Prosedur Penggunaan Layanan BPJS Kesehatan di Luar Kota

Tidak ada biaya tambahan

Tidak ada biaya tambahan

Banyak hal yang terjadi mengenai layanan BPJS Kesehatan termasuk ketika seorang peserta tengah pergi ke suatu tempat (ke luar kota) dan kemudian mengalami sesuatu yang berkenaan dengan kesehatan, lantas bagaimana cara atau prosedur berobat menggunakan layanan BPJS Kesehatan, yang sering terjadi adalah Ibu Hamil yang hendak melahirkan.

Misalnya peserta terdaftar di daerah Domisili Bandung dan kemudian sedang pergi ke luar kota (mungkin mudik , silaturohim tempat keluarga yang ada didaerah lain) di Lampung. Maka ada beberapa prosedur yang harus dilakukan ketika ingin berobat di luar kota dan tetap ingin mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS.

Apabila seorang peserta BPJS sedang berada diluar domisili, dan ingin berobat di tempat lain menggunakan layanan BPJS Kesehatan maka peserta dapat meminta surat pengantar ke faskes 1 dari Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat di luar domisili tersebut dan peserta Harap membawa surat keterangan domisili.

Atau jika memang bertempat tinggal yang cukup lama di tempat domisili yang baru di luar kota tersebut maka lebih baik peserta memindahkan fasilitas kesehatannya di domisili tersebut, adapun untuk melakukan perubahan faskes dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan domisili

Proses perubahan faskes BPJS Kesehatan dapat dilakukan setelah 3 bulan terdaftar difaskes 1 sebelumnya dengan membawa surat keterangan domisili. Demikian disampaikan, terima kasih.

Salam,
PanduanBPJS.com

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. Iya…gak kaya jamsostek,ini mau lahiran dikota lain harus laporandulu k kantor bpjs setempat ribet banget setelah laporan di kota tersebut sebelum 3 bulan ga boleh lagi laporan mau di kota lainnya lain ribet banget…padahal bpjs dibayar..ga kaya jamsostek…dimana aja bisa dipake ga harus ada lporan sana sini

  2. BPJS memang parah, gak tau aturanya atau pegawainya yang tidak paham, Sudah pegang rujukan dan ngrurusnya jauh saja gak bisa dipake, masih baikan ASKES yang dulu

  3. Kenapa kartu BPJS tidak bisa digunakan untuk seluruh Indonesia, Jika seseorang sedang bepergian keluar kota dan jatuh sakit, apa bisa ngurus surat ini itu, Sistem pelayanan BPJS yang masih bobrok,

  4. Mohon pencerahan nya
    Saya dan istri terdaftar sebagai anggota BPJS di bandung.
    Jika seumapama istri mau melahirkan di rumah orang tua nya di cianjur apakah bisa menggunakan fasilitas BPJS?
    Trimakasih

  5. resta ismi handayani

    Saya Faskes 1 di Garut anak saya Sakit skrg lagi Di Bandung mau pakai BPJS bingung..
    Padahal Bayar Bulanan kalian Terima Tanpa Bingung..
    Fast Replay untuk Pihak BPJS..

  6. Seharusnya kartu bpjs itu berlaku nasional, selama dia melakukan pembayaran rutin setiap bulan dia berhak mendapatkan fasilitas dimanapun dia berada, *selama msh di indonesia sih … tolong ini bs dipertimbangkan , terutama keadaan darurat. Trims

  7. tri otaviari widjanarko

    Seharusnya BPJS bisa di gunakan di seluruh Indonesia tanpa harus melihat dari mana asal peserta BPJS itu,saya ingin pelayanan BPJS untuk di permudah karena sistem yang di gunakan semuanya bisa on line,terima kasih

  8. Mau tanya, bagaimna kalau kita kuliah di luar kota dan kita ingin melakukan CT scan di rumah sakit domisili tempat kuliah kita apakah bisa ??

  9. Kartu Bpjs ini terkoneksi di internet, jadi data user otomatis sdah ada dimanapun kt brada bisa di cek, tapi kenapa masih perlu mengurus keterangan lagi??, mungkin bisa tgl didaftar rumah sakit mana, tdk usah berbicara tmpat tgal lagi kl org sudah punya ktp, ketika klaim pembayarannya past bisa di atur. Buatlah regulasi yg tdk lgi mempersulit org ketika bepergian, terll banyak aturan di Rumah Sakit, mana lagi kl RS yang tdk terll respek pada peserta bpjs, intinya bpjs ini harus mmberikan kmudahan kpada masyarakat, jadi masyarakat betul2 merasakan playanan prima..ketika secara kebetulah ada orang yg punya masalah kesehatan dluar kota, tdk punya keraBat yg bsa menguruskan keterangannya, ini tentu akan mmpersulit org untuk berobat,,,tlg buatkan regulasi agar bpjs ini betul2 tdk mmpersulit masyarakat lagi,,

    • Setuju, harusnya memang seperti itu. mungkin belum siap atau mungkin belum ada upaya memangkas semua prosedur yang berbelit belit.

      • Setuju, pelayanannya tidak masuk akal.
        Orang sakit kan ga ada yang tau, tapi kenapa untuk sembuh aja harus mengurus surat keterangan domisili dulu.
        Ini kan udah zamannya online, jadi ga perlu lah prosedur berbelit2 yang bisa bikin orang tambah pusing.

        • setujuu, kondisi orang yang sakit kan bermacam2 apalagi diluar kota. yang namanya sakit kan tidak direncanakan. bayangkan dia sudah diluar kota, tidak ada kerabat, sedang sakit ingin segera berobat knp harus berbelit harus ke kantor BPJS yang letaknya mungkin jauh dari tempat orang itu berada dan aksesnya tidak mudah.bukan lekas sembuh malah mungkin bisa semakin parah. selama dia tidak menunggak pembayaran dan punya KTP kenapa harus dipersulit. kan sudah online. tolong diperbaiki sistemnya. pada dasarnya tidak ada orang yang sengaja ingin sakit dan berobat terus menerus.

  10. KUSUMA NINGRUM

    sore ,, saya mau nanya ini,, ibu saya domisili tegal dan bpjs nya juga ditegal, cuma kondisi ibu saya saat ini sedang sakit di semarang ( ikut saya ) saya periksakan di BP4 semarang dan di anjurkan untuk rawat inap. namun ketika saya ditanya untuk kepersertaan BPJS dan saya menjawab BPJS TEGAL, ibu saya disuruh untuk balik ke tegal dan rawat inap kesana,, ?? saya langsung kaget dan emosi, karna kondisi ibu saya sudah seperti itu ( tidak berdaya ) malah disuruh ke TEGAL dan tidak bisa dilayani di semarang,, kenapa sesulit itu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan BPJS ?? iya kalo ibu saya kuat sampai keTEGAL kalo tidak?? apakah BPJS atau rumah sakit itu bisa diminta pertanggung jawaban nya?? akhirnya saya memasukan ibu saya ke RS menggunakan fasilitas UMUM bukan BPJS !!! Tolonglah dibenahi sistem nya bapak/ibu pimpinan untuk mempermudah kami mendapatkan pelayanan, karna mungkin bagi kami seorang anak pasti akan merawat ibu nya jika ditempat tinggalnya tidak ada keluarga dekat. ini pengalaman saya… semoga cukup saya dan tidak terjadi pada orang lain .. terimakasih GBU

Leave a Reply