Waspada, Haid Berkepanjangan dapat disebabkan Penyakit Kandungan

Menstruasi Berkepanjangan pada Wanita

Menstruasi Berkepanjangan pada Wanita

Kesehatan Wanita – Siklus haid normal pada seorang wanita antara 21-35 hari, dan haid akan berlangsung selama 7 hari. jika siklus haid lebih dari 31- 35 hari dengan haid lebih dari 7 hari maka bisa dikatakan siklus haid yang terjadi pada anda tidak normal, dalam istilah medis dikenal oligomenorhea (siklus haid memanjang). 

Ketika anda mengalami siklus haid yang tidak normal (memanjang), maka anda perlu waspada , apakah anda memiliki gejala penyakit yang ada di dalam kandungan. Jika demikian tak ada salah nya anda memeriksakan diri dan konsultasi ke Dokter Spesialis Kesehatan Wanita (kandungan) sebagai bentuk antisipasi hal yang tidak diinginkan.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG, untuk melihat apakah memang terdapat kista di dalam ovarium anda, untuk menegakkan diagnosis PCOS. Sebelumnya berdasarkan pemaparan dari dr. Dyah Novita Anggraini dilaman Klikdokter.com , Penderita PCOS akan merasakan beberapa gejala, adapun gejalanya sebagai berikut :

A. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seorang wanita yang menderita PCOS biasanya akan mengalami Gangguan Siklus haid yang memanjang, jika memang itu terjadi pada anda maka dianjurkan untuk mengambil langkah pencegahan dengan berkonsultasi pada dokter kandungan.

B. Infertilitas pada penderita PCOS terjadi karena indung telurnya tidak mampu melepaskan sel telur setiap bulannya sehingga Kesulitan untuk mendapatkan keturunan (infertilitas).

C. Penderita PCOS cenderung akan mengalami gangguan pengaturan kadar gula darah dan gangguan pengaturan kadar lemak sehingga mereka menjadi obesitas dan tingginya kadar insulin dalam tubuh. PCOS dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin perifer dan hiperinsulinemia (tingginya kadar insulin dalam tubuh).

D. Adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen). Tubuh wanita juga memproduksi hormon androgen meskipun sedikit. Namun pada PCOS, hormon androgen mengalami peningkatan sehingga akan muncul gejala seperti berjerawat dan pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply