Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama Mencakup Apa Saja? Silahkan dibaca

Ketika seorang peserta mengalami sakit atau keluhan terhadap kesehatan dirinya, maka untuk bisa menggunakan layanan jaminan kesehatan dari BPJS. Maka peserta harus berobat mengikuti prosedur yang berlaku, yaitu peserta harus berobat terlebih dahulu ke Faskes I yang tertera pada kartu anggota bpjs yang telah dibuat. 

Di faskes 1 peserta akan mendapatkan pelayanan kesehatan sebagai bentuk pengobatan pertama, karena jika peserta cukup hanya berobat ke faskes 1 (puskesmas) maka kenapa harus ke rumah sakit. Jika ternyata faskes 1 memiliki keterbatasan SDM atau alat kesehatan untuk melayani peserta maka peserta yang bersangkutan akan di rujuk ke faskes lanjutan (rumah sakit).

Puskesmas adalah Faskes 1 BPJS Kesehatan

Puskesmas adalah Faskes 1 BPJS Kesehatan

Sebagai peserta juga harus tahu, apa saja pelayanan kesehatan yang diberikan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama. Berdasarkan peraturan yang tertulis pada peraturan presiden nomor 19 tahun 2016, bahwa pelayanan kesehatan pada faskes 1 mencakup beberapa poin, diantaranya adalah :

  • 1. administrasi pelayanan;
  • 2. pelayanan promotif dan preventif;
  • 3. pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis;
  • 4. tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif;
  • 5. pelayanan obat dan bahan medis habis pakai;
  • 6. pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium tingkat pratama; dan
  • 7. rawat inap tingkat pertama sesuai dengan indikasi medis.

Jadi pemeriksaan kesehatan di puskesmas jika seorang peserta mengalami keluhan terhadap kesehatan akan ditanggung bpjs kesehatan, anda akan diberi obat dan konsultasi gratis atas sakit yang di derita. Bahkan jika anda dirawat inap pun, biaya rawat inap akan di tanggung bpjs kesehatan, tentunya sesuai dengan indikasi medis saat melakukan pemeriksaan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply