Apa yang dimaksud dengan Peserta PBI pada BPJS Kesehatan?

Peserta PBI BPJS Kesehatan
Pesera PBI pada BPJS Kesehatan – Berdasarkan Peraturan yang tertulis menyatakan bahwa setiap warga negara indonesia wajib mendaftarkan diri beserta keluarga nya yang ada pada 1 Kartu Keluarga. Pendaftaran BPJS bisa dilakukan secara online dan juga bisa langsung datang ke Kantor BPJS Kesehatan, dengan membawa persyaratan yang lengkap.

Dalam BPJS Kesehatan terdapat 3 pilihan jenis kelas, yang mana masing – masing kelas memiliki kewajiban bayar iuran yang berbeda, dan akan mendapatkan fasilitas kesehatan kamar inap (jika menginap) yang beda juga. Namun untuk layanan kesehatan dan obat, semua peserta mendapatkan hak yang sama.

Begitu juga dengan jenis keanggotaan, BPJS membuat 3 jenis keanggotaan. Ada jenis PPU (Khusus Pekerja Penerima Upah), PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) dan PBI (Penerima Bantuan Iuran), anda dapat mendaftar BPJS dengan 3 pilihan jenis keanggotan.

PBI (Penerima Bantuan Iuran) adalah peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana diamanatkan UU SJSN yang iurannya dibayarkan pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan.

Peserta PBI adalah fakir miskin yang ditetapkan oleh pemerintah dan diatur melalui peraturan pemerintah dan utk setiap peserta PBI akan secara otomatis masuk kedalam Kelas 3.

Baca Juga : Cara Daftar PBI BPJS Kesehatan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply