Kepesertaan BPJS Kesehatan tidak bisa dihentikan atau dicabut

Wajib Daftar BPJS Kesehatan

Wajib Daftar BPJS Kesehatan

Setiap Penduduk Indonesia diwajibkan untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan, pendaftaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan cara online juga bisa langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat di kota masing – masing. 

Setiap peserta yang telah terdaftar memiliki kewajiban untuk membayar iuran peserta berdasarkan kelas yang dipilih. Ada kelas 1 dengan iuran Rp80.000, ada kelas 2 dengan iuran Rp 55.000 dan kelas 3 dengan iuran Rp 23.000 . Jika merasa tidak mampu bisa mendaftar menjadi peserta PBI.

Ada pertanyaan masuk kepada PanduanBPJS.com melalui email, menanyakan tentang apakah seseorang yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan bisa berhenti atau tidak melanjutkan lagi ikut BPJS? Maksudnya dari pertanyaan tersebut adalah Bisakah kepesertaan BPJS Kesehatan dihentikan? Mungkin dengan alasan tidak sanggup bayar iuran.

Ketahuilah berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan, disebutkan pada pasal 6 ayat 1, kepesertaan Jaminan Kesehatan bersifat wajib dan mencakup seluruh penduduk Indonesia sehingga tidak ada proses penghentian keanggotaan JKN-BPJS Kesehatan.

Apabila peserta JKN sesuai kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial RI masuk dalam kelompok masyarakat tidak mampu/miskin maka iuran akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI). Untuk pendaftaran PBI bisa menghubungi Dinas Sosial di Daerah masing – masing.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply