4 Tanda Seorang Wanita Mengalami Kekurangan Zat Besi

Sakit Kepala Kekurangan Zat Besi

Tubuh kita membutuhkan berbagai jenis kandungan senyawa yang berfungsi untuk membantu sistem kerja organ – organ yang ada dialam tubuh. Salah satu yang harus tercukupi adalah Kandungan Zat Besi. 

Zat Besi merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, kandungan yang paling penting. Untuk itu kita perlu mengkonsumsi suatu makanan yang mengandung zat besi yang cukup. Ketahuilah bahwa kekurangan zat besi akan membuat kita cepat lelah dan gelisah.

Sedaangkan fungsi atau manfaat zat besi itu sendiri berguna untuk engedarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa tanda – tanda yang harus anda ketahui jika ketika tubuh mengalami kekurangan zat besi. Sehingga anda dapat lebih cepat mengambil langkah untuk mencukupi kebutuhan zat besi pada tubuh anda sendiri. Berikut 4 Tanda Seorang Wanita Mengalami Kekurangan Zat Besi yang harus diketahui :

Kepala Terasa Pusing

Tanda yang paling dominan ketika tubuh anda kekurangan zat besi adalah kepala mudah pusing. Dengan kekurangan zat besi maka akan menghambat produksi hemoglobin yang membantu tubuh menyebarkan oksigen. Karena tubuh kekurangan okigen maka akan mudah merasakan pusing di kepala. (kunang – kunang)

Napas Jadi Terasa Sesak

Kembali pada poin 1, dimana dengan kekurangan zat besi proses penyebaran oksigen melalui pembuluh darah yang diantarkan oleh Hemoglobin menjadi terhambat. Ketika oksigen rendah maka pernapasan anda akan terasa sesak. Sesak napas karena kekurangan zat besi akan lebih dirasakan ketika anda naik tangga, berjalan membawa barang.

Wajah Akan terlihat Pucat

Tanda lain tubuh yang kekurangan zat besi adalah kulit terlihat pucat dari biasanya. Tanda lain adalah gusi, kelopak mata bagian dalam dan bibir kurang merah dari biasanya. Jika kamu merasa tanda tersebut ada padamu segera periksakan diri kamu ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Dingin pada Bagian Telapak Tangan dan Kaki

Ketika anda kekurangan zat besi maka anda akan merasakan dingin pada bagian telapak tangan dan kaki. Kenapa terasa dingin? Karena zat besi yang seharusnya memberikan kehangatan, berhubungi anda kekurangan zat besi, maka tubuh tidak mendapatkan kehangatan dari Zat Besi.  Jika peredaran darah tidak lancar maka suhu tubuh akan rendah yang berakibat pada telapak tangan dan kaki jadi lebih dingin.

Baca Juga : Waspada, Haid Berkepanjangan dapat disebabkan Penyakit Kandungan

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting termasuk memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh. Jika anda mengalami tanda di atas segera periksakan diri ke dokter dan konsumsi makanan yang baik untuk meningkatkan zat besi. Semoga bermanfaat.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply