Imunisasi BCG bagi Bayi untuk Mencegah Penyakit Menular

Imunisasi BCG untuk Bayi

Apakah imunisasi itu penting bagi bayi? Banyak pertanyaan seperti ini di tanyakan oleh para orangtua sebelum mengimunisasian bayi mereka. Karena banyak kabar beredar bahwa, imunisasi itu mengandung vaksin yang tidak dianjurkan dalam islam dan sebagainya. Tapi untuk saat ini tindakan medis untuk melakukan imunisasi pada bayi belum mendapatkan larangan dari MUI terkait kabar (isu) yang beredar tersebut.

Kalau ditanya seperti itu, penting atau tidak bayi di Imunisasi, jawabnya penting sekali, terutama Imunisasi BCG (Bacillus Calmette-Guérin) yang bisa dibilang wajib diberikan kepada bayi. Imunisasi ini dapat  melindungi bayi anda dari infeksi / gangguan kesehatan seperti penyakit TBC – Tuberkulosis, Bayi harus diberikan Imunisasi BCG pada usia bayi lahir atau paling lambar sebelum usi 3 bulan. Sedangkan untuk bayi yang diberikan imunisasi BCG setelah usia 3 bulan, maka perlu menjalani tes tuberkulosis.

Walaupun Vaksin ini terbuat dari bakteri namun penerima vaksin BCG tidak menjadi sakit, karena Vaksin BCG terbuat dari bakteri tuberkulosis (nama bakteri : Mycobacterium bovine) yang telah dilemahkan. Bakteri tersebut mirip dengan bakteri tuberkulosis yang dimiliki manusia, yang berfungsi untuk memicu sistem imun yang akan menghasilkan sel-sel yang dapat melindungi kita dari bakteri tuberkuloisis.

Imunisasi BCG sangat efektif mencegah penyakit tuberkulosis, termasuk bentuk yang paling berbahaya yaitu tuberkulosis meningitis pada anak. Tak hanya berisiko menginfeksi paru-paru, tuberkulosis juga dapat menjangkiti bagian tubuh lain seperti sendi, tulang, selaput otak (meninges), dan ginjal. Tuberkulosis sangat berbahaya karena mudah menyebar melalui cipratan cairan bersin atau batukdan air liur yang tanpa sengaja terhirup oleh orang lain.

Meski hampir serupa penyebaran pilek atau flu, tuberkulosis umumnya memerlukan waktu kontak lebih lama sebelum seseorang menderita TBC. Misalnya, ketika seorang anggota keluarga terkena tuberkulosis, maka anggota keluarga lain yang tinggal di rumah yang sama memiliki peluang lebih tinggi untuk tertular.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply