Pengertian dan Penyebab Munculnya Bisul

Bisul Pada Paha

Pengertian Bisul adalah suatu penyakit kulit yang berbentuk benjolan merah, bisul sangat sakit dan berisi darah dan nanah. Munculnya bisul karena faktor kurang menjaga kebersihan pada diri sendiri maupun lingkungan.

Bagian tubuh yang sering ditumbuhi bisul yaitu wajah, leher, ketiak, bahu, bokong dan paha. Karena bagian tubuh tersebut sering terjadi gesekan dan banyak keluar keringat.

Munculnya bisul pada kulit di beberapa bagian tubuh yang telah disebutkan diatas, karena di sebabkan bakteri staphylococcus aureus. 

Bakteri tersebut masuk kedalam tubuh yang luka akibat gesekan atau gigitan serangga,  bakteri tersebut masuk ke folikel dan menyebabkan infeksi yang kemudian munculah yang namanya Bisul.

Bisul biasanya tumbuh pada lumbang tempat rambut tumbuh. Bakteri dari bisul juga terkadang bisa menyebar ke bagian lain tubuh.

Bila menyebar di lapisan kulit akan timbul selulitis, impetigo (luka melepuh), bahkan dapat menyebar ke tulang (osteomielitis).

Penyebaran ini akan memicu terjadinya sepsis yang berpotensi menyebabkan infeksi pada organ-organ tubuh, misalnya jantung. Selain itu, bisul juga umumnya dapat meninggalkan bekas luka.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply