Gejala yang timbul jika Anda Menderita Kanker Limfoma

Gejala Kanker Limfoma

Limfoma merupakan penyakit kanker kelenjar getah bening didalam tubuh, muncul dalam sistem limfatik yang menghubungkan noda limfa. Apabila anda merasakan ada suatu benjolan pada tubuh anda, maka bisa jadi itu merupakan salah satu gejala dari penyakit ini.

Penderita Kanker Limfoma sering kali tidak mengetahui jika dirinya telah mengidap penyakit kanker yang membahaya kan ini, karena memang tidak ada gejala rasa sakit yang dirasakan, kecuali jika muncul benjolan.

Benjolan yang muncul pada tubuh tidak selalu karena kanker, tapi setidaknya perlu diwaspadai. Maka ketika dijumpai benjolan pada tubuh maka sebaiknya lekas ambil tindakan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Benjolan yang disebabkan kanker limfoma biasanya akan muncul di area getah bening dalam tubuh seperti pada ketiak, selangkangan, perut, limfa, leher dan yang paling sering pada lambung.

Gejala lain selain muncul benjolan pada tubuh, terjadi penurunan berat badan, keluar keringat pada malam hari walaupun dalam udara kondisi udara dingin, Suhu badan berada di atas 37,2 derajat Celcius hingga di bawah 38 derajat Celcius, kemudian badan pun terasa lelah dan lemah, dan adanya perasaan tidak nyaman di area perut.

Semakin cepat dideteksi sejak dini dan segera mendapatkan tindakan medis maka penyakit kanker ini memiliki peluang utuk disembuhkan, sebelum bertambah parah jika terus dibiarkan.

Kanker ini muncul berawal dari sel darah putih. Kanker Limfoma biasa akan muncul ketika seseorang memiliki kekebalan tubuh yang rendah, obesitas, radiasi. Penyakit ini pun banyak menyerang manusia berusia 30 hingga 60 tahun, tetapi bukan berarti orang berusia muda tidak dapat terserang penyakit tersebut.

Limfoma sendiri terdiri atas dua jenis, yakni limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Di Indonesia, limfoma non-Hodgkin merupakan kanker nomor tujuh paling sering ditemukan dan diperkirakan ada lebih 13 ribu kasus kanker getah bening pada 2012.

Faktor atau penyebab limfoma

  1. Keturunan atau faktor genetik
  2. Pernah tertular EBV (Virus Epstein Barr) virus yang mengakibatkan demam kelenjar
  3. Mempunyai sistem imun yang lemah, bisa karena terkena HIV atau pemakaian obat imunosupresan
  4. Kanker limfoma lebih banyak menyerang pria daripada wanita.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply