9 Manfaat Makan Udang bagi Kesehatan

Manfaat Makan Udang bagi Kesehatan

Manfaat Makan Udang bagi Kesehatan

Salah satu menu makanan seafood yang banyak digemari adalah “Udang”. Selain rasanya yang lezat, udang memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap sekali, dan tentunya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Namun sebagian orang masih takut mengkonsumsi udang, terutama bagi yang kelebihan kolestrol.

Kandungan ada pada udang sangat lengkap, kandungan yang terdapat dalam udang sangat bermanfaat bagi tubuh, adapun kandungan yang ada dalam udang adalah sebagai berikut : Selenium, Vitamin B12, Protein, Fosfor, Kolin, Copper, Yodium, Vitamin B3, Zinc, Vitamin E, Vitamin B6, Lemak Omega 3, Asam Patotenis dan Vitamin A.

Itulah tadi kandungan yang ada pada 113,4 gram Udang. Selanjutnya apa saja manfaat makan udang bagi kesehatan tubuh manusia, seperti yang telah disebutkan pada laman Boldsky? 

Turunkan berat badan

Udang tidak memiliki kandungan karbohidrat, hanya mengandung sedikit kalori saja, dengan mengkonsumsi udang mampu menurunkan berat badan, sehingga cocok sekali bagi anda yang ingin melakukan diet sehat. Dan Udang diperkaya dengan kandungan yodium yang meningkatkan pengeluaran energi tubuh saat istirahat, sehingga mampu membantu diet Anda.

Mencegah Mata lelah

Mengkonsumsi Udang juga dapat membantu mencegah mata mengalami kelelahan terutama bagi anda yang bekerja menghadap layar monitor komputer atau laptop, sangat dianjurkan sekali makan udang paling tidak setiap 3 hari sekali.

Mencegah osteoporosis

Seperti yang telah disebutkan diatas beberapa kandungan yang ada pada udang  seperti kalsium, magnesium dan fosfor dapat mencegah degenerasi tulang. Juga, hal ini dapat mencegah osteoporosis di usia lanjut usia. Maka semakin banyak mengkonsumsi udang semakin baik juga kesehatan tulang anda.

Mencegah kram menstruasi

Banyak sumber mengatakan, udang dapat mencegah kram menstruasi pada wanita. Juga, makanan ini dapat mempromosikan aliran darah yang sehat ke organ intim wanita.

Mengatasi pembekuan darah

Pasta dari fermentasi udang digunakan sebagai terapi untuk mengobati pembekuan darah. Juga, kandungan asam lemak omega 3 dapat menurunkan kolesterol, yang berguna untuk kesehatan jantung.

Mencegah kanker serviks

Penyakit kanker serviks juga dapat dicegah dengan mengonsumsi seafood, seperti udang. Bahan makanan itu mengandung selenium dan karotenoid yang sehat untuk tubuh.

Udang Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Anti depresi

Selain kanker, udang juga dapat menjadi faktor pencegah yang bisa dikatakan unik untuk menghindari resiko terhadap penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung. Lagi-lagi, selenium adalah faktor yang sangat berpengaruh pada pencegahan penyakit jantung ini. karena kekurangan selenium ternyata dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung.

Mencegah penuaan

Makanan yang mengandung antioksidan dapat memperlambat proses penuaan kulit manusia. Salah satu caranya adalah seringlah mengonsumsi udang yang dimasak dalam keadaan segar setiap satu minggu sekali.

Udang mengandung zat anti inflamasi

Riset membuktikan bahwa udang mengandung zat yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi. Zat anti inflamasi tersebut adalah Astaxanthin dan selenium mineral. Astaxanthin ini terdapat pada pigmen warna yang terdapat di cangkang udang. Zat tersebut sudah banyak diteliti oleh para ahli dan ditemukan bahwa zat ini sangat berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply