Peserta PBI BPJS Kesehatan Tidak Bisa Pindah Faskes

Apakah PBI bisa Pindah Faskes? – Ada sebagian peserta BPJS yang mendaftar melalui program PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari pemerintah mengeluh karena tidak bisa pindah faskes 1 dari puskesmas ke klinik swasta. Para peserta PBI supaya lebih mengerti terhadap prosedur layanan yang telah di atur dalam UUD BPJS Kesehatan.

PBI merupakan program bantuan kepada warga miskin untuk bisa mendaftar BPJS Kesehatan dan menggunakan layanan jaminan kesehatan sosial tanpa membayar iuran peserta bulanan, semua biaya iuran telah di tanggung oleh Pemerintah setempat.

Peserta BPJS PBI hanya dapat berobat menggunakan kartu BPJS di fasilitas kesehatan milik pemerintah saja, seperti Puskesmas. Apapun alasannya, peserta PBI tidak diperboleh atau tidak bisa pindah Faskes.

puskesmas surabaya

puskesmas surabaya

BPJS Kesehatan telah memperimbangkan hal tersebut. Perlu diketahui bahwa Peserta PBI BPJs itu merupakan peserta yang dibebaskan Iuran karena termasuk warga miskin yang mendapatkan bantuan, maka sebagiknya memang berobat ke faskes 1  di puskesmas.

Pertimbangannya adalah di Puskesmas para peserta BPJS PBI kemungkinan kecil mereka diminta membayar biaya sendiri, bahkan hampir tidak ada. Obat – obatan yang di berikan di puskesmas tersedia Gratis, berbeda di Klinik peserta biasanya akan di minta biaya tambahan untuk itu.

 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Adik saya sudah terlanjur mendaftar iuran mandiri bpjs dan baru mendapatkan virtual account saja, pertanyaannya apakah bisa dipindah ke PBI..??
    Syarat dan prosedur apa saja yg harus dilengkapi untuk dibawa ke kantor bpjs sesuai domisi ktp..??
    Mhon bpk staff bpjs di jawab pertanyaan sya..
    Trimakasih…

  2. mengapa sih asal saya mau tahu tentang tagihan bpjs dengan memakai sms gatway selalu tidak ada balasan padahal format telah sesuai dengan nomor tujuan yang tetap..
    tetapi berulang kali saya kirim namun tak kunjung jua ada balasan
    mohon penjelasannya

Leave a Reply