Maksud PST saat hendak Bayar Iuran BPJS

arti-pst-dalam-bpjs-kesehatan

Berbagai pertanyaan muncul setelah bpjs kesehatan menggunakan skema baru pembayaran iuran, dimana bpjs menerapkan skema bayar bagi peserta dengan membayar seluruh iuran anggota keluarga hanya dengan 1 nomor VA atau nomor peserta.

Pada saat ingin membayar muncul sebuah istilah yang membuat para peserta bingung. Istilah yang digunakan yaitu PST, kami juga belum faham apa maksud / arti dari tulisan PST tersebut. Tapi setelah kami tela’ah mungkin artinya adalah “Peserta”. 

Karena setiap kali ada tulisan PST angka yang muncul sesuai dengan jumlah orang pada kk tersebut. Kami coba mengajak anda untuk mengecek kembali detail info pembayaran yang muncul pada tagihan anda. PST berapa yang muncul disana.

Contoh kita ambil , ada seorang peserta BPJS yang rutin membayar iuran (tidak pernah telat). Jumlah anggota dalam kartu keluarga yaitu sebanyak 4 orang yang terdiri dari Suami, Istri dan 2 Anak . Terdaftar dalam bpjs kelas 2 dengan iuran Rp51.000 , pada saat ingin membayar muncul : PST:4 dengan jumlah tagihan Rp204.000

Dari contoh tersebut diambil kesimpulan bahwa PST:4 berarti ada 4 peserta bpjs yang harus dibayar dengan total tagihan 4 x 51.000 yaitu Rp204.000 (per kk tersebut). Dan Angka 204.000 merupakan total bayar untuk seluruh anggota dalam keluarga, jadi bukan untuk per peserta.

Kami harap pembahasan singkat mengenai kode PST dalam pembayaran BPJS dapat dimengerti. Sedikit tambahan, apabila saat anda cek ternyata tagihan anda 0 (nol) maka itu artinya anda tidak memiliki tagihan, dan iuran bpjs anda telah di lunasi..

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply