Menunggak Iuran, Ini Cara Mengaktifkan Kembali Kartu BPJS Kesehatan Anda

Pembayaran Tunggakan Iuran BPJS Lewat Indomaret

Pembayaran Tunggakan Iuran BPJS Lewat Indomaret via aritunsa.com

BPJS Kesehatan mewajibkan kepada semua penduduk untuk mendaftar bpjs dengan membayar iuran peserta sesuai dengan kelas yang dipilih, pembayaran iuran dilakukan paling lambat setiap tanggal 10 setiap bulannya. 

Apabila peserta tidak membayar iuran (menunggak) maka akan mendapatkan tagihan iuran yang belum dibayar dan status keanggotaan akan dinonaktifkan. Jika status nonaktif maka anda tidak bisa berobat menggunakan BPJS Kesehatan sebelum diaktifkan kembali.

Untuk mendapakan atau mengaktifkan Kartu BPJS Kesehatan, peserta tidak perlu melakukan pendaftaran ulang, karena setiap 1 orang memiliki nomor identitas tunggal (satu) seumur hidup, maka tidak perlu lagi membuat kartu lagi. Tapi anda cukup membayar tagihan iuran yang belum dibayar saja.

Setelah peserta menyelesaikan tunggakannya dengan melakukan pembayaran melalui ATM Bank, Indomaret, Kantor Pos, Alfamart, atau ke Kantor BPJS dengan lunas sampai dengan bulan berjalan, maka kartu BPJS anda akan langsung aktif kembali dan dapat dipergunakan lagi.

Apabila kartu tidak langsung aktif dapat melapor ke kantor BPJS Kesehatan, dengan menunjukkan bukti bayar lunas untuk dilakukan proses pengaktifan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. Mau pakai kartu bpjs tapi kata petugas ga bisa di pakai, tanya ke bpjs alasannya krn sekarang sistem kk dan dikeluarga ada 2 yg uda ga bayar lg, maklum kami dirumah yg kerja hanya saya jd saya aja yg rutin bayar, tp klo uda rutin ga bisa di pakai krn keluarga yg lain blom byar gmana ini maksudnya…gagalfaham nich…

Leave a Reply