Apa Saja Syarat yang dibutuhkan untuk Daftar BPJS Kesehatan ?

Apa Saja Syarat yang dibutuhkan untuk Daftar BPJS Kesehatan ? – BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang di kelola oleh Pemerintah, yang fungsinya tidak jauh beda dari program sebelumnya yaitu Askes atau Jamkesmas. Semua WNI diwajibkan untuk mendaftarkan diri dan anggota keluarga yang ada di dalam Kartu Keluarga untuk mengikuti program bpjs.

Pendaftaran BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui Kantor BPJS Kesehatan yang ada didaerah masig – masing, atau juga bisa dilakukan secara online. Pendaftarannya sangat mudah, yang terpenting adalah setiap calon peserta yang ingin mendaftar bpjs maka harus menyiapkan persyaratan yang telah di tetapkan, beberapa diantaranya nanti akan kami sebutkan.

Syarat Daftar BPJS di Kantor

Syarat Daftar BPJS di Kantor

Sekedar informasi tambahan, BPJS Kesehatan memiliki 3 jenis kelas perawatan. Ada kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Masing – masing memiki kewajiban membayar iuran dengan besaran yang berbeda. (Baca : Iuran BPJS Kesehatan) . Saat melakukan pendaftaran tidak bisa hanya salah satu anggota keluarga, jadi semua nama yang tertera di kartu keluarga harus didaftarkan.

Teknis Daftar BPJS untuk PPU atau Mandiri

Berikut ini adalah syarat yang diperlukan bagi anda yang akan mendaftarkan diri dan anggota keluarga ke program BPJS Kesehatan melalui Kantor BPJS Kesehatan, lengkapi semua persyaratan yang kami sebutkan.

1. Syarat Daftar BPJS Kesehatan meliputi : Kartu Keluarga + Fotocopy , KTP + Fotocopy, Perlu memiliki Buku Rekening Tabungan (Pilih salah satu : BNI , BRI atau Mandiri). Jika anda memilih kelas 3 maka tidak perlu memiliki rekening.

2. Datang Pagi ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan nomor antrian, kemudian mengisi Formulir yang telah disiapkan. Isi dengan lengkap semua data yang diminta dalam Formulir Pendaftaran, beberapa diantaranya : Nomor HP , Alamat Domisii Lengkap, Puskesmas / Kinik untuk Faskes 1 dan data lainnya.

3. Setelah mengisi form dan menyerahkan syarat nya, dan Petugas BPJS telah melakukan penginputan data anda, anda akan mendapatkan Nomor Virtual Account (VA BPJS) untuk pembayaran melalui ATM atau Minimarket. Pembayaran dapat dilakukan setelah 14 Hari.

4. Peserta Membawa bukti Pembayaran ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan kartu Peserta.

Baca Juga : Syarat Daftar BPJS Kesehatan lewat Online 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply