Istirahat yang cukup agar terhindar dari Persalinan Caesar

Cukup banyak dijumpai Peserta BPJS Kesehatan yang melahirkan dengan cara persalinan caesar, persalinan dengan caesar akan mendapatkan jaminan dari BPJS. Walaupun begitu, tentu semua ibu hamil menginginkan proses melahirkan dengan cara yang normal. 

Kebanyakan Ibu hamil mengalami kesulitkan untuk tidur, salah satu penyebabnya yaitu rasa mual dan muntah pada usia trimester pertama, merasakan sesak napas akibat semakin besarnya perut pada usia trimester ketiga, walau itu masih tergolong normal. Namun jangan sampai hal itu terjadi terus menerus yang dapat menganggu waktu istirahat anda.

Jika seorang ibu hamil kurang tidur maka akan mendaftangkan resiko mengalami preeklampsia, suatu kondisi dimana tekanan darah meningkat selama menjalani kehamilan, dan bisa menyebabkan bayi terlahir belum waktunya (prematur) bahkan mengharuskan operasi caesar. Waktu tidur Ibu Hamil setidaknya lebih dari 7, jika dibawah itu kehamilan mempunyai tekanan darah dengan batas atas yang lebih tinggi.

Istirahat yang cukup saat hamil

Istirahat yang cukup saat hamil

Resiko kekurangan tidur akan membuat anda mengalami peekslampsia anda meningkat lebih tinggi. Kebutuhan istirahat bagi ibu yang sedang hamil sangatlah penting, namun hal ini sangat sulit sekali untuk dilakukan. Padahal istirahat memiliki fungsi untuk kesehatan anda dan janin :

  • Meregenerasi sel-sel di dalam tubuh yang telah rusak menjadi kembali baru.
  • Membuat lancar kembali prosuksi hormon yang baik bagi pertumbuhan tubuh.
  • Istirahatkan kondisi tubuh anda yang telah lelah setelah beraktifitas seharian.
  • Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dari berbagai serangan penyakit
  • Mampu menambah konsentrasi serta kemampuan fisik.

Saat sedang hamil, tubuh sangat membutuhkan tenaga yang banyak, jika anda sudah merasa lelah jangan terlalu memaksakan suatu kegiatan, lebih baik anda beristirahat dengan cara berbaring dengan rileks, atau bisa juga hanya sekedar duduk santai agar aliran darah dalam tubuh berjalan lancar, tambahkan bantal dipunggung agar lebih nyaman, usahakan kaki tidak menggantung.

Tidur malam anda butuhkan selama hamil selama 7 jam hingga 9 jam untuk mengistirahatkan tubuh anda yang telah melakukan aktivitas selama seharian penuh. Selain itu tidur yang cukup pada malam hari akan membuat kondisi tubuh anda menjadi lebih segar ketika bangun di pagi hari. Pada prinsipnya jika kebutuhan tidur malamnya terpenuhi, maka esok harinya akan terasa sangat segar juga siap menjalani rutinitas setiap harinya.

Selain itu tidur juga sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil, atau anda dapat melakukan istirahat beberapa kali pada siang hari karena cuaca yang panas sehingga tubuh akan terasa baik jika banyak beristirahat. Perubahan pada tubuh di akhir kehamilan dapat menyebabkan anda kesulitan untuk tidur. Pada saat anda tidak bisa pergi tidur atau merasa sangat gelisah pada saat berada di atas tempat tidur anda dapat mencoba beberapa cara yang praktis ini :

  1. Jika perlu mandilah menggunakan air hangat ketika akan pergi tidur. Hal ini dapat membantu merilekskan otot pada tubuh anda.
  2. Cobalah untuk meminun susu atau minuman hangat lainnya.
  3. Ada baiknya anda tidak berbaring terlentang. Anda dapat tidur dengan menghadap ke samping kiri ataupun kanan atau posisi yang di rasa oleh anda cukup nyaman.
  4. Jika anda mengalami kesulitan untuk segera tidur, sebaiknya anda pergi ke kamar anda lebih awal. Sebelumnya anda dapat melakukan kegiatan lainnya seperti membaca buku atau melakukan kegiatan yang dapat membuat tubuh anda menjadi releks.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply