Ini Tujuan dan Alasan Iuran BPJS Kesehatan dinaikan

Iuran BPJS Kesehatan 2016

Iuran BPJS Kesehatan 2016

Telah diinformasikan kepada public melalui berbagai jenis media dan surat kabar, mengenai kenaikan iuran peserta BPJS. Diharapkan semua peserta telah mendengar dan mengetahui informasi kenaikan iuran ini. Iuran BPJS secara resmi telah dinaikan pada 1 April 2016.

Hal itu telah tertulis dan diputuskan dalam Peraturan Presiden No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan. Adapun Penyesuaian tarif Iuran BPJS kesehatan bagi para peserta BPJS Mandiri yaitu :

  1. Kelas 1 dari Rp 59.500 menjadi Rp 80.000
  2. Kelas 2 dari Rp 42.500 menjadi Rp 51.000, dan
  3. Iuran untuk peserta kelas 3 tetap Rp 25.500.

Apa tujuan dan alasan dinaikannya Iuran BPJS Kesehatan ? Tentu sebagai peserta bertanya seperti itu. Adapun jawaban yang telah dipublish oleh BPJS Kesehatan melalui Tanya Jawab BPJS Kesehatan adalah :

“Penyesuain iuran ini dilakukan demi tercapainya ketersediaan, kelancaran, dan keberlanjutan program Jaminan Kesehatan Nasional. Semuanya dilakukan dalam upaya penyempurnaan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional dan peningkatan pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional.”

Jika ternyata peserta merasa tidak mampu untuk membayar iuran BPJS kesehatan setiap bulannya, maka peserta dapat beralih kepesertaan menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang mana iurannya dibayarkan oleh pemerintah dan akan ditempatkan pada posisi Kelas 3 (PBI).

Sedangkan untuk perpindahan dari Peserta Mandiri menjadi peserta PBI, peserta harus melunasi dahulu tagihannya yang belum terbayarkan dan meminta surat pengantar dari BPJS Kesehatan cabang setempat yang menyatakan bahwa peserta sudah tidak memiliki hutang iuran dan kemudian selanjutnya mendaftar ke Unit Pelayanan Jamkesda atau Dinas Sosial setempat.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply