 saya bayar iuran bpjs kls 2 untuk bln April dan Mei. tp koq byr nya jadi 153.000 ya?? Iuran bulanan ny kan 51.000 x 2 = 102.000 + denda 4%. Harus nya tidak lebih dari 120.000.
    Bagaimana ini? Apa kelebihan bayar nya bisa di kembalikan?
    Mohon tanggapannya. Trmksh

    • Kalau utk menghitung manual kami juga belum faham, yang jelas sistem administrasi yang dibuat BPJS Kesehatan dibuat sesuai dengan perhitungan, dan tidak ada denda keterlambat…

      • Kalo seumpama tidak ada denda kan harus nya sy bayar nya 102.000 bukan 153.000. Apa kl bayar lbh dr tgl 10 sudah dihitung masuk bulan berikut nya? Artinya untuk bulan Juni sudah dibayar d muka?

    • Iya mba, saya juga mengalami sama persis seperti mba, sampai saya coba cek untuk bulan juni nya kenapa iuran masih tetap kena denda 103.000/orang? Padahal waktu saya cek tagihan baru tanggal 2 juni kan belum lewat batas tanggal 10??

      Mohon penjelasannya agar kami yang ingin membayar iurannya pun tidak ragu dan Jelas.terimakasih

  116. Dwi siprayitno

    Membingungkan sistem pembayaran dendanya, dan bpjs tdk menyediakan call center gratis utk pelayanan informasi

Leave a Reply