Perubahan Status Kepesertaan BPJS dari Peserta Mandiri ke PBI

BPJS Kesehatan sangat membantu sekali bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk mendapatkan kemudahan dan keringan dalam jaminan kesehatan ketika mengalami sakit. Setiap peserta yang ikut BPJS Kesehatan wajib membayar iuran berdasarkan kelas yang dipilih ada kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Dan bisa melalui peserta Mandiri, PPU atau PBI (Penerima Bantuan Iuran).

Ketika seseorang telah terdaftar menjadi anggota BPJS melalui kepesertaan tertentu apakah bisa melakukan perubahan? Jawab nya tentu bisa ketika syarat terpenuhi. Misal jika anda sebelumnya terdaftar sebagai peserta mandiri bpjs dan ingin pindah ke PBI karena mungkin tidak sanggup membayar iuran bpjs kesehatan, hal itu pun bisa dilakukan.

Pindah dari Mandiri ke PBI BPJS Kesehatan

Pindah dari Mandiri ke PBI BPJS Kesehatan

Jika anda memutuskan untuk pindah kepesertaan BPJS dari Mandiri ke PBI, hal yang perlu diketahui adalah “Semua peserta PBI akan terdaftar di kelas 3 dan peserta tidak bisa merubah faskes nya, dan tidak bisa naik kelas perawatan” , memang dapat pembayaran iuran wajib anda akan ditanggung oleh pemerintah daerah.

Karena PBI merupakan program BPJS yang bekerjasama dengan dinas sosial untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang tidak mampu untuk tetap bisa mengikuti program jaminan kesehatan BPJS. Jika sebelumnya anda terdaftar sebagai peserta Mandiri dan ingin mendapatkan bantuan dari PBI maka bisa melaporkan ke BPJS Kesehatan.

Dengan membawa Dokumen – Dokumen :

  • Kartu Keluarga dan KTP Seluruh Anggota Keluarga
  • Surat Keterangan tidak Mampu dari Kelurahan
  • Surat Pengantar Puskesmas
  • Tidak Butuh Rekening Bank
  • Bawa Kartu BPJS Kesehatan Sebelumnya
  • Foto 3×4

Anda akan dibantu untuk pindah status dari Mandiri ke PBI, jika persyaratan yang dibutuhkan terpenuhi maka BPJS Kesehatan akan melakukan proses pengajuan anda. Berhubung kantor BPJS Kesehatan selalu padat dan ramai maka buatlah jadwal dengan petugas sebelumnya. Silahkan dicoba, mudah – mudahan berhasil.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Selamat pagi. Saya ingin tanya…
    Dulu saya terdaftar sebagai peserta BPJS PBI karena saat itu saya tidak bekerja dan tidak ada penghasilan.
    Sekarang saya sudah bekerja dan ingin merubah kepesertaan saya dai BPJS PBI ke BPJS Mandiri.
    Bagaimana prosedurnya ya? dan dokumen apa saja yang dibutuhkan?
    Terima kasih sebelumnya..

  2. RESTIANNA ELIAWATY SIMANJUNTAK

    Selamat pagi, saya mau bertanya..
    Saya sudah terdaftar di BPJS Kesehatan Mandiri Kelas I.. sudah melakukan pembayaran untuk beberapa bulan.. Dan ternyata perusahaan tempat saya bekerja, mendaftarkan saya kembali atas nama perusahaan, untuk kelas II..
    Bagaimana proses selanjutnya?
    Apakah saya membayar BPJS untuk kedua kelas tersebut? Karena gaji saya dipotong tiap bulan untuk BPJS Kesehatan kelas II..
    Terima kasih..
    Selamat pagi..

Leave a Reply