Pindah atau Ganti Kepesertaan dari PBI ke BPJS Mandiri

Mendaftar BPJS Kesehatan terdapat beberapa jenis jalur pendaftaran, ada yang mendaftar melalui Perusahaan atau disebut dengan PPU, bisa mendaftar melalui PBI untuk bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah daerah untuk membayar iuran tapi hanya untuk kelas 3, dan yang terakhir mendaftar bpjs kesehatan melalui jalur Mandiri (PBPU).

Ketika peserta telah mendaftar disalah satu jenis kepeserta bpjs tersebut, dan ternyata ingin melakukan perubahan status, maka bisa dilakukan. Salah satu contoh adalah seperti yang ingin dilakukan oleh salah satu peserta BPJS Kesehatan bernama Rina Marlina ([email protected]), menanyakan bagaimana cara pindah kepesertaan dari PBI ke Mandiri.

Pindah Kelas PBI ke Mandiri di Kantor BPJS

Pindah Kelas PBI ke Mandiri di Kantor BPJS

Dirinya telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan melalui jalur PBI, yaitu program bantuan iuran yang iurannya di tanggung oleh pemerintah, pendaftaran dilakukan sejak awal 2015. Kemudian Pada juni 2015 yang bersangkutan telah menikah menikah dan merasa mempu untuk membayar iuran maka memutuskan untuk pindah status menjadi peserta bpjs mandiri yg dikenakan iuran perbulan.

Jika anda juga bermaksud untuk pindah ke peserta mandiri maka cara nya cukup datang ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk dibantu melakukan peralihan data dari Peserta PBI ke Peserta Mandiri. Lengkapi beberapa persyaratan diantaranya berupa :

  • Fotokopi KK (satu keluarga didaftarkan)
  • Fotokopi KTP dan Akte Lahir
  • Foto 3×4 warna
  • Fotokopi no.rekening dari bank BNI, BRI, MANDIRI, BTN (untuk pendaftaran kelas 1,2)

Saat melakukan pendaftaran yang baru menjadi peserta Mandiri anda dapat memilih kelas bpjs. Perlu dingat jika anda memilih kelas 3 maka nantinya anda tidak bisa pindah kelas, maka lebih baik kami sarankan paling tidak untuk memilih kelas yang paling tengah yaitu kelas 2. Karena jika anda ingin naik maka bisa dilakukan, begitu juga ketika ingin turun ke kelas 3.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Mau nanya…. Saya dan anak saya adalah Peserta BPJS Kesehatan PPU akan tetapi istri saya tidak bisa menjadi Peserta BPJS Kesehatan PPU kata pegawai BPJS dengan alasan sudah terdaftar sebagai Peserta Jamkesmas tempat domisili yang dahulu dan harus di cabut data kepesertaan Jamkesmasnya ke tempat waktu mendaftar dahulu, padahal istri saya tidak pernah mendaftar sebagai Peserta Jamkesmas dan tidak pernah mendapat kartu Jamkesmas, Pertanyaan saya :
    1. Bagaimana cara buat mengatasi masalah/permasalahan seperti yang terurai di atas ?
    2. Kalau memang menjadi Peserta BPJS Kesehatan adalah WAJIB seharusnya dipermudah untuk menjadi Peserta BPJS Kesehatan tersebut. Tolong bantuannya dan terima kasih banyak Informasinya.

  2. renti susanti

    Mohon info nya.sya anggota bpjs bpi mw pindah ke bpjs perusahaan. Persyaratan nya apa aja .
    Saya harus datang perusahaan tempat sata bekerja atau k kantor bpjs untuk merubahnya? Terima kasih atas perhatiannya

  3. Devi Asriana

    Jika masih terdaftar dalam jamsostek tetapi tidak aktif, bagai mana cara untuk mendapatkan bpjs mandiri? Terimakasih

  4. Saya krisna ingin bertanya istri saya sudah terdaftar ke bpjs pbi bagaimana caranya agar bisa dialihkan ke bpjs ppu dan apa saja saratnya

  5. Saya memiliki bpjs pbi dan ingin mebgubah menjadi bpjs mandiri apakah saya harus langsung k kantor cabang bpjs setempat atau ke dinas sosial dulu utk menonaktifkan status PBI saya?
    Jika saya mengubah bpjs pbi ke mandiri apakah no kartu bpjs saya berubah atau tidak?
    Trims

  6. Desi rachmawati

    Mohon info: saya mau pindah domisili sementara dalam kurun waktu kurang dalam 2bulan. Dari jakarta ke bandung untuk melakukan oprasi di bandung. Syarat apa saja yg harus disiapkan dari jakarta?
    Dan jika saya nanti diminta untuk berobat (cek up) kembali dibandung suatu saat apa perlu registrasi kembali dibandung?
    Mohon bantu ya.
    Terima kasih.

  7. dear Admin BPJS,

    Jika ada karyawan yang saat ini masih terdaftar di PBI akan tetapi saat ini mau dilakukan perubahan ke BPJS Pekerja Penerima Upah (PPU) bagaimanakah prosedurnya?

    Apakah bisa dilakukan penonaktifan dari pihak perusahaan? Dikarenakan karyawan tersebut berdomisili di luar kota sehingga memerlukan waktu lama untuk pengurusannya.

    Mohon arahannya untuk hal ini dikarenakan case ini terjadi pada banyak karyawan di perusahaan kami. Terimakasih sebelumnya 🙂

  8. Yopie Setiawan

    Mohon petunjuk, persyaratan apa saja yang mesti saya bawa ke kantor cabang BPJS untuk merubah Kepesertaan saya dimana sebelumnya saya adalah peserta Penerima Upah (dibayar oleh perusahaan) menjadi Peserta Mandiri?

Leave a Reply