Wajib Jadi Peserta BPJS, Inilah Cara Daftar BPJS Kesehatan Lengkap

Prosedur Pendaftaran BPJS Kesehatan

Jika anda bertanya, apakah daftar bpjs kesehatan itu wajib? Maka kami akan menjawabnya, Berdasarkan Undang – Undang Dasar No.24 tahun 2011 pemerintah mewajibkan bagi seluruh penduduk (WNI) maupun WNA yang tinggal di Indonesia lebih dari 6 bulan untuk mendaftarkan diri menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

BPJS Kesehatan merupakan perusahaan BUMN yang sebelumnya bernama ASKES , sejak 1 Januari 2014 ASKES bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan untuk menjalankan program pemerintah yaitu JKN yang telah diresmikan pemerintah pada 31 Desember 2013.

Selanjutnya bagi peserta yang telah terdaftar dalam program BPJS Kesehatan memiliki kewajiban untuk membayar iuran peserta yang dibayar rutin sebelum tanggal 10 setiap bulannya, adapun besarnya iuran BPJS tergantung kelas yang dipilih yaitu untuk kelas 1 Rp 80 Ribu, kelas 2 Rp 51 Ribu dan Kelas 3 Rp25.500

Semua peserta BPJS Kesehatan yang aktif membayar iuran memiliki hak untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS ketika sakit dan berobat ke faskes yang telah tertera pada kartu anggota. BPJS akan menanggung biaya berobat, tentunya peserta juga harus memenuhi prosedur yang berlaku yaitu mengikuti sistem rujuk berjenjang.

Baiklah, itu adalah singkat mengenai BPJS Kesehatan. Selanjutnya untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, daftar bpjs terdapat 2 cara yaitu :

  • Daftar Secara Online Melalui Website
  • Daftar Langsung ke Kantor BPJS Kesehatan

Dan terdapat 3 jenis anggotaan yaitu Peserta Mandiri (PBPU) , Peserta PPU (Pekerja Penerima Upah) dan PBI (Penerima Bantuan Iuran). Iuran Peserta mandiri dibayar sendiri, Iuran peserta PPU dibayar oleh Perusahaan sedangkan untuk Iuran peserta PBI dibayar oleh pemerintah daerah (Dinsos).

Kami akan pandu anda untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Anda bisa pilih 2 cara mendaftar BPJS, anda bisa melalui Online berarti anda perlu terkoneksi ke Internet, atau anda bisa daftar ke kantor BPJS Kesehatan.

Cara Daftar BPJS Online di Website BPJS-Kesehatan.go.id

Sebelumnya anda perlu mempersiapkan beberapa syarat yang dibutuhkan, yaitu anda perlu menyiapkan Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas KTP yang masih berlaku, Kartu NPWP, Alamat Email dan Nomor HP. Selanjutnya Anda bisa langsung mendaftar BPJS Kesehatan secara online di http://bpjs-kesehatan.go.id

  • Kemudian anda akan disuguhkan persyaratan, Silahkan anda baca persyaratan yang tampil tersebut, dibaca dengan seksama. Jangan sampai ketika sudah daftar mengalami keluhan bahwa ini itu tidak disampaikan. Maka penting bagi anda membaca syarat dan ketentuan yang berlaku pada BPJS Kesehatan sebelum mendaftar.. Jika sudah dibaca silahkan ceklist dan lanjutkan pendaftaran.
  • Silahkan masukan Nomor Kartu Keluarga Anda dan Masukan juga Chapca (Huruf yang tampil), selanjutnya ceklis kota kecil dan Klik “Inquery Kartu Keluarga”. Dan Kemudian Centang semua Anggota keluarga yang ada dan Lanjutkan dengan Klik Proses Selanjutnya.
  • Isi lengkap Identitas Keluarga anda, Silahkan isi form dengan benar mulai dari NIK, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Alamat Lengkap dan sebagainya yang tertera pada formulir online. Janganlupa untuk menyiapkan foto dengan ukuran 50 kb untuk diupload. Ketika sudah lengkap maka lanjutkan pendaftaran ke tahap selanjutnya..
  • Silahkan pilih kelas (Kelas 1, Kelas 2 atau Kelas 3) dan Kemudian lengkapi Data Bank (Wajib Memiliki Rekening), dan masukan nomor hp yang ingin digunakan untuk SMS Gateway dan Email Aktif untuk pengiriman data informasi berupa e-ID BPJS Kesehatan. Setelah itu klik Kirim Email
  • Anda akan mendapat Nomor Virtual Account untuk melakukan pembayaran iuran pertama BPJS Kesehatan setelah 14 hari sejak melakukan pendaftaran. Setelah anda bayar pada hari ke 14 maka anda akan mendapatkan e-ID BPJS yang bisa anda gunakan untuk berobat, Status Kepesertaan anda akan langsung Aktif.

Cara Daftar BPJS di Kantor BPJS Kesehatan

Ketika anda ingin mendaftar BPJS Kesehatan secara offline di Kantor BPJS maka anda harus menyiapkan waktu khusus untuk bisa datang ke kantor karena kita tahu bahwa kantor BPJS selalu ramai bahkan antri sampai berjam jam. Sebelum itu pastikan anda telah membawa persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar BPJS : yaitu Kartu keluarga , KTP, Surat Nikah l Buku Tabungan, Pasfoto 3×4, dan NPWP

A. Pendaftaran Untuk Peserta Mandiri atau Umum

  • Silahkan Datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan
  • Langsung Ambil Nomor Antrian dan Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Saran : Download Formulir dan Isi dari Rumah
  • Kemudian Setorkan kepada Petugas BPJS dan Pendaftaran Anda akan diproses.
  • Anda akan mendapatkan Nomor Virtual Account
  • Tunggu 14 Hari
  • Bayarlah Iuran BPJS berdasarkan VA di Bank
  • Serahkan kepada Petugas BPJS Kesehatan di Kantor
  • Status Peserta Anda Akan Aktif dan Bisa digunakan

B. Pendaftaran Untuk Polisi POLRI, PNS , Peserta Askes dan ABRI TNI

  • Proses Alur Pendaftaran Sama seperti diatas.
  • Anda bisa daftar secara mandiri atau kolektif (Khusus Peserta Askes dibawa Kartunya)
  • Untuk membayar Iuran Peserta akan dipotong dari Gaji
  • Anda akan mendapatkan Kartu BPJS Kesehatan

C. Pendaftaran Untuk Karyawan atau Pegawai Perusahaan

  • Pendaftaran dikoordinir oleh Perwakilan dari Perusahaan
  • Pembayaran Iuran akan dibayar oleh Perusahaan dengan Pembagian yang telah ditentukan
  • Anda akan mendapatkan Kartu BPJS Kesehatan yang diberikan ke Perusahaan

Untuk itulah panduan pendaftaran BPJS Kesehatan baik secara online maupun datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Setelah anda terdaftar dan kondisi aktif maka anda bisa langsung menggunakan layanan BPJS ketika sakit. Pastikan anda tidak nunggak membayar iuran BPJS Kesehatan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Saya mau tanya. Saya resign dari perusahaan bln Agustus. sebelumnya sudah punya bpjs yg dari perusahaan dan sekarang saya ingin daftar bpjs mandiri. Saya coba daftar online tapi tidak bisa. Saat menekan tombol Proses selanjutnya muncul pesan “Tidak bisa melanjutkan Pendaftaran, Karna tidak ada calon Peserta yang bisa didaftarkan”. Apa kartu sebelumnya masih aktif?

  2. suami saya PNS dan saya punya kartu ASKES ,terus dibawa ke kantor bpjs untuk mengubah dari ASKES ke BPJS katanya udah gak bisa di ubah terus disuruh tetep pakek kartu ASKES itu. tolong dong gimana caranya,,,,,?!

  3. selamat siang. saya ingin menanyakan terkait pembayaran iuran BPJS Kesehatan. saya baru saja mendaftar bulan september, kemudian untuk pembayaran pertama diberi waktu dari tanggal 21 sept -5 okt. nah saya sudah bayar pada tanggal 22 sept. apakah bulan oktober saya harus bayar lagi atau tidak ya? terima kasih

  4. saya masih berfikir ingin mendaftar bpjs, karena kami masih memiliki kartu jaminan kesehatan miskin atau KIS.
    menurut admin perluhkan kami mendaftar bpjs lagi?

Leave a Reply