5 Gejala Stroke yang perlu Anda Ketahui

Banyak sekali penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia, penyakit yang paling sering dijumpai adalah penyakit Stroke. Tentu anda tahu apa itu Stroke, suatu kondisi dimana terjadinya penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik) sehingga pasokan darah ke otak terputus, dan terjadi kematian sel pada sebagian area otak.

Penyakit Stroke bukan sakit yang sepeda sehingga perlu pengangganan cepat untuk menyembuhkannya. Banyak hal yang memicu terjadi nya stroke, salah satunya stres yang berlebihan, stres yang berlebihan dapat menjangkait membuat seseorang terpapar penyakit degeneratif.

Stes dapat mengakitbatkan kolestrol dan hipertensi, dimana keduanya menjadi pencetus serangat stroke pada seseorang. Jaga diri anda jangan sampai stres yang menyebabkan gangguan tersebut datang, ketika datang maka fungsi otak akan terganggu ketika terjadi gangguan pada otak, akan berdampak pada fungsi organ lain.

Salah satu fungsi otak adalah mengatur kekuatan otot. Bagian otak tertentu mengatur bagian tubuh yang berbeda. Apabila bagian otak tertentu terganggu maka akan menimbulkan gangguan pada bagian tubuh yang diatur oleh bagian otak tersebut.

Gejala Penyakit Stroke

Gejala Penyakit Stroke

Stroke dapat terjadi kapan saja, dan dimana saja. Gangguan akibat stroke dapat dibatasi dengan deteksi yang cepat dan penanganan yang tepat. Mari kita kenali berbagai gejala awal dari gangguan stroke:

1. Kelemahan pada wajah, tangan atau kaki pada satu sisi tubuh.

Salah satu gejala yang umum dialami oleh pasien stroke adalah kelemahan tubuh. Pasien stroke akan mengeluh bicara menjadi pelo, atau mata tidak bisa membuka.

2. Kehilangan penglihatan, koordinasi tubuh, sensasi secara tiba-tiba.

Keluhan lain yang dapat dikeluhkan oleh pasien stroke adalah kehilangan kemampuan sensorik. Kemampuan sensorik dapat berupa gangguan melihat, dan gangguan memahami percakapan.

3. Sakit kepala tiba-tiba

Apabila seorang mengalami stroke perdarahan, maka akan terjadi peningkatan tekanan di dalam otak. Karena rongga tengkorak yang luasnya tetap harus menerima volume tambahan berupa darah, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan dalam tengkorak. Peningkatan tekanan ini akan menyebabkan keluhan sakit kepala tiba-tiba yang hebat.

4. Mual dan muntah

Peningkatan tekanan dalam kepala juga akan menyebabkan terangsangnya reseptor mual. Hal ini akan menyebabkan penderita stroke mengalami keluhan mual hebat dan muntah.

5. Kehilangan kesadaran

Otak merupakan pusat kesadaran. Jika terjadi gangguan penyaluran oksigen ke otak, maka kesadaran penderita stroke akan menurun. Pasien akan cenderung tertidur, lemah dan pada keadaan yang lebih parah, pasien akan mengalami koma.

Baca Juga : 5 Gejala Diabetes yang harus anda ketahui

Stroke dapat dicegah melalui penerapan pola hidup sehat. Risiko mengalami stroke akan berkurang jika Anda makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan minum alkohol sesuai takaran. Berusaha menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah tinggi dengan obat-obatan juga bisa mengurangi risiko terkena stroke. Pada sebagian orang, obat-obatan untuk mencegah pembekuan darah serta obat untuk menjaga kadar normal gula darah juga penting untuk mencegah terjadinya stroke.

Demikian lima gejala stroke yang patut Anda waspadai. Gejala ini bukanlah tanda pasti diagnosis stroke karena banyak penyakit lain juga memiliki gejala yang sama. Karena itu, ada baiknya gejala ini dipastikan lagi dengan melakukan pemeriksaan fisik ke dokter.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply