Berapa Kali sih Buang Air Kecil yang Normal dalam Sehari? Baca Ini !

Buang Air Kecil yang Normal

Setiap hari seseorang mengkonsumsi makanan dan minum, sistem pencernaan terus bekerja mengambil nutrisi dan membuang sisa dari pada setiap apa yang dikonsumsi. Salah satu yang paling banyak masuk kedalam tubuh kita adalah Air, sehingga membuat seseorang dipastikan selalu buang air kecil setiap harinya.

Namun pernah anda memperhatikan, menghitung berapa kali sih buang air kecil dalam sehari? Apakah anda membuang air dalam waktu 2 jam sekali, atau bisa lebih dari 10 kali dalam sehari? Lantas berapa kali buang air kecil yang normal dalam sehari? menurut kutipan dari womashealthmag.com, normalnya seseorang dalam sehari buang air kecil yakni sebanyak 5 sampai 7 kali.

Jika ternyata anda buang air kecil dibawah itu berarti tubuh anda kekurangan cairan sehingga bisa dikatakan anda mengalami Dehidrasi. Namun jika ternyata anda buang air lebih dari itu berarti anda memiliki konsumsi cairan yang berlebih, tapi lebih baik daripada kekurangan cairan.

Neil Grafstein, MD seorang asisten profesor urologi di Mount Sinail Hospital di New York City mengungkapkan bahwa frekuensi normal aktivitas buang air kecil tergantung pada konsumsi cairan dalam tubuh.

Dengan semakin banyak anda mengkonsumsi air maka memungkinkan anda juga akan buang air kecil (kencing) lebih banyak. Dengan mengkonumsi air yang cukup maka itu sangat baik dalam membantu fungsi kerja ginjal dan otak, jika berlebih maka anda akan sering buang air.

Beberapa minuman yang mengandung alkohol dan kafein bahkan dipercaya meningkatkan aktivitas buang air kecil. Para ahli mengatakan jika kandungan senyawa pada minuman beralkohol dan kafein bersifat mengiritasi kandung kemih dan membuat seseorang lebih mudah merasa ingin buang kecil.

Menurut Ekene Enemchukwu, MD, dari Stanford Medical Center seseorang yang memiliki tubuh yang sehat (terjaga) dan tidak mengalami masalah pada kandung kemih, biasanya dalam sehari ia akan buang air kecil sebanyak 4 hingga 7 kali. 

Ketika anda akan buang air kecil maka buanglah segera jangan sampai ditahan – tahan karena menurut para ahli jika menahan buang air kecil dalam waktu yang lama akan membuat daerah sekitar organ intim serta kandung kemih sakit, ini sangat berbahaya. Terlebih lagi, jika menahan buang air kecil ini dilakukan sangat sering.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply