Mengenal Gejala dan Penyebab Penyakit Usus Buntu

Gejala Usus Buntu

Pada tubuh manusia terdapat sebuah organ yang berbentuk tabung kecil dengan ukuran 5-10 cm, organ ini terhubung dengan usus besar (tempat terbentuknya tinja). Pengangkatan usus buntu tidak mempengaruhi kesehatan, akan tetapi ketika terjadi pembengkakan dan peradangan maka usus buntu dapat menebabkan komplikasi yang sangat serius. (dok: alodokter.com).

Usus buntu paling banyak di alami oleh anak – anak muda dengan rentan umur mulai 15 – 21 tahun, tapi walau demikian tidak menutup kemunginan juga akan dialami orang dewasa dan orang tua, karena memang penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja, maka anda perlu menjaga kesehatan

Maka dari itu kita perlu mengenali gejala apa yang dirasakan ketika penyakit usus buntu menyerang, dan juga perlu mengetahui penyebab penyakit usus buntu tersebut, sehingga kita dapat lebih waspada dalam menjaga kesehatan agar tidak terserang penyakit membahayakan ini, apabila mengalami keluhan pada perut maka periksakan diri ke dokter.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Biasanya penyakit usus buntu ditandai dengan indikasi sakit pada perubat bagian tengah, mula – mula sakit datang dan pergi, yang kemudian rasa sakit akan pindah ke perut bagian bawah (letak usus buntu) dan akan terasa semakin sakit dari biasanya terutama ketika sedang berjalan dan batuk, karena terjadi penekanan pada area tersebut.

Baca Juga : Operasi Usus Buntu ditanggung BPJS

Beberapa gejala lain yang dapat menyertai sakit perut tersebut antara lain:

  • Demam.
  • Mual dan muntah.
  • Kram perut.
  • Tidak bisa buang gas.
  • Konstipasi atau diare.
  • Pembengkakan pada perut.
  • Sakit saat buang air kecil.
  • Kehilangan nafsu makan.

Banyak yang menyangka bahwa ketika mengalami gangguan penyakit usus buntu itu merupakan penyakit lain seperti, konstipasi biasa, infeksi saluran kemih, iritasi usus, atau keracunan makanan.  Bagi wanita penyakit ini dikira penyakit yang berhubungan dengan kandungan seperti nyeri menstruasi atau kehamilan ektopik. Maka dari itu konsultasikan ke dokter jika mengalmi keluhan diatas, terutama ketika sakit perut yang secara perlahan semakin parah.

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Penyebab utama penyakit usus buntu belum di ketahui secara pasti, tapi sebagian besar pihak medis menduga bahwa munculnya penyakit ini disebabkan terjadi penyumbatan pintu masuk menuju usus buntu oleh beberapa faktor seperti tinja, kelenjar getah bening yang bengkak dalam dinding usus dll. Penyumbatan tersebut akan menyebabkan terjadinya inflamasi dan pembengkakan. Tekanan akibat pembengkakan akan memicu pecahnya usus buntu.

Pemeriksaan yang akan dijalankan untuk mendeteksi penyakit usus buntu adalah dengan memeriksakan kondisi sakit perut, yaitu akan diperiksa sekitar usus buntu (perut kanan bagian bawah), selanjutnya akan di lakukan tes darah untuk memeriksa jumlah sel darah putih yang mengindikasikan adanya infeksi, tes urin, melakukan CT Scan dan USG hingga pemeriksaan organ intim bagi wanita.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply