Menjadi Peserta BPJS Kesehatan itu Wajib

Daftar BPJS itu Wajib

Untuk memberikan jaminan sosial kepada semua masyarakat, Pemerintah mendirikan sebuah perusahaan BUMN untuk menjalankan program JKN. Sebelumnya pemerintah telah menjalan program melalui Askes, kini askes berubah menjadi BPJS Kesehatan dengan sistem yang lebih baik.

Berdasarkan UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Pasal 1, menyatakan bahwa peserta BPJS Kesehatan adalah setiap orang (semua warga negera indonesia), bahkan tak terkecuali Warga Negara Asing yang tinggal lebih dari 6 bulan juga wajib daftar BPJS.

Peserta BPJS Kesehatan dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu Peserta PPU (Pekerja Penerima Upah) yang iuran peserta nya dibayarkan perusahaan, Peserta PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) yang iuran peserta nya dibayar sendiri atau dikenal dengan BPJS Mandiri, dan Peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari pemerintah daerah (dinsos).

Biaya Iuran peserta BPJS dibagi menjadi 3 kelas, kelas 1 biaya iurannya Rp 80.000 , kelas 2 biaya iurannya Rp 51.000 dan Kelas 3 biaya iurannya Rp 25.500. Khusus untuk peserta PBI maka akan berada di kelas 3 dengan iuran peserta yang telah kami sebutkan dan akan dibayarkan oleh Pemerintah.

Bagi keluarga yang belum mendaftarkan diri dan keluarganya maka dapat mendaftarkan segera untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan yang diterapkan BPJS Kesehatan dengan prinsip Gotong Royong dan Nirlaba. Begitu juga perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya, maka segera di daftarkan. Karena Perusahaan yang tidak mendaftarkan pekerjanya akan dikenakan sanksi.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply