1 Juli 2016, Aturan Baru BPJS Kesehatan mengenai Terlambat Bayar Iuran dan Denda

Peraturan Baru BPJS Kesehatan 1 Juli 2016

BPJS Kesehatan akan memberlakukan peraturan baru pada 1 Juli 2016 mengenai peserta yang menunggak bayar iuran dan denda bagi peserta yang berlaku di BPJS Kesehatan, yang sebelumnya kita tahu bahwa status dinonaktifkan jika terlambat 3 bulan dan dikenakan denda 2% per bulan.

Kini Peraturan BPJS yang baru berbeda, kabarnya mulai 1 juli 2016 peserta bpjs kesehatan yang telah membayar iuran 1 bulan maka statusnya akan langsung dinonaktifkan secara otomatis oleh sistem. Untuk mengaktifkannya maka peserta harus membayar iuran yang tertunggak tanpa dikenakan denda.

Peserta tidak dikenakan denda iuran sebab keterlambatan, namun peserta akan dikenakan denda jika menggunakan kartu bpjs kesehatan dalam 45 hari sejak kartu bpjs kesehatannya diaktifkan. Adanya denda ini tujuannya agar peserta BPJS Kesehatan itu mengaktifkan keanggotaan ketika butuh BPJS saja.

Denda yang dikenakan berbeda dengan denda sebelumnya, denda yang dimaksud adalah denda yang dikenakan bagi peserta yang menjalani rawat inap sebelum 45 hari sejak kepesertaannya diaktifkan kembali. Jika tidak ingin dikenakan denda anda bisa gunakan kartu BPJS setelah 45 hari diaktifkan.

Denda nya yaitu berupa membayar biaya berobat sebesar 2,5 persen dikali biaya rawat inap dan dikalikan jumlah bulan yang ditunggak. Penjelasan secara Rinci seperti dibawah ini : 

Jika Peserta menunggak 1 bulan maka status keanggotaannya akan dinonaktifkan, untuk mengaktifkan kembali peserta dapat membayar tagihan iuran. Setelah melunasi tunggakan kepesertaannya akan langsung aktif, jika peserta langsung berobat sebelum 45 hari maka dikenakan sanksi dan jika rawat inap dilakukan setelah 45 harimaka tidak kenakan sanksi.

Jika seorang peserta mandiri kelas 1 menunggak 3 bulan dan saat rawat inap dikenakan biaya sebesar Rp20.000.000, peserta tersebut harus ikut membayarkan biaya perawatannya sebesar Rp1.500.000 dihitung berdasarkan rumusnya yaitu ( 2,5 persen x Rp20 juta x 3 (sesuai tunggakan) ) maka hasilnya Rp1.500.000.

Khusus peserta PBI dibayar pemerintah dan kalau badan usaha dibayar pemberi kerja,” hal ini sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No 19/2016 tentang perubahan kedua atas Perpres No 12/2013 tentang Jaminan Kesehatan.

Dikutip dari : Okezone dan tempo.co

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Assalamualaikum pak, saya bayar bpjs rutin tetapi sejak tanggal 2 bulan november sampai sekarang saya tidak bisa membayarnya karna d indomart tidak bsa , d atm tertulis maaf no anda tidak terdaftar saat saya cek keaktifan no via online mash dlm status aktif, alasan no bpjs saya tidak terdaftar apa ya kira2 mohon segera di selesaikan jika memang terjadi gangguan saya hanya minta confirmasinya pak knapa no. Saya tidak bisa di bayar sejak tgl 2 smpe sekarang, saya blm sempat ke kantor bpjs karena saya kerja pulang jam 4 dan hanya libur di hari minggu, terimakasih sebekumnya.

  2. Seharusnya keterlambatan min berlaku 3 bulan jangan baru sebulan sudah langsung main denda saja ada tenggang waktu dong maunya ditoleransi tapi pelayanan di RSU bed banget ngga ada perbaikan

  3. 1.Mau nanya mas apabila sudah lama resign dan tidak bekerja apakah otimatis bpjs kesehatan pasti non aktif..?
    2.apakah selama itu kita terkena denda
    walaupun tidak menggunakan bpjs kesehatan…?
    mohom saranya
    trima kasih.

  4. mohon info apakah benar perbulan november ini bpjs mandiri kelas 1 di naikan uang iurannya menjadi 120rb ?

  5. -pak saya sdh nungak 1,5 th bpjs kls 3 karna suami sy di PHK.. sdgkan sy hamil 7 bln maw lahiran tak bs normal harus SC..
    klu mengunakan bpjs brp yg hrs sy byr atw lbh dr biaya SC..kira2 bs ngk bikin BPJS br?

  6. Admin, maaf yah mau nanya knapa dendanya harus dikalikan bulan tertunggak lagi, sedangkan untuk mengaktifkan layanan Sdah bayar iurannya? Koq sepertinya kita jdi bayar dobel × 2,5% nya sih? Knapa tidak sesuai lama rawat inapnya saja? Makasih, tolong penjelasannya yah..

    • mohon keterangan nya.
      saya dan ke 3 saudara saya ikut bpjs
      (4 yang ikut bpjs) kami telat membayar nya 3 bln ,
      bagaimana dengan status nya . tapi 1dari saudara saya sudah menggunakan nya untuk berobat , mohon penjelasan nya,
      lalu berapa % banyak denda yang harus saya bayar , dan setelah bayar itu semua bagaimana dengan status bpjs nya.

  7. tagihan total saya sebulan adalah 160 ribu. saya dan ibu saya. nah, kalau status bpjs saya sedang non aktif dan status bpjs ibu saya aktif, lalu beliau bayar 160 ribu, gimana?

  8. admin kalo bayar tunggakan bpjs bisa perorangan ga?

    misal 1 kluarga , ada 3 orang. ketiga nya nunggak 3 bulan.

    tapi mau bayar tunggakan untuk 1orang dulu?

  9. selamat sore mba, saya mau menanyakan tentang denda yang harus saya bayarkan. krna saat ini adik saya di haruskan untuk rawat inap karna operasi usus buntu. terakhir saya membayar iuran pada bulan februari 2015. dan kemarin saya sudah membayar tunggakan untuk 1 keluarga. bagaimana cara mengetahui besaran denda yang harus saya bayarkan mba?
    mohon penjelas.
    terimakasih

  10. Mas. Sy mau tny mengenai keterangan biaya pelayanan diagnosa awal itu mksdnya apa ya? Denda ya? Kemudian saya mau byr dmn ya mas? Tq

  11. Admin saya bingung.. saya memang kemarin telat satu bulan untuk bayar bpjs, kemudia saya langsung bayar 2 bulan. Hari ini saya ke faskes berobat kartu nin aktif. Padahal kamis kemaren yg waktu saya bayar iuran masih aktif. Lagian kan status dinonaktifkan kalau telat 3 bulan dan prosedurnya dikirim surat peringatan? Mihin bantu jelaskan.. trimakasih

  12. Donny Junaidhy Tumbilung

    Mohon penjelasan mengenai peraturan pembayaran, misalnya dalam 1keluarga ada 4 anggota keluarga apakah harus dilakukan pembayaran semua anggota keluarga apabila salah satu anggota keluarga yang mau berobat?

  13. Admin sy mo tanya, klo ingin liat jumlah iuran yg sudah masuk / yg sudah dibayar bagaimana caranya yah?
    Makasi

  14. Selamat Pagi Admin,

    Keluarga saya memiliki 3 anggota keluarga yang terdaftar BPJS Kesehatan kelas 3 dan 1 Anggota keluarga yang terdaftar KIS. Dan membayar iuran BPJS dengan lancar setiap bulannya. Tapi pada saat ingin membayar iuran BPJS untuk 3 anggota keluarga sekaligus (Seperti sistem baru BPJS yang mengharuskan pembayaran langsung 1 KK) yang seharusnya membayar Rp, 90.000,- untuk 3 peserta. Saya malah membayar Rp, 102.000,- dan tertulis pada kertas/struk ATM untuk iuran 2 pst/peserta. Jika memang 2 peserta seharusnya saya hanya membayar Rp, 60.000,- dan jika saya membayar 3 peserta seharusnya hanya Rp, 90.000,-. Jika memang membayar 2 peserta dan membayar Rp, 102.000,- berarti saya membayar pada kelas 2. Sekiranya apa yang harus saya lakukan, Min? Mohon bantuannya. Terimakasih.

  15. Saya mw tnya.. Knp y saya bln ini mw byr bpjs kok g bsa? Pdhl kmren pas dicek klrga saya g ad tunggakn? Tlg bntu jwb

  16. Hadeuh.. harusnya dibikin makin mudah dong. Kok malah makin sulit begini ya? Kesian sama yang kurang faham beginian.. saya aja mau bayar bpjs via m-banking kok jadi gabisa bisa ya? Padahal tiap bulan selalu pake mbanking😟kasian sama orang2 yang bener butuhin.. terus kenapa saya denger dendanya bisa bengkak gitu ya walau telat 1 bulan..tadinya gamau ngeluh begini eh tapi udah nyaman malah diribedin jadi begini😥

  17. Dear Admin…
    Mohon dibantu untuk pertanyaan saya.
    Jadi gini di 1 kk terdiri 3 orang sebelum adanya peraturan baru salah 1 dari PBJS ini belum bayar sampai 7 bulan (milik ayah sayah), namun pada bulan october mau membayar semua tunggakan melalui BRI dan memasukan no BPJS ayah saya namun mendapat keterangan tidak terdaftar, apakah nk BPJS ayah saya telah di nonaktifkan? Jika benar saya harus gimana yah untuk mengaktifkannya kembali? Atau gimana? Menginggat sudah ada peraturan baru pembayaran BPJS di bayarkan 1 kepala untuk 1 KK…
    Mohon di bantu penjelasannya

  18. saya bpjs tingkat 3, terlambat bayar 1 bulan yaitu september 2016, bulan ini tanggal 2 oktober saya mau bayar di atm, tapi tagihannya Rp. 76.500,
    kenapa bisa jadi bayar 3 bualan, harusnyakan 2 bulan saja. apakah server bpjsnya salah ngitung?

  19. Eduardo Eriawan

    Kalau dalam satu kk ada 3 nama krn memang harus didaftarkan. Tetapi yg 2 rutin bayar sementara yg satu tidak dibayar dengan sengaja untuk di non aktfkan. Nyatanya sekarang saya harus tetap membyar nomor peserta yg ke 3 dengan jumlah tunggakannya. Apakah ini fair?

  20. saya mau bayar bpjs bulan september hari ini tgl26 telatnya 16 hari dri tgl 10september kok udah g bisa bayar sich apa uda dinon aktifkan?????????

  21. Admin mhon dbantu …
    sy mnggunakan bpjs kls 2 dan sy mengalami tunggakan bpjs slama 3bln …
    dgn 7anggota keluaraga
    tetapi kmrn sy bayar bpjs melalui atm … d layar mesin msh trtulis *153.000(artinya bayar perorangan)sdngkan bulan sptmber bukannya dpberlakukan pmbayaran ( 1 kepala keluarga utk jumlah anggota keluarga) trs stelah sy melakukan pmbayaran bpjs utk 1 orang (ayah sy) mnjalani rawat inap … dr pihak RS mmbrikan kterangan bhwa hrs mlunasi tunggakan (anggota keluarga yg lain) itu sdh sy lakukan naah …trs denda yg 45 hari itu mksdnya bgaimana ya? Apa sy hrs mmbyar denda 45hr jg utk 6 anggota keluaraga yg lain???!!! Sdngkan yg lain tdk mlakukan rwat inap! Mhoooon sangat pnjelasannya.krna sy tdk paha.trima ksh.

  22. selamat sore..

    saya mau bertanya… saya peserta BPJS kelas 2, dan disini saya mau bertanya masalah pengaktifan/denda dimana saya tidak paham sama sekali.

    anggap lah perbulan iuran saya 50 ribu , dan saya tidak membayar iuran selama 10 bulan , ( karena sesuatu hal ) , dan saya mau mengaktifkan lagi, itu bagaimana ya tolong dibantu sebelum saya ke kantor bpjs nya,,
    1. apakah cukup bayar 10 bulan yg tidak dibayar dan aktif lagi.. jadi bayar 500 ribu
    2. sudah dinonaktifkan , dan daftar2 lagi dari awal. tanpa bayar yg 10 bulan itu
    3. daftar lagi + bayar 500 k itu dan denda ,,,
    tolong dijawab ya admin atau teman2 disini.. terima kasih

  23. Selamat malam maaf min saya mau nanya, pada tanggal 17 septembr 2016 saya mau bayar bpjs bulan september kelas 1. Jumlah keluarga 4 orang, tapi 2 orang menunggak 1 bulan dan 2 orang lagi telat pembayarannya (hanya selisih hari). Barusan saya cek di atm, bayaran yg harus dikeluarkan hingga Rp1.376.500,-.
    Mohon penjelasannya min.. sama rinciannya
    Terimakasih

  24. Mohon maaf ya gan…. saya kena kasus yang sama mengenai sistem pembayaran yang berubah yang terus terang saya tidak tahu kalau ada perubahan tentang keterlambatan pembayaran….trus orang tua saya rawat inap tertanggal hari ini, tapi dari pihak rumah sakit mengatakan saya harus melunasi biaya keterlamabatan rawat inap di kantor pos terdekat dengan melakukan konfirmasi ke BPJS pusat terdekat….kronologinya begini….. BPJS orang tua saya diotodebit disalah satu bank terdekat dikota saya….. dan ternyata pada waktu bulan juli lalu iuran BPJS tidak terbayar mukin karena saldo debit di bank sudah tidak ada….tapi pada bulan agustus iuran dan tagihan BPJS saya bayarkan seperti biasa dan bulan september orang tua saya dirawat inap dirumah sakit…yang jadi masalahnya pada saat ini orang tua saya terkena 45 mas berlaku denda untuk rawat inap sedangkan orang tua saya dirawat inap karna persiapan operasi kira kira bagaiman solusinya……

  25. Kenapa bpjs tidak bisa di gunakan di seluruh indonesia ? Padahal kita hidup di NKRI. Tetapi hanya bersifat lokal, sesuai tempat tinggal / ktp.

  26. Tanggal 5 september sy bayar lunas untuk 3 peserta kelas 3 Rp76.500, sy cek kembali tgl 11 september masih ada tagihan sebesar 51.000 ,knp bisa begitu ya..padahal sy tdk punya tunggakan,mohon penjelasan nya

    • @Zahra : Untuk lebih jelasnya anda bisa datang ke kantor bpjs, dan tanyakan kepada petugas. Akan dicek melalui sistem administrasi… Bawa struk pembayaran yang telah anda lakukan sebelumnya..

  27. @all : sama spt yg saya alami, saya biasa bayar per ID namun bulan ini jadi 1x bayar 3 peserta.. setelah saya confirm ke kantor bpjs nya mmg skemanya skrg spt itu. Jadi yg kita bayar adl tagihan bpjs 1 KK. Jadi kita bayar saja salah 1 ID. Otomatis anggota keluarga yg tertera di KK terbayar juga tagihannya…

  28. Daniel.
    Sama lagi saya, bayar lwt atm bri utk cucu rp.51.000. kog stuknya keluar sebesar rp.1.433.100 rupiah, utk 3 PST, kan saya pensiunan pns kenapa saya +istri harus bayar walaupun cucu saya masuk dlm daftar keluarga, mohon penjelasannya.

  29. Saya kmren bayar di atm. Jumlah keluarga 3 tapi yang terbayar cuma 2 satunya blum terbayar. Bagaimna ini ???

  30. Lalu bagaimana seandainya telat bayarnya kurang dari sebulan??? Apakah denda dengan itung2 an 45 hari itu tdk berlaku? Tks

    • Dejune : Jika peserta dinonaktifkan kemudian membayar tagihan dan statusnya aktif kembali, apabila menggunakan layanan rawat inap pada masa 45 hari setelah diaktifkan maka akan dikenakan denda.

      • Yang justru membingungkan adalah systemnya yg kurang Update pak/bu… Kasusnya knp waktu saya cek Tagihan BPJS Tagihan untuk BPJS orang Tua saya yg harusnya saya bayarkan kelas 1 sebesar Rp. 80.000,- kenapa muncul di ATM saya bayarkan sebesar 560 ribu??? saya msh simpan bukti transfernya. dan telp call center Bpjs yang 1500 400 menyusahkan sekali. tidak bisa telp dari sesama operator gsm ataupun telp rmh…

      • Kok saya malah jadi gabisa bayar via m-banking yah? Padahal tiap bulan saya udah nyaman biar pake mbanking..

  31. Mhon bntuannya. Pda hri miggu tgl 4 septmbr sya berencana mmbayar bpjs kesehatan sya n suami. Sya mngambil premi kls 1 scra mandiri. Saat sya sdh transaksi pmbyaran di atm,disitu trtulis bhwa tipe rekening salah. Pdhal bln2 kmrin pas sya byr tu g papa. Tu knp ya? Trs knp juml tagihan bpjs sya mnjd bnyk skali. Memang bln agstus kmrin sya lupa byr n rencana sya byar bln septmber skalian,distu trtulis tgihan sya sbesar 320rb n tagihan suami sya 320rb. Pdhal sharusnya sya kn hnya byar 160rb per satu org. Mhon bantuannya bagi yg tau

  32. hari ini, saya ke atm bri, niat bayar bpjs bulan sept…yg tertera tunggakan sebesar 495.000. lho…saya kan bayar tiap bulan..koq jadinya begitu.

    sayssaya coba masuk ke nmr istri, jufa tertulis tunggakan 495 ribu…ada apa ya…sistem yg sdg error atau bgmn neh?

    • @Iwan : Tidak eror,,, memang ada perubahan skema pembayaran… Sekarang pembayaran iuran harus 1 keluarga langsung, pembayaran bisa menggunakan ID siapa saja dalam keluarga tersebut… Jadi jika anda terdaftar dalam kelas 2 dengan jumlah anggota keluarga 4 orang maka hitungnya : Rp51.000 (iuran) x 4 (peserta) x 1 bulan = Rp204.000

  33. sy msih gk ngerti dengan itung2anya .tolong d bantu kalo kelas 3 tunggakan 3 bln dengan biaya 10 jt..berapa denda yg hrs sy byrkn..karna sy sedang mngalami kasus ini..mksh sblumnya

    • @Deni : Apabila anda menunggak 3 bulan maka status di nonaktifkan, kemudian untuk mengaktifkannya kembali anda harus melunasi iuran. Setelah aktif maka anda tdk diperkenakan berobat rawat inap, jika ternyata anda rawat inap maka akan dikenakan biaya, jika biaya rawat inap anda Rp 10 juta maka anda harus membayar denda Rp10 juta x2,5% = Rp250.000

Leave a Reply