10 Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil

Bahaya Asap Rokok bagi Ibu HamilMejadi seorang perokok aktif memiliki resiko yang mengerikan hingga berujung pada kematian, begitu juga bagi perokok aktif juga terkena dampak bahaya yang ditimbul dari sebab asap rokok tersebut.  

Ketika anda berada didekat orang yang sedang merokok secara tidak langsung anda akan menghirup asap rokok yang mengandung banyak zat beracun melalui saluran pernapasan.

Apalagi jika anda seorang wanita yang sedang mengandung (hamil), kondisi ibu hamil yang kena asap rokok dari lingkungan sekitar akan menimbulkan resiko yang berpengaruh terhadap kesehatan kandungan dan janin dikandungnya, sebab asap rokok yang masuk kedalam tubuh mengandung senyawa kimia yang beracun.

American Association for Cancer Research merupakan sebuah studi penelitian di Washington mengungkapkan bahwa senyawa kimia yang ada pada asap rokok dapat merusak genetik jika masuk kedalam tubuh, dan nantinya berdampak pada penyakit leukimia atau kanker.

Ada 3 karsinogen (senyawa pemicu kanker) dari tembakau yang bisa masuk ke dalam tubuh ibu dan bayinya yaitu benzo(a)pyrene, 4-aminobiphenil dan akrilonitril. Selain kanker, juga terdapat 10 bahaya lain seperti yang diansir dari CDC.gov dan Telegraph

10 Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil

1. Asap rokok bisa menyebabkan kematian dini (premature death) pada bayi yang sedang dikandung dan menimbulkan penyakit ketika bayi tersebut lahir.

2. Berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) karena racun dalam rokok bisa menghambat aliran darah yang merupakan sumber nutrisi bagi bayi.

3. Asap rokok bisa meningkatkan risiko bayi meninggal akibat mengalami SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) dibandingkan dengan bayi yang tidak terpapar asap rokok

4. risiko bayi terkena bronkitis, pneumonia, infeksi telinga dan memperlambat pertumbuhan paru-paru.

5. Asap rokok selama hamil bisa menyebabkan perubahan dalam struktur DNA bayi yang nantinya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

6. Mengganggu pertumbuhan otak janin selama di dalam kandungan, serta berisiko mengalami keterbelakangan mental.

7. Sering terpapar asap rokok bisa membuat bayi lahir prematur yang umumnya memiliki perkembangan organ tubuh yang belum sempurna.

8. Meningkatkan risiko bayi yang dikandung memiliki asma.

9. Meningkatkan risiko bayi lahir cacat seperti bibir sumbing akibat adanya kelainan pada sperma sang ayah yang perokok.

10. Pengaruh asap rokok bisa menyebabkan bayi mengalami penyakit jantung bawaan hingga keguguran.

Untuk mencegah hal tersebut diperlukan kerjasama dari berbagai pihak baik keluarga, teman-teman kerja dan orang-orang disekitar ibu hamil untuk tidak merokok. Serta membuat peraturan yang lebih jelas mengenai tempat-tempat mana saja yang boleh dan tidak boleh merokok.

Baca Juga : Bahaya Asap Rokok bagi Perokok Pasif

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply