Premi BPJS yang Harus dibayar Setiap Bulan

Premi Bulanan BPJS

Pada dasarnya telah banyak artikel yang telah membahas mengenai topik ini, di bpjs premi dikenal dengan sebutan biaya iuran. Iuran yang harus dibayar para peserta setiap bulan, dengan besaran sesuai dengan paket kelas yang dipilih. 

Kenapa disebut dengan iuran? Karena di BPJS Kesehatan mengedepankan prinsip gotong royong, berbeda dengan asuransi kesehatan swasta. 

Ada 3 pilihan kelas yang bisa anda pilih saat mendaftar menjadi peserta bpjs dengan biaya premi masing – masing, perlu di ingat bahwa setelah daftar calon peserta harus menunggu 14 hari untuk bisa melakukan pembayaran pertama.

  • Premi Kelas 1 adalah Rp80.000
  • Premi Kelas 2 adalah Rp51.000
  • Premi Kelas 3 adalah Rp25.500

Pembayaran iuran atau premi bpjs dapat dilakukan melalui 3 bank yaitu Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, atau bisa juga bayar lewat Indomaret , Alfamart atau Kantor POS.

Jika peserta bpjs tidak membayar iuran tepat waktu, atau bisa dikatakan telat bayar iuran maka status peserta akan di nonaktifkan. Jika status di hentikan maka peserta tidak bisa berobat menggunakan bpjs lagi sampai tunggakan dilunasi.

Peserta dapat menggunakan kartu bpjs ketika berobat di faskes 1 , biaya yang dikeluarkan akan ditanggung bpjs jika peserta mengikuti prosedur yang berlaku. Salah satu contoh : seperti melahirkan menggunakan bpjs, membersihkan karang gigi juga ditanggung bpjs.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply