Informasi Biaya Persalinan Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Biaya Persalinan Normal BPJS Kesehatan

Biaya Persalinan Normal BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan memfasilitasi kepada Ibu Hamil yang hendak melahirkan, dengan persalinan yang ditanggung BPJS Kesehatan. Peserta dapat melahirkan normal di Faskes 1 yang telah memiliki fasilitas bersalin, sedangkan bagi peserta yang mengalami masalah pada proses persalinan seperti operasi caesar maka bisa dirujuk ke Rumah Sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS.

Biaya persalinan normal yang ditanggung BPJS Kesehatan sebesar Rp 600.000, dan peserta tidak boleh dikenakan biaya tambahan, jika ternyata ada peserta BPJS Kesehatan yang dikenakan biaya tambahan maka jangan diberikan, anda dapat melaporkan ke Kantor BPJS Kesehatan, agar faskes tersebut akan segera dimintai pertanggung jawaban.

Adapun tarif standar JKN terhadap proses persalinan yang ditanggung BPJS Kesehatan yang dilakukan di faskes 1 (puskesmas atau klink) sesuai dengan PMK 59/2014 adalah sebagai berikut : 

1. Pemeriksaan ANC sesuai standar diberikan dalam bentuk paket paling sedikit 4 (empat) kali pemeriksaan, sebesar Rp200.000,00 (dua ratus ribu rupiah);

2. Persalinan Normal Rp 600.000

3. Pemeriksaan PNC Rp 25.000

4. Pelayanan tindakan pasca persalinan di Puskesmas PONED, sebesar Rp175.000

5. Pelayanan pra Rujukan pada kompikasi kebidanan dan neonatal Rp 125 Ribu

6. Persalinan pervaginam dengan tindakan emergensi dasar sebesar di Puskesmas PONED Rp750.000

7. Pelayanan KB Pemasangan Untuk IUD Rp100ribu dan Suntik Rp 15000

8. Penanganan Komplikasi KB pasca Melahirkan Rp 125 Ribu

9. Pelayanan KB MOP/vasektomi sebesar Rp350.000

Persalinan Operasi Caesar di BPJS Kesehatan

Adapun jika ternyata peserta mengalami ganguan kelainan pada proses persalinannya, dan mengharuskan operasi caesar maka peserta (pasien) akan dirujuk ke Rumah Sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS dan juga melayani operasi caesar. Adapun untuk biayanya juga di cover BPJS.

Operasi Caesar Ringan : a. Kelas 3 (Rp5.257.900), b. Kelas 2 (Rp6.285.500) c. Kelas 1 (Rp7.333.000)

Operasi Caesar Sedang : a. Kelas 3 (Rp5.780.000), b. Kelas 2 (Rp6.936.000) c. Kelas 1 (Rp8.092.000)

Operasi Caesar Berat : a. Kelas 3 (Rp7.915.300), b. Kelas 2 (Rp9.498.300) c. Kelas 1 (Rp11.081.400)

Baca Juga : Tarif INA-CBG BPJS Kesehatan

Perlu diingat, Peserta BPJS yang melakukan persalinan menggunakan BPJS Kesehatan sesuai dengan peraturan yang telah ditulis menyatakan bahwa pasien (peserta) tidak boleh dikenakan selisih bayar. Pastikan anda mendapatkan pelayanan dari Puskesmas atau RS milik Pemerintah agar tidak dikenakan biaya tambahan, karena biasanya masih ada RS Swasta yang menarik biaya kepada pasien bpjs.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. melahirkan normal kan harus di faskes primer (puskesmas atau klinik), kecuali kalau ada “penyulit” dan dibuatkan rujukan oleh faskes primer nya.. bru bisa di rs..

  2. Bantu jawab: bayi masih dalam kandungan bisa didaftarkan BPJS dengan syarat membawa surat keterangan dokternya kalau si bayi sudah ada denyut jantung. Setau saya umur janin 7 bulan sudah bisa didaftarkan.

  3. Kemaren istri saya melahirkan hari sabtu dan d kasih waktu 3hari nah yg jadi pertanyaan kenapa hari sabtu dan minggu d hitung jg?
    Kan kantor bpjs sabtu minggu tutup jd dgn kata lain cuma d kasih waktu 1hari..

  4. yg saya dengar bun katanya bpjs bisa dibuat saat sibayi belum lahir dengan persyaratan bpjs ibu yg mengandung bukan penerima upah dan nanti syaratnya akan mengikuti bpjs si ibu,,,untuk yg udah melahirkan secara ceasar katanya rumah sakit memberikan waktu selama 3 hari untuk bunda bikikn bpjs si bayi yg baru lahir.tpi itu sejauh yang saya tau ya bun.

  5. Apakah bpjs ceasar. Tidak menanggung biaya atas bayi yg dilahirkan? Diinfokan pihak rs bahwa bayi nya blm didaftarkan bpjs. Secara logika bayi br lahir bagaimana cara didaftar bpjs.. mohon bantuan penjelasannya thx

  6. Sy mau ty àpakàh hrs pake rujukan dr faskès 1 dlu br bs melahirkan ke RS biar bs pake kartu bpjs untuk melahirkàn ??? Tolong dijawab

  7. Sya peserta Askes gol 3 Mau tanya Kan apakah biaya perdalinan cesar untuk anak ke 3 masih d tanggung BPjs….makasih

  8. Kapan mulaì berlaku tarif persalinan caesar? Saya caesar akhir maret, yg di tanggung cuma Rp. 4.100.000 untuk klas 2

Tinggalkan Komentar