Apakah Wajib menjadi Peserta BPJS Kesehatan?

Wajib Daftar BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan sebuah program jaminan sosial yang sebelumnya adalah PT. Askes , program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat menuju kesejahteraan dengan mengedepankan prinsip gotong royong, yang sehat membantu yang sakit dengan cara memberikan iuran setiap bulannya.

Besarnya iuran BPJS Kesehatan ada 3 jenis pilihan kelas, tidak ada perbedaan khusus untuk pelayanan masing – masing kelas, semua layanan dan obat – obatan [(pertanggungan)] sama antara peserta kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Hanya yang menjadi perbedaan adalah Ruang Perawatan yang didapatkan.

Pertanyaan yang masih sering ditanyakan oleh masyarakat umum mengenai BPJS biasanya perihal penyakit apa yang ditanggung BPJS Kesehatan dan Apakah menjadi peserta BPJS itu Wajib?

Hampir semua jenis penyakit ditanggung BPJS Kesehatan jika terdapat indikasi medis yang mengancam jiwa seseorang, karena semua peserta memiliki hak untuk sehat. Kecuali beberapa jenis penyakit tidak ditanggung BPJS, seperti penyakit karena narkoba, hiv aids, estetika yang mengarah ke kecantikan, dan lain – lain.

Sedangkan, jawaban untuk pertanyaan apakah menjadi BPJS itu Wajib? Berdasarkan Undang – Undang Dasar No.24 tahun 2011 menyatakan bahwa seluruh penduduk Indonesia wajib mendaftarkan diri dan seluruh anggota keluarga yang ada dalam 1 Kartu Keluarga untuk mendaftar BPJS Kesehatan.

Karena menjadi peserta BPJS itu Wajib maka tidak keanggotaan BPJS tidak bisa dihentikan atau dibatalkan. Bagi peserta yang tidak membayar iuran maka akan mendapatkan tagihan sesuai dengan bulan yang tertunggak dan kelas yang dipilih.

Jika peserta tidak melunasi iuran BPJS maka status keanggotaan akan dihentikan sementara sehingga peserta tidak bisa menggunakan layanan jaminan kesehatan sampai peserta melunasi tunggakan. Pastikan anda melunasi tunggakan sebelum menggunakan BPJS karena ketika mengatifkan BPJS dan ternyata dalam 45 hari berobat menggunakan BPJS justru akan dikenakan denda.

Baca Disini : Penjelasan Denda 30 Juta bagi Peserta yang Menunggak

Telah banyak peserta BPJS yang terbantu dengan mendaftar BPJS Kesehatan, terutama bagi mereka yang menderita penyakit kanker dan ibu hamil yang akan melahirkan. Jika anda belum mendaftar BPJS maka segera daftar BPJS, pilih kelas berdasarkan kemampuan biaya, jika tidak mampu anda bisa daftar peserta PBI.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Ass.wr.wb,mau tanya untuk wilayah jawatengah khususnya purworejo ,bisakah membuat bpjs pbi(penerima bantuan tunai),kel.saya termasuk kel.yg tdk mampu tp tidak mendapatkan jamkesmas/bpjs/kis/jkn,,klw bisa bagaimana cara nya?,terimakasih

Leave a Reply