Peserta Harus Membayar Selisih Biaya Naik Kelas VIP ketika Kamar Penuh

Hal yang sering terjadi ketika berobat kerumah sakit menggunakan jaminan kesehatan BPJS Kesehatan yaitu “Kamar Penuh”, nah ketika anda mengalami hal itu apa kira nya yang harus anda lakukan, turun kelas atau justru naik ke kelas yang lebih tinggi (VIP). Ketika anda atau keluarga anda memutuskan untuk naik kelas maka ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Ketika seseorang yang berobat menggunakan layanan BPJS Kesehatan dan memutuskan untuk naik kelas ketika terjadi kamar penuh. Maka pasien harus menanggung selisih bayar dari klaim yang ditanggung BPJS Kesehatan, secara pengalaman banyak peserta BPJS Kesehatan justru kaget terhadap selisih bayar yang harus diselesaikan yang nilai nya cukup tinggi.

Kelas Perawatan VIP Rumah Sakit

Kelas Perawatan VIP Rumah Sakit

Apalagi jika menginap di kamar VIP dalam jangka waktu yang lama, maka sudah dipastikan biaya yang harus dibayar pasien semakin banyak. Sebagai contoh, misalkan anda pindah kekamar VIP dan biaya yang harus dibayar ketika telah diijinkan pulang sebesar Rp 25.000.000, sedangkan BPJS Kesehatan hanya menanggung sebesar Rp 6 juta, maka sisa nya yang harus anda bayarkan.

Hal ini sangat mungkin terjadi karena tidak hanya biaya selisih kamar saja yang harus dibayar, akan tetapi semua jasa medik akan ikut naik menyesuaikan kelasnya. Maka dari itu semakin lama anda berada dalam perawatan kamar VIP maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar.  Sebelum anda memutuskan untuk naik ke VIP lebih baik anda tanyakan dulu ke pihak RS untuk mengetahui estimasi atau perkiraan biaya yang harus dikeluarkan.

Anda harus ingat bahwa, BPJS Kesehatan hanya menanggung kelas 3, 2 dan 1 saja, tidak termasuk kelas VIP. Ketika kamar penuh maka anda bisa coba tengok untuk turun kelas.  Karena jika anda naik kelas perawatan ke kelas VIP maka diberlakukan urun biaya sebesar selisih tarif VIP lokal dengan tarif INA-CBs kelas perawatan yang menjadi haknya.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply