Hubungi Kami

Hubungi PanduanBPJS.com

Media Informasi yang dikelola secara khusus untuk membahas BPJS Kesehatan dan Informasi Mengenai BPJS Kesehatan sehingga masyarakat yang telah terdaftar sebagai nasabah BPJS maupun yang belum dapat lebih mengetahui program BPJS ini.

Hubungi Kami, Silahkan Masukan Email Anda dibawah ini :

Setelah masukan email, silahkan periksa kontak masuk pada email anda

359 Comments

  1. Saya dan istri saya bekerja di perusahaan yg berbeda.
    Tp BPJS saya ikut dengan perusahaan tempat istri saya bekerja.
    Nah yang saya tanyakan bagaimana caranya mengganti BPJS ke perusahaan saya bekerja?
    Terima kasih

  2. Saya mau bertanya…seandainya klu saya mau dirawat inap tp ruangan sesuai kelas saya(kelas1) penuh…apakah ada kebijakan dr bpjs menaikan kelas perawatan saya ke kls vip/yg setingkat lebih tinggi?

  3. Bagaimana caranya pindah dari bpjs ketenaga kerjaan ke mandiri,karena saya baru di phk.dan tadi saya kekantor bpjs yang di cilandak tapi tidak bisa harus kekantor yang dipancoran katanya

  4. Kalo dalam satu kk belum berubah statusnya, suami istri hidup sudah berpisah belum ada putusan pengadilan krn pisah tinggal pergi tdk kembali, anak 1 sudah meninggal, 2 ditanggung perusahaan, masa mau bayar 1 saja harus bayar seluruhnya, dobel2 donk.. Ini dipikir nggak sih bikin kebijakan? Atau cmn pgn keruk uang saja… Klo kayak gini menyusahkan saja… Asal tahu sy biasanya bayar 1 saja sekarang harus bayar 6?? Duitnya yg 2 dibyr perusahaan dan yg sudah meninggal kemanaaa??

  5. Mau tanya.klo istri saya mau melahirkan di kota lain..saya ikut BPJS kesehatan kota Malang Jatim.terus rencana mau melahirkan di kota Bondowoso.. BPJS apa bisa di pakai

  6. Saya peserta BPJS kelas 1sejak 2014 sampai sekarang masih aktif dan rutin byar iuran dan belum pernah dipakai. Ketika saya mau pakai untuk berobat di luar kota karena i, Alhamdulillah dipersulit dengan alasan saya berobat di luar regional. Sementara saya sudah terlanjur berobat di rumah sakit yang sebelumnya menangani saya sebelumnya dengan jalur umum.. Ketika saya mau minta rujukan ke RS yg di luar kota itu. Alhamdulillah saya di pingpong sana sini dan ujung2nya ngak di kasih surat rujukan.. Yg ingin saya tanyakan apakah BPJS kesehatan ini bener2 untuk rakyat.. Apakah bener bener untuk membohongi rakyat?

    • Tadi ketika saya membayar bpjs ada istilah pst:4 yg artinya saya sudah membayar untuk 4 orang keluarga, saya membayar untuk kelas 3 yg seharusnya jumlah bayarannya adalah sebesar Rp.102.000 tapi kenapa total yg saya bayar hanya 51.000?

  7. Apakah klo salah satu anggota keluarga yang terdapat pada kk dah punya bpjs ketenagakerjaan, masihkan didaftarkan lagi bila keluarga tersebut mendaftar bpjs baru?

  8. Saya dan kedua orang tua saya sudah menuntiga hampir satu juta bpjs dari bulan juni,juli,agustus,september,, saya di kelas 3 ketika kemarin saya mau menyetor lewat atm tiba2 tagihan sebesar 306.000 pada nomor bpjs mamah saya itu gimana maksudnya? Kok sampe 306.000 berarti kalo di kali tiga

  9. Saya sudah bayar tunggakan 1 tahun bayar dibulan Agustus..kartu BPJS sehari setelah pembayaran aktif kembali, status saya berada di masa denda 45 hari, kebetulan saya tidak sakit dan tidak dalam proses pengobatan pada bulan September saya iseng cek tagihan BPJS koq masih tagihan bulanan masih besar hampir 600rb? Apa harus nunggu 45 hari baru tagihan normal kembali

  10. Bapak dan ibu saya sudah terdaftar di askes dan katanya otomatis sudah terdaftar di bpjs, di KK ada tiga orang bapak, ibu dan saya.
    Kalo hanya saya mau daftar bpjs mandiri bisa nggak? Lalu untuk pembayaran tiap bulannya apakah nanti saya bayar untuk 3 orang juga ( 1 KK).

  11. bagaimana caranya saya bikin baru bpjs tanpa harus menyertakan 2 nama lain (ayah & ibu) dalam kartu keluarga saya.. hal ini dikarenakan kedua nama tsb sudah punya asuransi kesehatan sendiri dari instansinya (kesehatan pensiunan pertamina).. tentunya akan jadi pemborosan buat saya jika harus menyertakan kedua nama tsb dalam pendaftaran kepesertaan bpjs.. mohon solusinya.. terima kasih…

  12. Saya tiap bulan selalu rutin bayar bpjs dan tidak pernah telat. Bahkan bln ini tgl 5 september 2016 saya sudah bayar.. pada tgl 7 sept 2016 saya minta surat rujukan ke faskes dan doktenya bilang surat rujukan itu tidak bisa diprint karena masih ada tunggakan 25500, padahal saya tidak pernah telat bayar iuran.. mohon solusinya. Triimakasih

  13. Admin saya mau tanya.
    Ibu saya sdah mninggal 30-09-2015,Saya sudah menonaktifkan & membayar tunggakan Bpjs ibu saya pd bulan 28-06-2016 sbsar Rp.723.140. Ttapi pd bulan 09 ini saat saya mau bayar punya bpak saya, muncul lagi tagihan ibu saya sbsar Rp.723.140. Saya sudah konfir ke kantor bpjs stmpat, tpi mreka juga kbingungan. Mohon Solusi nya.

  14. Selamat siang… mertua saya meninggal januari 2015, semenjak itu tidak pernah lagi membayar iuran bpjs, bagaimana cara menonaktifkan keanggotaannya… apa kamibjg harus membayar denda hingga skrng? Terima kasih

  15. Saya mau tanya tentang peraturan baru BPJS
    Dalam Kartu Keluarga saya tercatat 3 anggota keluarga termasuk saya sebagai kepala keluarga, sejak awal yang mengikuti BPJS berbayar cuma 2 orang ,satu orang tidak mengikuti program BPJS,
    Pada saat saya mau bayar BPJS dengan peraturan baru tertera jumlah yang harus dibayar untuk 3 anggota keluarga, padahal 1 orang anggota yg tercantum di KK tidak mengikuti BPJS berbayar,
    Apakah saya harus membayar ketiganya? Sementara satu anggota tidak mengikuti program bpjs berbayar.
    Karena meskipun tercantum dalam satu KK,sudah memiliki tanggung jawab masing masing.
    Bagaimana dengan perhitungan anggota yang tidak terdaftar tersebut?

  16. Tanya,
    Saya Peserta BPJS,
    Saya ada kegiatan di daerah lain selama kira-kira 3 atau 4 bulan.

    Bagaimana prosedur berobat di daerah sementara itu, jika suatu saat saya harus berobat?

    Mohon penjelasan nya.

    Terimakasih

    Salam

  17. Saya seorang karyawan tapi bukan karyawan perusahaan resmi. Saya menerima gaji bulanan tapi kena bos saya tidak punya ijin usaha maka saya di daftarkan ke bpjs mandiri dan bayar sendiri. Yg menurut uu bpjs k saya masuk golongan karyawan BU apakah ada badan usaha yg menampung pekerja lepas seperti saya dkk supaya bayar iuranya murah.?

  18. Bulan agustus tagihan bpjs ibu saya 80 rb kelas 1 dan sudah saya bayar dan begitu seterusnya pada bulan bulan yang sudah lewat.namun ketika mau bayar bulan september tgl 12 saya lihat tagihan menjadi 775.115 rupiah..mohon penjelasan di KK ibu saya cuma 1 karena ayah sudah meninggal dan sudah lama diupdate KK nya dikantor BPJS setempat.

    • Sya peserta bpjs mandiri,dh tiga bulan ini bpjs naik tiap bulan bayar 53 dan sya tdk prnh telat bayar,tp bulan september ini ko d suruh bayar stu orangnya 205.000rbu,sdangkan sya kk 4 orang. Tlong pnjelasannya.

  19. Sy Di Kabupaten Bogor kalo mau bayar denda yg 2,5% x biaya selama rawat inap karena blum 45 hari setelah aktif karena terlambat bayar,, tolong info kemana yah, bisa gak k bpjs yg dicibinong.. Trma kasih

  20. Saya telat bayar iuran sdh 1 tahun Dan kartu sdh di nonaktifkan.apakah sy bisa mengaktifkan kembali kartu sy tersebut,dan bgm caranya utk merubah ATM bank dg bank lain?

  21. Maaf mau tanya, saya daftar via app bpjs. Sudah dpt VA. Begitu mau bayar iuran pertama via ATM, katanya VA tidak terdaftar, mohon pencerahannya apa yang harus saya lakukan. Thx

  22. Malam, maaf mau tanya kenapa ya BPJS kalo berobat wajib ke klinik/RS yg sudah dipilih sebelumnya? Kenapa tidak boleh bebas memilih? Dan jika saya sakit diluar kota, apakah bisa tetap berobat dikota/tempat yg saya kunjungi? Makasih.

  23. Pada 2014, Hanya Bapak dan Saya sbg anak pertama mendaftarkan diri BPJS jalur mandiri (waktu itu belum ada aturan semua anggota di KK wajib daftar). Nah, untuk pembayaran BPJS Bapak, masih lancar dan aktif. Namun BPJS saya, sudah lama tdk dibayar, terakhir bayar desember 2014 (hampir 2 tahun tertunggak). Karena keluar aturan baru per 1 September 2016 ttg skema pembayaran 1 paket dgn bapak, akhirnya mau tdk mau saya harus bayar BPJS saya yang tertunggak agar BPJS bapak tetap aktif juga. Saya cek di aplikasi bpjs, status BPJS saya NON AKTIF KARNA PREMI. Saya minta saran, apa yg harus saya lakukan? Bilamana saya membayar semua tunggakan itu, apakah status BPJS saya akan diaktifkan otomatis? Ataukah saya harus membawa dokumen KK, KTP, dll ke kantor BPJS untuk mengaktifkan kembali kartu saya? Karna kalo iya, saya takut petugas meminta saya mendaftarkan semua anggota keluarga yg terdaftar di KK, bukannya ngga mau daftar, tp ada pertimbangan biaya.

    Pertanyaa kedua, seandainya saya sudah bayar semua tunggakan dan kartu bpjs aktif. Lalu sya ingin mengajukan pemindahan tingkat faskes ke faskes tngkat 3. Syarat apa yg harus sya bawa waktu mengurus perpindahan itu ke ktr BPJS? Jika waktu pengurusan sya diminta memperliatkan KK, apakah ada kemungkinan anggota keluarga sya yg belum daftar BPJS sebelumnya, diminta oleh petugas utk mendaftar terlebih dahulu sebelum perpindahan faskes sya diurus?

    Makasih sebelumnya

    • Pertanyaan yg hampir sama, apakah ada balasannya pak kevin? Soalnya saya menanyakan hal yg sama juga tetapi tidak ada balasannya.

  24. Saya kan sudah bayar lewat alfa mart..kelas 3 dengan jum lah 79.000 untuk 3 0rang..
    Begitu saya cek kembali knapa yg sudah terbayar baru 2 orang…mohon penjelasanya.terima kasih

  25. Mohon penjelasan… bulan agustus klas 2 masih rp.51.000. kenapa dibulan september jd rp. 188.700,00. Kalau untuk 1 kelurga rp. 188.700. Kenapa 2 orang dalam 1 kk harus bayar masing2 @ rp. 188.700.. Jd kalo mbayar semua jd rp. 367.400???

  26. selamat siang, saya pengguna bpjs baru kelas 2 jumlah kk 2 orang
    untuk aktifasi bpjs saya bulan juli pembayaran bisa di lakukan tgl 27juli-12agustus, saya bayar waktu itu tgl 27 juli sebesar 102.000 tadi pagi saya bayar lagi untuk iuran kedua kok bayarnya perorang jadi 102 dan totalnya jadi 204, mohon penjelasannya. trims

  27. Saya mau tanya.. saya daftar BPJS awalnya hanya untuk orangtua saya tetapi diharuskan 1 KK namun karena biaya semakin naik saya ngga bisa memenuhi pembayaran sampai 1 KK (7 orang, kecuali 2 orang sudah ada bpjs dari kantor jadi 5 orang saja) apakah bisa 3 orang tsb account nya di non aktifin? Jadi saya hanya bayar bpjs orangtua aja. Mohon bantuannya.. terima kasih

  28. Izin tanya.
    Jika dlm 1 keluarga ada 1 atau beberapa peserta yg tidak membayar, dan statusnya sudah meninggal dunia atau pisah cerai.
    Proses backlist atau penghapusan 1 peserta trsbt bagaimana?

  29. Mf sya mau tanya tiap bulan saya byar bpjs ibu dan bpk sya untuk kelas 2, trus knp di bulan ini tagihan ibu dan bpk sya jdi 306 rbu..di situ ada pst 6..apa mksdnya..mksh

  30. Bapak saya pada bulan Agustus lalu sudah berobat ke faskes 1. Karena merasa tidak ada perkembangan, akhirnya beliau memutuskan pindah ke dokter umum dekat rumah. Oleh dokter umum tsb dianjurkan utk meminta rujukan ke poli jantung di faskes 2. Sebenarnya keadaan bapak saya sudah mulai membaik setelah mendapat pengobatan dari dokter yg praktik di dekat rumah itu. Tetapi, akhir-akhir ini terdapat keluhan-keluhan lain yg muncul. Akhirnya, pihak keluarga memutuskan untuk meminta rujukan dari faskes 1. Tapi ternyata hasil yg kami dapat di luar dugaan. Faskes 1 menolak memberikan rujukan, dengan alasan, harus mendapat pengobatan minimal dua kali di faskes 1 sebelum akhirnya dirujuk. Benarkah peraturannya seperti itu? Lalu bagaimana dengan pasien yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut dari dokter spesialis yg ada di faskes 2? Haruskah terlebih dahulu berobat di faskes 1 minimal 2x hingga akhirnya benar-benar mendapat terapi dari yang lebih berwenang? Mohon ditanggapi, terima kasih.

  31. Saya mendaftar BPJS kelas 1 dengan iuran bulanan 80000, saya menunggak selama 3 bulan, saya kaget waktu saya cek jumlah tagihan saya menjadi 480000 yang seharusnya 240000. Apa benar biaya tambahan 240000 itu untuk mengcover biaya kita untuk tiga bulan kedepan dengan maksud agar kita tidak telat lagi bayarnya

  32. Permisi Saya mw tanya kalo kita telat bayar iuran BPJS trus kita langsung melunasi tunggakan kita apakah kartu itu bisa langsung dipakai dan digunakan untuk berobat pada wktu itu??atau ada waktu tertentu smpai nggu kartu itu aktif kembali??

  33. Saya baru mau daftar BPJS Kesehatan tapi kok susah,padahal data dah terformat tapi nomor dan kartunya belum dapat,dan saya belum bisa bayar iuran.

  34. Kami bertiga dalam keluarga dan peserta bpjs kls 1. Sejak pisah dengan istri bpjsnya tidak dibayar. Sy hanya membayar punya anak saya. Sampai agustus lancar namun tagihan bulan september 2016 membengkak jd jutaan. Apakah ada kekeliruan min? Mohon pencerahan

  35. selamat pagi
    saya baru resign dr kantor sya akhir bulan agustus 2016..
    kalo mau melanjutkan BPJS nya bagaimana cara nya dan persyaratannya
    terima kasih…

  36. Kakak saya kerja dikantor dan dibayarin kantor bpjsnya.. tapi 3 orng gk dibayarin kantor saat mau bayar tagihannya,malah di tagih untuk 4 orang .. kenapa gto ya? Dan pas saya cek total tagihannya 204rb/orng .. gimana saya urusnya jdinya? Kalau saya byar dan perusahaan kakak saya bayar jdi uang itu kemana?thx

  37. Saya mau tanya
    Saya kan tidak pernah nunggak dalam pembayaran bpjs
    Dalam kk saya mengikuti kelas 3
    Tapi bulan september ini pas mau bayar lewat atm kok perorangan munculnya 102.000
    Kalau ini perubahan skema pembayaran apakah berati saya cuma harus bayar lewat 1 ID saya atau gimana?

  38. permisi saya mw tnya kn saya dh bkin krtu bpjs tp almat faskes saya salah padahal saya dh pindah .aku nulis almat sesuai dgn domisili

      • Mohon infonya ya bpjs
        Saya dah tiga tahun lebih peserta bpjs dan sekarang saya berdomisili di deli serdang apabila saya melakukan perubahan data apa bisa saya tetap dipaskes 1 ditempat saya berobat karna saya gak mau pindah paskes

    • @Juwanto : Benar sekali, peserta meninggal dunia akan mendapatkan tagihan dan harus dibayar.. Maka dari itu pihak keluarga dapat melaporkan kepada bpjs jika ada keluarga yang meninggal dunia…

      • Boleh kasih Info nya, saya baru bikin bpjs bulan agustus kemarin dan sudah bayar bersama punya suami saya 1 kk (2 orang), saya ikut kelas 3 dan jumlah yg dibayar kan total 51.000+2500 (biaya admin) di kantor pos. Terus saya bayar bpjs bulan ini september tgl 05 koh saya suruh bayar double dengan total 107. 000 (+biaya admin) padahal saya tidak telat dan sudah bayar bulan agustus dan september saya bayar suruh double padahal tagihan cuma 1 bln. Pagawai mengetik no virtual saya dan suami saya jadi saya suruh bayar segitu .. Apakah nanti yg double itu bisa buat bulan berikut ny oktober??

  39. Bagaimana jk dlm satu kk terdaftar tiga org dlm BPJS,tp hanya ingin mengaktif kan satu org saja,itu bagaimana?

  40. Saya mu tanya .. saya dulu pernah punya bpjs dri.perusahaan.. trus saya kluar dan bpjs saya tdak saya bayar… kmungkinan di nonaktif kan… cara mu ngakifkan lagi dg cara mandiri gimana ya … tks

  41. Saya mau pindah dri Bpjs tanggungan org tua ke mandiri.apakah syarat KK harus yg asli?? Bisakan fotocopian , soal y saya di rantau jdi asli y dikmpung

  42. Mohon informasi
    saya karyawan dengan gaji takehomepay sebesar Rp.4.900.000,- dengan tanggunan anak 3 orang.

    Yg mau saya tanya bpjs kelas berapa yg saya dapat dengan kondisi saya di atas.

    terima kasih

  43. Saya terdaftar sebagai peserta PBI. Sedang anak dan istri saya peserta mandiri kelas 3. Saat saya bayarkan tagihan bpjs istri saya bulan oktober 2016 melalui atm kok stuknya beda. Pada kolom nama ada tulisan (2 pst). Tp jumlah pembayarannya cuma Rp 25.500. Trus saya bayarkan iuran anak saya muncul tulisan nomor tidak tetdaftar. Jd saya bingung bagaimana saya membayar iuran anak saya. Padahal bulan bulan sebelumnya bisa. Trus bagaimana cara agar saya bisa melihat kapan terakhir kali iuran anak saya si bayar.

  44. Admin saya mw tanya.
    Saya, istri & anak punya bpjs kelas 2
    Saya blm membayar bpjs dr bulan agustus sampai skrg.
    Tp pas saya cek kenapa total setiap org jd 306000. Sdangakn perkiraan saya hanya 104000 perorang.
    Mohon bantuannya.

    • @Lucky : Kelas 2 besar iurannya Rp51.000 x 3 bulan (Agustus, September, Oktober) x 2 Orang = maka diperoleh hasil Rp 306.000 utk seluruh peserta keluarga anda yang terdaftar… Trims

    • @Wijiono : Kami ingin tanya, kelas apa yang anda pilih? berapa jumlah anggota dalam KK yang mendaftar bpjs dan anda menunggak berapa bulan? Bisa jadi hasil akumulasi untuk semua itu… Silahkan dihitung

  45. Sy akan melakukan operasi gigi bungsu, sudah dpt surat rujukan dr puskesmas ke rs.tzu chi.
    Tetapi sampai di rs menurut bag pendaftaran pembedahan gigi / mulut tidak ditanggung bpjs? Apa benar? Jika tidak benar apa yg hrs sy lakukan? Terima kasih…

    • @hendra : Memang tidak ada penjelasan khusus untuk operasi gigi, pelayanan gigi yang ditanggung bpjs adalah cabut gigi dan scaring gigi… Utk lebih detailnya anda bisa datang ke kantor bpjs…

  46. Saya mau tanya, istri saya pasien odha di klinik vct wijaya kusuma rs fatmawati sdh 4thn..,skrg istri saya hamil,berhubung kami bru menggunakan bpjs,yg mau saya tanyakan,untuk menggunakan fasilitas kesehatan dokter kandungan dirumah sakit yg sama,apa saya harus tetap minta rujukan faskes 1 terdekat atau saya bisa minta langsung rujukannya kpd dokter vct istri saya yg sdh tau riwayat penyakitnya..info pls!

  47. Saya mau tanya…
    Kemaren saya daftar bpjs, kemudian hari ini saya mendapatkan nomor VA. Yang may saya tanyakan, untuk mendapatkan kartu id bpjs nya, says bisa membayar sekarang iurannya?Apa harus menunggu dulu minimal 14hari,kemudian me kantor bpjs untuk mengambil kartu?

  48. Mohon maaf saya mau tanya.
    Bpjs punya kakak saya sudah terlambat bayar selama 7 bulan,apa msih bisa di aktifkan kmbli.

  49. Saya mau bertanya,kenapa saya membayar tagihan bpjs orang tua saya a/n ZADARMAS tidak ada nominal tagihannya yaa..

  50. 2 org dlm 1 Kk yg nunggak 1 bln, masa tagihannya per org 202000, sy sda cek di ceking iuran tp tdk ada aja dendannya, knp wkt sy mau bayar di Atm yg muncul itu 202000 tagihannya per org

    • @Nur Ilahi : Mohon detail, berapa jumlah peserta bpjs dalam KK anda? Anda memilih kelas berapa? Anda menunggak berapa bulan? , Tagihan yang tampil pada saat ingin membayar tagihan itu untuk seluruh peserta bpjs yang ada dalam 1 KK tersebut.

  51. Permisi,
    Sayamau bertanya. Pada tgl 1 September saya mendaftar BPJS tingkat 1 dan dijadwalkan untuk memulai pembayaran pertama pada tgl 15 September. Apakah saya bisa mengganti dr. Keluarga dan dr. Gigi?
    Terima kasih

  52. saya mau tanya rencananya saya mau klaim jamsotek saya, saat ini saya sudah tidak bekerja diperusahaan manapun sejak januari lalu? jika lewat online/ aplikasi bagaimana kah caranya?

  53. Apakah memang mulai sekarang untuk 1x pembayaran 1nama langsung mencakup 1 KK?. Maaf atas kurang pengetahuan saya. Trimakasih.

  54. Assalamu’alaikum sy ingin bertanya apakah biaya seperti control kawat gigi tdk ditanggung oleh bpjs dan apa aja yg bisa ditanggung oleh bpjs di polo gigi ? Terima kasih

    • @MUhammad Fadli : Tidak ditanggung bpjs pak.. Pemasangan Kawat Gigi kalau tidak atas rekomendasi medis dokter juga tidak ditanggung bpjs… Yang menjadi tanggung jawab bpjs adalah pembersihan karang gigi / caring

  55. Slamat siang. Saya mau tanya untuk pembayaran bpjs kelas 2. Yg bulan2 kemarin tagihannya Rp.51.000. Dan kami membayar per tanggal 5. Untuk tanggal 5 bulan agustus sudah bayar 51rb. Tanggal 5 september mau bayar lg kok tagihan jd Rp.102.000.?

  56. saya mau tanya… iuran BPJS JKN saya nunggak sekitar 12 bln jumlah angsuran per bulan 25.500… saya mau lunasin kira-kira berapa jumlah nya. Tmksh

  57. Saya mau tanya,saya terlambat bayar bpjs selama 7 bulan kemaren saya mau bayar kaget pas liat nominalnya 714.000 apakah memang segitu?

  58. Saya mau tanya di faskes 1 wilayah saya bp jatibening belum bisa mengeluarkan surat rujukan online yang berlaku untuk 3 bulan. Apakah hal tersebut bisa ditindaklanjuti oleh pihak bpjs agar semua faskes tk1 dapat memberikan pelayanan yg memuaskan dan tidak mempersulit orang yg sedang sakit. Sekian terimakasih

  59. Sy byr biasa via internet BRI, tahun2 sblm ny dr awal 32.500 naik jd 51rb per agustus sy bayar, koq bs septembr jd 102rb

    Tiap bayar antara tgl 5 perblnny,
    Mohon info bila ada kenaikan premi BPJS ny, tks

    Nb. Utk bukti ada screen shoot ny

  60. Pak, mw tanya batas pembayaran iuran BPJS kan max tiap tgl 10, bln agustus sy byr tgl 6, dan september tgl 6 kelas 2, bln agustus 51rb tp knp bln september tiba2 jd 102rb?

  61. Iuran bpjs pertama sekali utk aktifasi tgl 6 sep 2016, apakah tgl 10 sep 2016 harus bayar iuran kmbali atau tgl 10 bulan berikutnya ? Mohon infonya trims …

  62. Selamat pagi,saya aktif membayar iuran bpjs mandiri tiap bulan,jika salah satu dalam kk belum melunasi bpjs,apakah bisa saya gunakan kartu bpjs untuk berobat,trimakasih

  63. Saya mau tanya biaya pindah dokter awalnya dipurwakarta jawa barat mau pindah ke wilayah subang jawa barat juga cuma beda kabupaten.
    Untuk biaya nya berapa?

  64. agan bln ini sy mau bayar bpjs sy 1atas nama sy..ko sekarang malah harus d bayar anak sama istri sy..sama tunggakanya. apa sekarang peraturannya seperti itu..

  65. sy mau tanya apa sy mau tanya bpjs sy mau bayar bln 8 2016 ini ko ngga bisa memang waktu mendaftar 1kk anak dan istri sy..setelah itu sy tidak membayar bpjs anak dan istri sy..sedangkan punya sy sy bayar tapi kenapa bln agustus ini sy mau bayar ngga bisa harus melunasi runggakan 1kk apa peraturanya seperti itu sekarang..apa ngga bisa kalo bpjs yg punya sy sy bayar..

  66. Saya daftarkan ibu, bapak dan 2 adik saya di BPJS kesehatan Mandiri kelas II. memang kemaren ada tunggakkan 2 bulan punya ibu saya. Tadi pas saya bayar lewat ATM pertama saya bayarkan punya ibu saya muncul nominal 408.000. Terus pas saya mau bayar punya bapak dan kedua adik saya jumlah nominalnya yg harus saya bayar juga 408.000. Maksudnya gimana ya . mohon penjelasannya. Ini id ibu saya 0001720359786 atas nama Wagini
    Teruma kasih

    • @Krisna : Mohon sebutkan tanggal lahir… Jika kami hitung ulang bahwa Rp408.000 untuk pembayaran seluruh tagihan peserta… Anda dan Keluarga terdiri dari 4 Orang Peserta yang mendaftar Kelas 2 dengan tagihan Rp51000, kemudian anda menunggak 2 bulan maka jika di hitung yaitu : 4 Peserta x Rp51.000 x 2 Bulan = Rp408.000

  67. Saya ambil kelas 2, saya mau bayar tp knp tagihan saya itu 200 rb lebih pada hal cuma 1 Bulan nunggaknya, apa memang seperti itu, tolong penjelasannya?

  68. jika tidak membayar bpjs selana lebih dari 1 tahun ..misalkan 18bulan ..apakah harus dibayar 18 bulan juga????

    • @Frisca : Maksudnya bagaimana?? Jika anda menunggak 18 bulan maka harus di bayar 18 juga.. terkadang sistem akan menambahkan 1 bulan didepannya, jadi yang harus dibayar untuk 19 bulan

  69. Saya mau tanya terkait peraturan harus 1KK terdaftar semua…
    Bapak dan ibu saya terdaftar dan ditanggung bpjs perusahaan bapak saya
    Saya dan adik saya bayar sendiri karna umur sudah lebih dari 21thn, apakah itu tidak ada masalah dan saya ttp bayar untuk satu orang saja atau saya bayar 1KK?
    Terimakasih

  70. Knapa pmbayaran bpjs anak di bulan september kna 2 kali spt nunggak. Pdhl bulan kmaren sdh di byr .a/n hanna revalina artanti. No ,8888801863963933.

    • @Heriyanto : Naik 2 kali lipat bagaimana? Anda perlu tahu bahwa ada perubahan skema pembayaran dimana angka yang muncul digunakan untuk membayar semua anggota keluarga anda..

  71. Maaf saya mau bertanya tolong di jawab pak. Saya pernah bekerja di perusahaan dan saya mendapatkan kartu hanya bpjs ketenagakerjaan dan sya tdk mendapatkan kartu bpjs kesehatan. Saya sudah resignt dri prusahaan itu.saya sudah menikah dan sedang hamil . Ketika saya mau mendaftarkan bpjs mandiri keterangannya sdh terdaftarkan. Apakah saya bisa yg hanya memiliki kartu bpjs ketenagakerjaan pindah menjadi bpjs mandiri? Jika bisa syarat apa saja yg harus saya penuhi? Terimakasih

  72. Tgl 3 sepetember ketika ingin membayar cicilan menggunakan atm bni, knp iuran kelas 3 menjadi 110.000 padahal saya tidak pernah telat membayar. Lalu ketika input id ibu saya, knp yg muncul id bapak saya? Mohon penjelasannya. Terima kasih

  73. Daftar bpjs thn 2014, sampai skrg blm bayar iuran perbulan nya tapi blm pernah di pakai untuk berobat ke faskes / RS. bagaimana status keanggotaan bpjs saya & cara mengaktifkan nya kembali ? Terima Kasih

  74. Salam,
    Sebelumnya faskes I saya atas nama dokter yang praktek di klinik dekat rumah saya karena nama kliniknya belum terdaftar di bpjs. Namun saat ini kliniknya sudah terdaftar di BPJS. Apakah saya harus merubah faskes I di kartu BPJS saya? Jika memang iya, apa saja syaratnya?

    Terima kasih & salam.

  75. Permisi . Sya pengguna bpjs mandiri. Tadi saya mau bayar bpjs untuk bulan ini di Indomaret. Tapi Disan tertera Tunggak an saya lebih dari 1 juta. Padahal saya tdk pernh nunggak. Kata petugas Indomaret ada kebijakan per tgl 1 sep 2016 kalo seluruh anggota keluarga sruh bayar iuran. Memang di keluarga yg bayar hanya saya. Bagaimana kalo saya pindah ke bpjs ketenagakerjaan? Apa harus melunasi tunggakan bpjs milik keluarga saya dlu, ato bisa langsung pindah. ? Terimakasih

  76. Permisi . Sya pengguna bpjs mandiri. Tadi saya mau bayar bpjs untuk bulan ini di Indomaret. Tapi Disan tertera Tunggak an saya lebih dari 1 juta. Padahal saya tdk pernh nunggak. Kata petugas Indomaret ada kebijakan per tgl 1 sep 2016 kalo seluruh anggota keluarga sruh bayar iuran. Memang di keluarga yg bayar hanya saya. Bagaimana kalo saya pindah ke bpjs ketenagakerjaan? Apa harus melunasi tunggakan bpjs milik keluarga saya dlu, ato bisa langsung pindah. ? Terimakasih

  77. Maaf, saya mau tanya ,
    Istri saya mempunyai bpjs dr perusahaannya, dan resign sejak feb2016, ketika di cek bpjs istri sudah nonaktif , apakah bisa diaktifkan kembali dan diubah menjadi bpjs mandiri, dan untuk prosesnya lama tidak, karena bpjs akan digunakan segera . trimakasih

  78. Saya baru ikut KK nya saudara saya dan menumpang di rumah mereka di Bekasi. Mereka sudah memiliki asuransi kesehatan dari perusahaan saudara saya tersebut. Saya sendiri sedang sakit berat dan tidak bisa bekerja dan berniat untuk mendapatkan BPJS fakir miskin PBI. Bagaimana syarat dan pendaftarannya? Apakah saya bisa mendaftar sendiri dan terpisah walaupun saya masuk dalam Kartu Keluarga mereka? Tolong, saya sedan bingung dan dalam tekanan kritis kondisi kesehatan untuk mulai berobat dan melanjutkan pemeriksaan. Bantuannya sangat saya hargai.

  79. Saya mau tanya saya bayar bpjs kesehatan kenapa nominalnya utk bayar 2 orang padahal kk hanya nama 1 orang apakah pembayarannya bisa di refund?

  80. Kmarin sya punya jamkesmas tapi kok waktu Kmarin mau buat daftar dirumasakit udah g aktiv, lalu sya Kmarin bikin bpjs kok langsung suruh bnyar, apakah setelah bukti pembayaran itu sya tukarkan kartu bsa langsung dipakai?

  81. Mlm….bpk blng kmren saya hrs k dinsos ,td saya sudah pergi .tak ada tnggapan ma org dinsos.malahan saya d suruh k kelurahan,pd hal saya udah ada surat miskin dri klurahan.jd saya musti gmn dan kmn saya bawa syarat/dokumen saya itu??? Apa yg saya katakan ke org dinsos itu???mhn info nya.trmks….

  82. Mohon tanya. Kenapa pembayaran bpjs saya iurannya beda2? Tg31/8/2016 sy cek iurannya153rb mungkin krna sya menunggak 2 bln.utk kelas 2. Dan hari ini 2/9/2016 sy mau bayar lagi, kenapa tagihannya jadi 490rb? Bagaimana cara meng’klarifikasinya??? Jujur sy tdk mau byr segitu.

  83. Saya peserta BPJS asal Bandung, sy menunggak bayar selama 6 Bulan belum membayar.apakah kepesertaan sy masih aktif? Kalau tidak aktif bagaimana cara mengaktifkan nya lagi?
    Apakah mengangtifkannya bisa di kota lain (Semarang) soalnya sekarang sy tinggal d Semarang?

  84. Bulan kemarin saya bisa bayar bpjs melalui atm.kenapa bulan ini tertera di layar atm.NOMER TIDAK TERDAFTAR/NOMOR SALAH.mohon bantuan nya trims.

  85. Saya mau tanya, kenapa saat saya mau bayar iuran, di atm tertera biaya untuk 2 bulan, sedangkan yang saya masukkan iuran untuk 1 bulan.. Padahal iuran bulan sebelumnya sudah saya bayarkan..

  86. Jadi saya punya 2 ID BPJSK yg berbeda, satu saya daftarkan sendiri (+ Ibu saya) dan satu lagi dari perusahaan. Punya saya yg individu dari mulai daftar sampai sekarang belum pernah saya bayar + pakai, karena sudah ada dari perusahaan, gara-gara sistem pembayaran yg baru saya ingin menonaktifkan yg individu, bagaimana caranya?

  87. Hari ini ketika saya mau bayar iuran BPJS di Indomaret kenapa tertera 2 nama didalam
    1 ID, nama saya dan Ibu saya, seharusnya hanya tertera nama Ibu saya, karena dibulan bulan sebelumnya hanya tertera nama ibu saya?

      • Dear bapak/ibu..
        Mhn informasinya utk sy yg tdk prnh telat byr bpjs. Kemaren sy kaget sekali sewaktu mw byr bpjs ternyata tagihannya skrng hrs byr total 1 KK yg artinya nama sy dan suami. Bgm ini suami sy trnyata sdh lama tdk pernah byr bpjs lagi sejak sekitar +/- 7bln sdgkan sy slalu byr terus rutin dan tdk prnh telat. Sy sdh tdk tw keberadaan suami sy lg sdh tdk pernah dinafkahi. Jd bgm sy bisa byr bpjs lagi spt biasa utk atas nama sy sendiri krn terus terang sy tdk mampu byr bpjs atas nama suami sy yg tertunggak selama ini sebegitu besar jumlahnya. Mohon pncerahannya.

  88. Assalamualaikum
    saya mau tanya, kalo nomor kartu bpjs yang seperti ini 13WKA020530 bahaimana cara mencairkannya. Soalnya saya sudah mengajukan eklaim tapi tidak bisa. Mohon penerangannya terimakasih wasalam

  89. Kalo begitu jika tarif normal rsia tersebut untuk lahiran normal sekitar 8jt..sedangkan bpjs hanya menanggung 600rb..saya harus membayar selisihnya?
    Tetapi saya dirujuk ke rsia tersebut kan karna ada indikasi tertentu dan sesuai prosedur rujuk bpjs yg berlaku…apa tidak dicover 100% biayanya?? Mohon penjelasannya

  90. Jd syarat/dokumen saya td d ajukan k dinsos dulu ya????setelah itu baru k kantor bpjs????atau gmn????mhn infonya.saya udah prgi k bpjs,malahan saya kok d suruh k dinas kshtan????yg bnr yg mana sich???

  91. Saya mw tanya …apakah pembayaran bpjs di indomaret bisa di lakukan sore hari?.trs ktika sudah mlakukan pbayaran .apakah krtu bpjs otomatis langsung di aktipkan??trma kasih.

    • @awang : Untuk bayar iuran melalui indomaret bisa anda tanyakan langsung ke Indomaret, butuh waktu 2×24 jam menunggu status keanggotaan diaktifkan kembali setelah melunasi tagihan

  92. Ass,saya mau pindah status kepersetaan bpjs mandiri ke bpjs pbi,syarat2 /dokumen saya sudah lengkap.kmn harus saya ajukan????mhn informasinya???trmks…

  93. Selamat siang..
    Saya mau menanyakan berapa total biaya yg dicover oleh bpjs untuk kelas 2 di rsia bunda aliyah untuk kelahiran normal? Apakah akan dicover semua termasuk obat2annya? Karena saya dirujuk lahiran normal dsna karna ada indikasi tertentu.ditunggu balasannya.terimakasih

  94. Permisi, mau tanya
    Disini saya mau menanyakan
    Kalau iuran tiap bulan ny bpjs belum di bayar sampai berbulan” dan perkiraan total yang harus dibayar misalkan 1,5 jt an
    Apakah sejumlah nominal itu bisa di ringankan saat pengurusan pelunasan di kantor pusat ?
    Apakah yang harus saya lakukan

    • @awangawang39 : Pembayaran BPJS Kesehatan bisa dilakukan di kantor bpjs, kantor pos, indomaret, alfamart dll dengan menunjukan nomor ID atau Nomor kartu Peserta yang tertera pada kartu bpjs kesehatan yang anda miliki….

  95. Saya baru saja menikah & menjadi keluarga tambahan di KK keluarga suami. Saat ini saya ikut suami di luar kota. Bisakah saya mendaftar bpjs sebagai anggota keluarga tambahan melalui kantor bpjs di kota saya tinggal sekarang dg KTP & KK dr kota asal? Mohon infonya. Terimakasih banyak.

    • @karina : Lebih baik anda mendaftar menggunakan KTP atau KK yang baru saja… Tapi jika memang belum bisa maka bisa menggunakan KTP dan KK yang anda gunakan sekarang sehingg anda bisa segera mendapatkan . menggunakan kartu bpjs untuk berobat.

      • Maksud saya, saat ini saya sudah memiliki ktp baru & masuk menjadi anggota keluarga tambahan di KK keluarga suami di Yogyakarta. Namun sekarang saya tinggal di Jakarta. Bisakah saya mendaftarkan diri kantor BPJS di Jakarta dg ktp & kk Yogyakarta? Terimakasih… 🙂

    • @Toni : Tidak pak… Iuran yang dibayar setiap bulan sebagai bentuk gotong royong untuk membiaya peserta yang sakit. Begitu juga ketika anda sakit maka dana yang digunakan untuk membiayai anda bersumber dari iuran peserta yang sehat.

  96. Pak saya mau nanya dlm kk saya ada 5orang sedangkan yg terdftr di bpjs cm 4orang kenapa saya ndak bs byr bpjs ktnya hrs dimskan yg satu lagi

  97. Pak saya mau tanya,bisa ng ksih tau no kartu bpjs peserta saya pak,saya lupa degan no kartu bpjs saya pak.a/n Supriadi Siregar..mksih

  98. untuk melahirkan normal di RS tanpa menggunakan bpjs apakah nantinya bs berubah menjadi dg bpjs bila harus operasi sc di tengah proses? sementara RS yg bersangkutan memang melayani bpjs

    • @Intan : tidak bisa bu, untuk berobat menggunakan bpjs anda harus mengikuti prosedur, yaitu berobat ke faskes 1 terlebih dahulu sebelu ke rumah sakit untuk membawa surat rujukan bpjs dari faskes 1. Saat berobat anda harus menunjukan kartu bpjs , ktp dan kk.

  99. Maaf saya mau tanya, bpjs sy terakhir bayar 13 juli 2016. Bulan agustus ini belum bayar, dan baru mau bayar hari ini (31 agustus 16) . kenapa tagihannya jd dobel 2x harga premi? Apakah yg bln september sdh terhitung tagihan? Skrg baru tgl 31 agustus. Terimakasih. Mohon jawabannya.

  100. Mau tanya, saya mau daftar bpjs online tp stelah proses pertama nama saya sudah memiliki no bpjs, pas dicek d.pcare ada, ikut peserta PBI..
    Padahal saya belum pernah menerima kartu tsb.. keluarga saya yang lain pun tidak ada yg terdaftar… itu gmn?

    Akhirnya saya daftarin istri dulu karena mau melahirkan… minta pencerahan.

    • @arfy : apakah sebelumnya sudah pernah ikut Askes?
      Jika sudah terdaftar di PBI untuk beralih menjadi peserta mandiri anda dapat menonaktifkan status pbi ke dinsos terlebih dahulu..

  101. Saya peserta BPJS, fakses ke-1 saya ada di kota pangkal pinang BABEL andaikan saya dinas keluar kota katakanlah ke Semarang tiba2 saya membutuhkan perawatan BPJS.

    Apakah BPJS saya ttp berlaku di Semarang….

    • @Ardiansyah : Benar,, anda tetpap bisa menggunakan kartu bpjs untuk mendapatkan jaminan kesehatan… Namun sebelum anda pergi ke faskes anda harus pergi ke kantor bpjs terdekat (semarang) untuk mendpatkan surat rekomendasi untuk berobat di faskes semarang.

  102. Permisi. Tolong infonya..
    Saya mau menambahkan anak saya mnjd anggota bpjs kes. Tp mau ikut tanggungan kakek nya. Apakah bisa? Klo bisa formulir apa yang harus di isi dan apa saja berkas yg dsiapkan? Trmksh

  103. Sy nunggah 4 bln..dan hari ini sudah melakukan pelunasan…kalau mau periksa pake bpjs apakah sudah aktip?..

  104. Saya mau tanya, domisili yg tertera di ktp saya di bandung namun tempat kerja saya di bekasi dan faskes tgkat 1 jg daerah bekasi. Saat ini istri sy berencana untuk melahirkan di bandung. Untuk proses pengurusan bpjs nya apakah bs langsung di rumah sakit dibandung?

    Terima kasih,

    Salam

  105. Apakah luka yang memerlukan jahitan tidak ditanggung bpjs?karena anak saya 8 thn terluka saat main bola dan saya bawa kefaskes 1(dokter keluarga) sampai disana harus dijahit (kurang lebih 5 jahitan) dan kata dokter diluar tanggungan bpjs jadi saya bayar saat nebus obat sebesar Rp.60.000.
    Apa bener begitu?

  106. Malam..! Apakah member BPJS Kelas 1 jika melakukan persalinan normal di Faskes 1 akan ditanggung semua biayanya atau hanya 600rb? Thank you.

  107. Kalau mau mengetahui nomor peserta bpjs itu langsung ke kantor pusat tempat saya bekerja atau ada cara lain?
    Soalnya saya belum menerima kartu bpjs

  108. Bpjs saya tertunggak 14bln,sedangkan maks. tertunggak itu 12bln.
    Apakah saya harus mengurus ulang bpjs seperti pembuatan baru?

  109. Selamat.pagi..saya peserta bpjs.saya mau menayakan.kebetulan istri saya hamil dan persiapan untuk persalinan di.klinik biasa yg ga ditanggung bpjs.bulan ini minggunya umur kehamilan istri saya.kemaren saya melakukan cek up USG terakir.dan hasilnya ……..kata dokter dan bidan bahwa istri saya harus dilakukan operasi cesar karena hasil dari USG.air ketuban udah keruh dan bayi terlilit tali pusar .dan hari ini tgl 25 agustus 2016.harus segera dilakukan operasi.mohon infonya klo saya akan menggunakan fasilitas BPJS agar biaya operasi bisa dicover?dan syarat apa saja yg harus saya siapakan?terima kasih

    • @Dedi : Pagi pak… Utk pendaftaran BPJS Kesehatan membutuhkan waktu 14 hari untuk bisa digunakan jika ingin menggunakan bpjs pada tanggal 25 Agustus berarti anda harus mendaftarkan istri anda pada tanggal 10 Agustus…

  110. Mohon info
    – Saya tidak bisa membayar iuran lewat atm karena ketika akan membayar nomor bpjs saya tidak diketahui
    – Saya cek online nomor bpjs saya ada informasi bahwa kartu saya tidak terdaftar perorangan
    – Saya cek via sms ada balasan bahwa memang benar nomor bpjs saya terdaftar atas nama dan data saya
    – Bagaimana solusinya agar saya bisa memenuhi kewajiban dan bisa memakai hak saya untuk berobat

    Terimakasih

  111. Ijin mau tanya awal sya peserta bpjs perusahaan pd tgl 10 agustus 2016sya resign dan bpjs sya di nonaktifkan lalu pd tgl 22 agustus 2016 sya mengurus migrasinya dari peserta ppu ke mandiri di kantor bpjs lalu sya mendapatkan no virtual acountnya yag katanya besok lagsung bisa di bayarkan keesokan harinya sya membyar namun yg bisa di bayar cuma punya sya saja sedgkan punya istri dan anak sya tidak bisa ada keterangan no VA blum terdaftar katanya kenapa ya…apakah karna istri dan anak sya di pindahkan faskes 1 nya sedangkan sya tetap dengan faskes yg lama….mohon informasinya apakah ada jeda waktu untuk bisa melakukan pembyaran untuk punya istri dan anak saya trims

  112. Mau tanya.isteri saya mau melahirkan ternyata tidak bisa normal dokter mengharuskan di operasi.sementara bpjs iuaran menunggak dan sdh dilunasi tetapi belum cukup 20 hari dia harus dioperasi apakah akan kena denda.dan

  113. Mau tanya saya tingal d tangerang tp mw mendaftar bpjs di kota lampung buat ibu saya bagaimana ya caranya

  114. Saya bikin bpjs tpi dkartu tulisannya KIS trus kata orng puskesmas klo kartu saya itu KIS tpi saya stiap Bulan bayar kartu itu, tpi orng puskesmas blang kis itu gratis ga bayar, saya bngung itu kartu saya bpjs apa kis ya

  115. Saya baru pindah rumah dari jakarta ke tangerang. Bisakah saya mengganti faskes walaupun ktp saya belum diganti.

  116. Slamat pagi saya pengguna baru bpjs. Td saya daftar satu keluarga.saya istri da anak untuk kelas 1 yg 80rb. Saya tanya 80rb untuk bertiga apa per orangan? Saya tanya begitu karna di prin out yang di berikan ke saya cuma ter camtum 80rb. Dan petugasnya menyuruh saya untuk tiga kali melakukn pembayaran sesuai jumlah yang di daftar untuk 1 kartu yang akan saya terima. Tolong infonya apa itu benar dalam proses pembayaran 3 orang harus 3 kali proses pembayaran setiap bulan kalau kwuitansi yang harus di bayar oleh saya cuma tertera 80rb. Terimakasih?

    • @komang : benar sekali pak.. Untuk kelas 1 itu biaya iurannya Rp 80.000/orang/bulan. Jadi kalau anda mendaftarkan anggota keluarga sebaanyak 3 kepala maka iuran yang harus anda bayar adalah Rp240.000 , anda bisa membayarnya Rp80.000 3x seperti yang diterangkan petugas bpjs tersebut pak.

  117. Maaf saya mau tanya, jika saya ingin buat bpjs kesehatan di Tangerang tp KK saya daerah Jakarta bisa ataw tidak ya??

  118. selamat siang
    sya sedang hamil usia 8 bln, mau mendaftar bpjs, tapi ktp masih dlam proses karna sya baru pindah dari garut ke bandung, apa bisa dftar bpjs hanya menggunakan kk sja??
    lalu berapa biaya pendaftaran bpjs??

    • @Nurhayati: KTP merupakan salah satu syarat wajib yang harus dilampirakn pada saat proses pendaftaran BPJS Kesehatan, maka anda harus tunggu sampai KTP anda berhasil di buat… Terima Kasih 🙂

  119. Saya mndaftarkan bpjs orang tua saya sekeluarga melalui online sejak tanggal 7 ags 2016, tapi sampai hari ini kok blom ada kabar baik melalui email maupun sms knapa ya ?

  120. Saya memiliki kartu bpjs ganda, jika saya ingin menghilangkan keanggotaan salah satunya bisa tidak? Jika bisa bagaimana caranya? Atau ada solusi lain? Mohon bantuannya, terima kasih

  121. Selamat malam… mau tanya…. istri saya sedang hamil 2 bulan, trs mau saya bikinkan bpjs kesehatan… apa bisa nanti kartu bpjsnya bisa di gunakan waktu persalinan…

  122. mei 2016 saya habis kontrak dari tempat saya bekerja.saya tidak mendapatkan kartu bpjs kesehatan.kata perusahaan saya tersebut saya boleh mencetak kartu langsung di kantor bpjs kesehatan terdekat dengan membawa ktp paklaring dan kk asli.apa benar bisa prosedurnya seperti itu.karena saya tidak mendapatkan nomor kartu peserta saya juga

  123. Saya mendaftar bpjs di kantor bpjs palmerah, jakarta barat. Saat ini saya berdomisili di Cikarang sehingga saya mendapat faskes 1 di klinik mutiara cikarang. Ternyata sekarang klinik tersebut sudah tidak melayani bpjs lagi. Waktu saya cek di bpjs online faskes saya sudah dipindah ke klinik kenanga jababeka. Saya ingin mengganti kartu bpjs saya. Apa bisa saya mengurusnya di kantor bpjs cikarang?

    • @Budi : Jika anda ingin mengurus pindah faskes maka bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan dengan membawa kartu peserta , KTP dan KK. Pastikan anda telah terdaftar menjadi peserta bpjs selama minimal 3 bulan.

  124. Mhn bantuan penjelasan
    Tadinya sy udh dftr mandiri kls 3..skrg dpt dari kantor kls 2..sy cek ternyata pnya sy msh tanda x dan kls 2 penangguhan peserta..pnya istri dan ank tandanya v ok tp kls tdk muncul..itu bagaimana ya?sy sdh cb ke kntr bpjs cab jkta brt tp katanya hrs ke pusat..mhn bantuannya mksh

  125. Saya ingin mendaftarkan bapak saya sebagai peserta bpjs melalui online, pas saya masukan nomor KK muncul table daftar KK, dan ternyata adik saya sudah terdaftar sedangkan adik saya tidak tahu menahu tentang bpjs ini, dan harus mengisi nomor peserta yang adik saya punya, bagaimana solusinya ? Dan bagaimana cara mengetahui nomor peserta adik saya? Mohon bantuannya terimakasih

  126. saya ingin mendaftar bpjs namun biodata ktp saya gak sama dgn biodata kk, udah lapor ke kntr desa namun lama tanggapannya. msdgkn saya ingin secepatnya terdaftr di bpjs. minta solysinya. trmks

  127. Selamat sore pak, saya sudh lama tidak bayar iuran BPJS. Dan saat ini saya ingin melunasi, dimana saya bisa tau jumlah nominal tagihan saya. No bpjs saya 0001336039953 tmpt tgl lahir jakarta 01-05-1984. Mohon bantuan nya pak. Saya tunggu jwban nya pak.

  128. Buatkan regulasi bpjs agar berlaku dimanapun kt berada tanpa mengurus lagi k bpjs terdekat dan mngambil lagi keterangan domisili, jgn dibuat repot org sakit..

  129. Mohon bantuan penjelasan,

    Tgl 17 agt 16 malam, kaki adik swya tertusuk paku. Kami membawa ybs ke rumah sakit tipe c dan berobat dgn menggunakan fasilitas kartu bpjs kesehatan.

    Pelayanan diberikan, yang jadi permasalahan setelah pelayanan diberikan kartu bpjs kesehatan adik saya ditahan oleh rumah sakit dan diberi waktu 2 hari untuk menyerahan surat pernyataan tertulis diatas materai yang berisikan pernyataan kalau benar adik saya tertusuk paku dan harus diketahui oleh ketua rt dan lurah setempat.

    Kartu bpjs kesehatan akan dikembalikan jika surat pernyataan telah diserahkan.

    Penjelasan dari pihak rumah sakit, hal ini adalah peraturan baru dari bpjs kesehatan.

    Sangat membingungkan dan aneh peraturan ini, sampai sampai perangkat rt dan lurah pun harus memgurusi hal yang dialami oleh adik saya tersebut.

    Apakah benar prosedur pelayanan bpjs kesehatan untuk gawat darurat seperti diatas?

    Terima kasih.

  130. Maaf mba/mas sya mau tanya .. apakah yg d mksud nmer validasi itu ? Dan apakah bisa di cek nmer trsbut ? krna sya mau dftarkan on bpjs tpi istri sya tidak ada dan ktnya sudah trdftar, tpi sblumnya istri sya blum prnah mndftar sama skali .dan alhasil sya blum bisa dftar smpe skrg krna memerlukan nmer validasi trsebut . Mohon pencerahannya mba/mas …

  131. Selamat malam, saya mau tanya.. Kbetulan saya sudah terdaftar BPJS dikntor istri saya, tetapi dikantor saya bekerja saya diwajibkan ikut program BPJS,apakah saya hrz dftr lagi?

  132. Maaf mau tnya bgaimna cra mngurus krtu jamsostek yg tlah hlang?smntra sya sdh brhti krj..ap kh msi bsa d’urus dn dpt gntix untk mncairkn JHT ???

  133. Semangat sore. Pertanyaan saya, bagaimana cara registrasi bpjs online untuk Pekerja Penerima Upah (PPU) bagi karyawan yang belom di daftarkan oleh perusahaan. Karena pada form registrasi online hanya ada pilihan *Pekerja Bukan Penerima Upah & *Bukan Pekerja. #thx

  134. Maaf mas/mba mau tnya klw krtu ketenaga kerjaan hlg (jamsostek) dan kt sdh mngundurkn diri dri prushaan trsbut,bgaimna mncairkn dana bpjsx?ap kh bsa tnpa krtu jamsostek.

  135. Nama Sy Romito Pohan, sebelumnya saya terdaftar sbg peserta BPJS mengikuti istri di tempat perusahaannya bekerja, bagaimana utk proses migrasi agar saya terdaftar sbg peserta BPJS di tempat perusahaan sy bekerja?

  136. Salam.
    Beberapa bulan yg lalu saya (bpjs jakarta), pindah bpjs ke luar kota (bandung) krn melahirkan. Apakah setibanya di kota jakarta, saya harus mengaktifkan kembali bpjs saya? Atau secara otomatis aktif kembali setelah 3 bulan masa aktif di bandung?
    Terimakasih.

  137. Pak mo tanya ni di dalam kluarga adalah anggota bpjs tp kepala kk meninggal dan telat melapor sedang kwitansi terakhir hilang gmna pa tetap di lunasi pa d hanguskan tunggakan setelah hari pas meninggal

  138. Pak saya mau tanya saya habis resign dari tempat kerja saya per bulan 4juli kemarin pembuatan kartu bpjs pun ditanggung perusahaan sebelumnya..
    nah ini berhubung saya sudah resign
    bagaimana mengenai iuran tagihan bpjs saya.. saya sampai hari ini belum membayar iurannya apakah saya mendapat denda?
    Terimakasih

  139. Bulan merubah kepesertaan Dari bpjs perusahaan ke bpjs Mandiri,karena Isis anak lebih Dari 21 tahun apakah bisa dilakukan di Kantor bpjs beda cabang?

  140. Sy mau nanya gimana cara sy pindah dari bpjs yg bayar ke yg tidak bayar ? Sedangkan sudah 1 thn lebih sy belom bayar.

  141. Saya bekerja di suatu perusahaan dan didaftarkan bpjs sama perusahaan, tiap bulan gaji saya otomatis di potong, tapi sampai sekarang saya belum megang kartunya dan sama sekali tidak tahu no id nya,
    Apakah bisa tahu no id nya tanpa minta ke perusahaan?

  142. Assalamu’alaikum..jika pindah faskes antar kabupaten bisa atau tidak? Seumpama saya punya bpjs di kabupaten A dg Faskes pertama di Puskesmas,dan biasanya klo di rujuk selalu ke RSUD di kabupaten A tersebut. Jika saya ingin pindah faskes ke RS swasta di kabupaten B caranya bagaimana? Terima kasih

  143. Ijin tanya, kalau sudah mendaftar bpjs dan pembayaran pertama itu tgl 29 agustus sekalian cetak kartu itu bisa langsung digunakan untuk rujukan tindakan operasi? Dan terkait denda soal rawat inap pra dan pasca operasi itu bagaimana karena belum 45 hari aktif. Dibayar pasien apa sebagian ditanggung bpjs? Terimakasih

  144. Istri saya dirujuk ke faskes 2 RS RESTI MULYA dokter kandungan. Apakah USG dicover oleh bpjs atau tidak?
    Dan obat NORELUT juga tidak dicover oleh bpjs?.
    jadi kami hrs membayar biaya USG dan OBAT.
    mohon penjelasannya.
    terimakasih.

  145. Kalau seumpama saya sendiri yg daftarkan orang tua sama adik saya ke kantor bpjs tanpa mengajak mereka bisa pak. ?
    Berkas apa saja yg harus saya siapkan,, trus orang tua saya nggak punya npwp karna kan orang tua cuma pedagang, sedangkan saya punya itu gimana prosedurnya. ?
    Trimakasih. .

  146. dalam satu kk saya ada 6 anggota keluarga dan sudah saya daftarkan bpjs. dan bpjs kami sudah 6 bln menunggak, apakah bisa saya bayar atau lunasi satu anggota keluarga dulu?

  147. selamat pagi.. saya mau tanya.. saya ingin buka bpjs tapi anggota keluarga saya yang lain tidak.. bisa tidak?

  148. Saya mau mendaftarkan bpjs untuk keluarga sy.. Tapi sy tak mampu membayar iuran.. Bisakah sy mohon yg PBI.. dan apa saja persyaratannya..

  149. kalau sy aktifkan tgl 16 agustus 2016 kapan kartu sy bisa dipakai? apa bisa langsung rawat inap untuk anak sy.?

  150. Maaf, saya mau bertanya
    kakak saya mau melahirkan bulan oktober 2016
    kalau kartu bpjs nya baru jadi 2 minggu lagi, apakan besok bulan oktober 2016 sudah bisa digunakan?

    • @Ardea : Bisa pak… Pendaftaran BPJS Kesehatan akan aktif dan bisa digunakan setelah 14 hari dan melakukan pembayaran iuran berdasarkan kelas yang dipilih. Bila perlu anak yang ada di dalam kandungan juga di daftarkan untuk memproteksi resiko yang terjadi.

  151. setelah di lakukan diagnosa beberapa kali dan Doketer sudah memutuskan utk dilakukan tindakan Oprasi Kanker Rahim,kenapa pihak Rumah Sakit menjadwalkan Oprasi antri sampai Satu Tahun dgn BPJS,..

  152. Saya mau tanya kalau saya telat bayar 2 Bulan terus saya bayar tagihan hari ini, bisa ga kartu bpjs nya di pakai langsung besok?

    • @Evanda : Setelah kartu Aktif maka bisa langsung digunakan, namun tidak disarankan untuk menggunakan bpjs saat rawat inap sebelum 45 hari sejak diaktifkan. Karena akan dikenakan denda rawat inap maksimal 30 juta.

  153. Salam sehat selalu.sy Ingin bertanya.di kartu e-id sy ada keterangan faskes tingkat 1.apakah faskes tingkat 1 bs berobat langsung ke klinik tanpa harus ke puskesmas.kan kita bayar perbulan.masa tetap di puskesma.mohon penjelasanya.sebab banyak klinik di wilayah sy tinggal.tp kata customer care bpjs harus di puskesmas.terima kasih

    • @Lutfi : benar sekali, anda harus berobat ke faskes 1 setidaknya sesuai yang tertera pada kartu peserta. Jika memang ingin melakukan perubahan maka bisa datang ke kantor bpjs. Pastikan anda telah terdaftar selama 3 bulan aktif

  154. Nama saya azwari tinggal di Grand Wisata blk cd10/22 citrus garden bekasi timur,

    Saya mau tanya berapa total kewajiban yg harus saya bayar karena saya hampir 1 tahun blm bayar iuran BPJS mhn info dan penjelasannya dan cara aktifnya bagaimana.

    Wasalam

      • Sy mau tanya saya nunggaksatu tahun terus udah dilunasi kok mau bayar bulan selanjutnya malah tunggakannya makin banyak sampe 750 trims

        • @Yulia : Untuk lebih jelasnya anda bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan, ajukan komplain disana jika memang anda merasa ada yang hal tidak beres… Atau anda bisa sebutkan nomor peserta dan tanggal lahir anda, akan kami bantu cek?!

      • nama : catur herawati
        ttl : jakarta, 10 okt 1972
        no : 0001439613639

        apa bpjs tsb masih aktif, klo udah ga aktif utk mengaktifkan lagi gmana caranya?

        kmren sy coba cek pembayaran via atm Bank BRI, tunggakan yg musti dibayar sebesar 800rb-an…

        mohon penjelasannya

      • MAU NANYA, BPJS KESEHATAN SAYA DARI PERUSAHAAN DAN SAYA MAU PINDAH KE BPJS MANDIRI…APAKAH IURAN YG DULU, KALAU DARI PERUSAHAAN NUNGGAK PEMBAYARANNYA..APAKAH SAYA HARUS MELUNASINYA DULU..ATAU BAGAIMANA

        • @Faiq : Tentu saja anda dan perusahaan harus melunasi tunggakan iuran sesaui dengan ketentuan.. Selanjutnya anda baru bisa daftar menjadi peserta mandiri sebagaimana peserta mandiri…

          • Salah hormat dari saya.
            Mhon info/penjelasan jk pindah kerja dari (bdan usaha yg telah bkerjasama dg bpjs) ke bdan usaha yg tdk bkerja sama dg bpjs??
            Dan sebaiknya bagaimana agar status keanggotaan bpjs tetap berlanjut??
            Trims sbelumnya, dan jawaban sangat dinantikan

  155. Permisi mau tanya,, saya mau daftarkan ayah ibu sama adik saya di bpjs, sedangkan saya sdh terdaftar melalui perusahaan, apakah boleh mendaftarkan 3 anggota saja kecuali saya karna saya sdh tardaftar, trus apakah bisa daftar di kota lain karna kk keluarga saya msh surabaya sedangkan keluarga saya sdh pindah luar kota,. Mohon penjelasannya.
    Terimakasih

      • 1. Dapatkah menggunakan rekening bank org lain untuk kelas 1 dan 2. Dan utk kelas 3 bisa ga pake rekening bank?
        2. Berapa hari dapat virtual acount lewat sms sejak daftar di kantor bpjs ?

        Terimakasih, ditunggu jawabannnya

  156. Saya mau tanya..cara untuk menurunkan iuran bpjs dari kelas 1 ke kelas 2 bagaimana caranya, karena skrg adik saya sdh tidak bekerja lagi…utk iuran kelas 1 memberatkan bagi dia…

    • @Mery : yang anda lakukan yaitu melakukan pindah kelas bpjs, untuk cara pindahnya silahkan baca panduannya situs kami… Silahkan cari menggunakan kata kunci “Pindah Kelas”

  157. adik saya terlambat byr iuran 1 bln, bulan ke dua iuran di byrkan, tpi mau minta rujukan tdk bisa terkendala peraturan yg baru, kalo untuk rawat jalan apakah di kenakan biaya penuh ato cuma denda

  158. Pak, mau tanya klo setiap anggota bpjs dalam 1 kk tp setiap anggota kelasnya berbeda beda apa bisa?

  159. Pbjs di rumah sakit untuk pelayanan kamar kelas 1 cuma ada 2 kamar dan 1 kamar untuk 2 pasien, apabila kamar penuh maka pasien di tempatkan di bangsal, kenapa kamar sangat terbatas tidak seperti oasien yg tidak menggunakan kartu bpjs

    • Mohon maaf untuk mengetahui Kartu bpjs kesehatan yang asli atau palsu gimana caranya soalnya keluarga saya belum di cek kartu peserta bpjsnya

  160. Saya bulan juli 2016 belum bayar iuran, kemudian baru bayar tgl 8 agustus 2016 sebesar 2X lipat, ( tagihan bulan juli+agustus). Tapi setelah saya cek melalui aplikasi bpjs, akun saya masih diblokir. Kenapa? Padahal saya sudah bayar tunggakan?

    • Saya bulan juli 2016 belum bayar iuran, kemudian baru bayar tgl 11 agustus 2016 sebesar 76.500/org sy bersama istri. Tapi setelah saya cek melalui aplikasi bpjs, akun saya masih diblokir dan sy cek di faskes 1 tdk aktif. Kenapa? Padahal saya sudah bayarkan… no bpjs sy, 0001672782085, ttl 15-07-1983.. mohon dibantu, tks

    • Selamat pagi..
      Saya mau tanya mengenai sanksi 45 hari rawat inap karna pernah terlambat bayar. Peraturan baru Peserta di kenakan denda 2,5% dari fasilitas rawat inapnya. Kalau rawat jalan bagaimana.? Sedangkan peserta harus HD 2 x 1 minggu.. Kalau di kenakan denda kemana pembayaran nya dan apa syarat nya..

    • Bpjs sy dn suami kelas 3, biasa byar 25500 perorang. Tp kenapa bulan ni jd 51000 perorang. Jd sya byar 1 sj. Apa kelas 3 naik jd 51000

      • @karmila : Tidak mbak… itu untuk 2 orang… Jadi jika anda dan suami terdaftar kelas 3 dengan tagihan iuran Rp25.500 dan menunggak 1 bulan… maka hitungannnya 2×25500 = Rp51.000

        • Min, mohon bantuan dong, saya baru aja daftar onlinr bpjs, nah saya lupa pilih kelas 2 , malah kelas 1_ cz tombol kelas nya ga kluar, bisa kasih solusi nya ga, tanpa harus kekantor cabang,

          • Ma’af mau tanya…. untuk pembayaran bpjs sekarang gimana…?
            Kan di keluarga saya ada 5 orang dg kelas 3
            Tadi mau bayar ko per orangnya jadi 127.500

            Mohon penjelasannya

        • saya dan istri mengikuti bpjs kelas 2, dengan iuran Rp.51.000 / bln.
          untuk pembayaran bulan agustus blm di bayar kan, disaat saya Chek tagihan bulan September jadi Rp 308500/ kepala.. kenapa bisa begitu? bukan kah seharusnya kami hanya membayar 102000? bisa tolong di jelaskan?

          • @Randy : Bisa sebutkan ada berapa anggota keluarga dalam 1 KK yang terdaftar di bpjs? terdaftar di kelas berapa? ada berapa bulan yang menunggak? Karena ada perubahan skema pembayaran iuran, dimana angka yang muncul merupakan total dari seluruh anggota keluarga.. Jadi angka Rp308500 itu untuk melunasi seluruh anggota, bukan hanya 1 orang saja.

        • Saya bulan ini belum melakukan pembayaran
          Apabila saya bayar tanggal 12 bulan ini juga apa kartu saya tetap akan dinonaktifkan sementara
          Mohon informasinya

      • Maaf saya mau tanya, suami saya mau daftar bpjs… Di dalam kk ada 5 anggota, yakni suami, istri, dan 3 anak kandung, kalau suami saya ambil kelas 2 misalnya, berapa iuran perbulannya, atau seluruh keluarga harus iuran masing2, dan apa saja persyaratan lengkapnya….mohon jawabannya, terima kasih

    • Selamat siang, sy mau bertanya..

      Sy dan suami baru buat bpjs kesehatan individu dan td sy coba membayar di atm bank mandiri namun masih memasukkan dua nomer virtual account. Krn otomatis ketika masukkan satu nomer virtual account kluar tagihan sebesar 80.000 bukan 160.000..

      Trima kasih

    • Sy bpjs kelas 1 dalam keluarga saya ada 3orang tiap bulan dipotong bpjs sebesar 240 ribu yg sy mau tanyakan sampai skrg sy belum pernah berobat ke RS jadi sy mau tanya apa kabar uang sy yg tiap bulan dipotong slma sdh hampir 4th

    • Bagaimana cara menguruskan BPJS kesehatan,perusahan lama ke perusahaan baru,tolong infokan segera
      Dan soalnya saya sudah mendaftarkan kedua orang tua saya lalu bagaimanakah caranya menyelsaikannya dari perusahaan lama ke perusahaan baru

    • Maaf mba / mas saya peserta bpjs kesehatan mandiri kelas 1 selama ini dari bulan April 2015 sampai bulan Agustus 2016 pembayaran iuran tidak pernah nunggak dan tidak ada masalah tagihannya sesuai kelas. Pas mau bayar bulan September 2016 kenapa tagihan bpjs kesehatan saya dan anak saya jadi naik Rp. 240.000/ orang. Ada yang salah? Kenapa tagihan jadi Rp 240.000? Tolong jelaskan ?

        • Saya dan keluarga menunggak tidak tahu 2 bulan atau 3bulan.
          Mohon di cek.
          Nomer peserta: 0001822465449
          Nomer peserta: 0001822465405
          Nomer peserta: 0001822465517
          Nomer peserta: 0001822465473
          Cara mengetahui aktif dan tidak bagaimana?
          Trimakasih

        • Saya mau nanya, saya pernah didaftr BPJS kesehatan oleh kantor saya dan memilih kelas 1 pemeriksaanx dan tiap bulan gaji sya dipotong oleh kantor untuk pembayran iuran BPJS tiap bulan. Tapi sekitr 3 minggu lalu saya telah resign dan sekarang saya ingin mengubah kelas pengobatan ke kelas 3 yang iurannya lebih rendah berhubung saya belum ada pekerjaan sampai saat ini. Apakah sya bisa mengubah kelas tersebut? Dan bagaimana carax? Terima kasih

      • Iuran BPJS kesehatan keluarga saya tidak pernah telat kenapa waktu mau bayar iuran BPJS kesehatan keluarga saya di bulan September 2016 menjadi bengkak yaitu sebesar Rp. 102.000-‘ mohon penjelasannya

    • Izin bertanya, apakah jht itu untuk tenaga kerja saja, perusahaan saya belum ada bpjs, jika saya daftar sendiri, apakah ada jht-nya?

Comments are closed.