Berapa Hari dirawat Setelah Operasi Caesar Menggunakan BPJS Kesehatan?

Rawat Inap Pasca Operasi Caesar

Seorang peserta BPJS Kesehatan mengalami gangguan saat akan melakukan persalinan sehingga diputuskan untuk melahirkan dengan cara operasi caesar. Setelah mendapatkan rujukan dari puskesmas sebagai faskes 1 , maka pasien dapat langsung ke Rumah Sakit yang dituju sesuai dengan rujukan.

BPJS akan menannggung biasa operasi caesar bagi Ibu yang melahirkan menggunakan kartu bpjs dan sesuai prosedur yang berlaku. Setelah melahirkan dengan operasi caesar pasien akan dirawat di rumah sakit tersebut selama 3-4 hari, setelah itu pasien akan dipulangkan.

Namun, ada salah seorang peserta BPJS mengeluhkan, kenapa setelah 3 hari dirawat harus pulang? padahal sudah membayar iuran peserta BPJS Kesehatan setiap bulan. kenapa dibatasi rawat inapnya?

Menurut saya pribadi, seseorang peserta tidak layak mengucapkan seperti itu (padahal sudah bayar iuran), kalau saya boleh jawab, apa yang anda bayar kan dengan iuran itu tidak sebanding dengan jaminan kesehatan yang diberikan. (ini hanya tanggapan pribadi saya) 

Jawabannya : Benar sekai, peserta akan dipulangkan setelah 3 hari pasca operasi caesar. Tidak hanya menggunakan BPJS Kesehatan saja, pasien umum juga-pun demikian, akan dipulangkan setelah 3 hari setelah operasi caesar dilakukan.

Karena dikhawatirkan jika terlalu lama diinap dirumah sakit, ibu yang melahirkan dengan caesar bisa beresiko megalami infeksi nosokomial. Berapa lama pasien dirawat dirumah sakit akan diputuskan oleh dokter yang merawat. Jika terlalu lama dirawat menggunakan mesin nafas, apa tidak takut terkena infeksi?

Tak hanya di Indonesia saja, memang sudah menjadi prosedur kesehatan untuk memulangkan pasien setelah melahirkan setelah 2-4 hari. Anda bisa simak pembahasan mengenai pemulangan ibu yang melahirkan setelah operasi caesar di http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21849712

Anda jangan langsung mengambil penilaian negatif jika merasa terlalu cepat dipulangkan. Karena proses penyembuhkan dan pemulihan pasca melahirkan lebih baik dilakukan dirumah, semakin lama dirumah sakit akan beresiko mendapatkan penyakit yang ada.

Jadi intinya, baik pasien BPJS maupun Pasien Umum akan dipulangkan setelah 3-4 hari pasca melahirkan. Kecuali jika anda indikasi medis lain yang belum diselesaikan maka pasien akan menjalani proses pengobatan selanjutnya. Jika anda sudah diperbolehkan pulang berarti itu tandakan kabar baik bagi anda, bahwa anda sudah dalam kondisi membaik.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. mau tanya.. klo mlahirkan dngn operasi ceasar di rs swasta apa biayanya di tanggung bpjs..? dan sudah mngikuti prosedur.. tks

Leave a Reply