Tagihan Iuran BPJS September 2016 Membengkak

Tagihan Iuran BPJS Membengkak

Diketahui terdapat perubahan peraturan baru pada bulan september, inilah yang menjadi alasan mengapa tagihan iuran anda membengkak. Tapi tunggu dulu, apakah benar tagihan iuran anda membengkak?

Sejak tanggal 1 September 2016 BPJS memperbaharui skema pembayaran, dimana pembayaran iuran tidak lagi untuk masing – masing peserta melainkan untuk seluruh anggota keluarga (dalam kartu keluarga) yang terdaftar di bpjs kesehatan, dan pembayaran cukup menggunakan 1 nomor VA saja.

Sehingga ketika peserta hendak melakukan pembayaran menggunakan nomor VA yang mereka miliki muncul jumlah iuran yang besar, begitu juga ketika cek menggunakan VA yang lain dalam keluarga tersebut muncul jumlah yang sama. Karena memang jumlah yang muncul bukan hanya untuk 1 orang tapi untuk beberapa orang yang terdaftar dalam kartu keluarga peserta.

Tak sedikit dari peserta yang kaget dengan perubahan ini, banyak yang mengeluh mengapa tiba – tiba tagihan iuran kok membengkak, ada yang 2 kali lipat, 4 kali lipat atau 6 kali lipat. Bahkan ada juga yang tagihanna mencapai angka jutaan (karena membayar tunggakan semua anggota).

Contoh Kasus

Apabila dalam 1 KK (Kartu Keluarga) terdapat 5 anggota keluarga dan terdaftar di bpjs dalam layanan kesehatan kelas 1, sehingga tarif yang dikenakan adalah Rp80.000 per orang, dengan begitu sesuai dengan aturan dan skema baru bpjs maka peserta harus membayar iuran setiap bulan sebesar :

5 x Rp80.000 = Rp400.000.

Jika keluarga tersebut telat 3 bulan maka tinggal dikalikan saja dengan bulan yang tertunggak yaitu Rp400.000 x 3 bulan , maka tagihan iurannya adalah Rp1.200.000

Itulah alasannya mengapa tiba – tiba tagihan anda pada bulan September dst menjadi seolah – olah membengkak. Dengan penjelasan ini semoga dapat menjawab kebingungan anda. Perlu diketahui bahwa bpjs telah menghapus denda keterlambatan, jadi peserta yang terlambat tidak ada denda. Peserta hanya akan menerima sanksi berupa “status kepesertaan yang di nonaktifkan”.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Saya dan anak saya 1 KK menjadi peserta BPJS Kesehatan, dan kemarin waktu saya akan melakukan pembayaran regular bulanan ternyata nomor yang saya masukan atas nama saya berubah menjadi nama anak saya.
    Dengan perubahan peraturan baru ini, bagaimana apabila selama ini anak saya bayar melalui kantor, berarti terjadi double pembayaran dan bagaimana dengan kepersertaan saya.
    Kami harap apabila ada peraturaan baru mohon ada pemberitahuan/info terlebih dahulu.
    Terima kasih.

  2. Kenapa Iuran bulan ini Saya & kedua orang tua di kenakan 2x lipat,padahal bulan lalu saya sudah membayar !! Saya sudah lapor ke BPJS dan di kasih 2 solusi
    1.Menunggu
    2.Membayar
    Jika ada kesalahan terhadap sistem di BPJS seharusnya Menjelaskan kenapa ini bisa terjadi,jika saya membayar 2x untuk 1 bulan,apa bulan bulan berikutnya bakal tidak terjadi? saya pikir tidak mungkin

  3. kemarin saya bayar tagihan bulan ini,,menggunakan VA ibu saya,,,tpi kenapa VA saya ada tunggakan,,malah jadinya masuk ke saldo VA ibu saya,,mohon pencerahanya….

  4. Ada hal yg ingjn saya tanyajan
    1. Jika di dalam kk ada 4 Org, namun hanya 2 yg di daftarkan bagaimana? Harus semua donk?

    2. Kalo semua, Ini namanya paksaan karena gak semua Org punya biaya? Bagaimana tanggapan Anda?

    3. Okelah, misal 4 anggota di daftarkan, namun karena baru 2 yg di daftarkan, bagaimana dengan pengurusan 2 Org lagi? Dan jika sakit apakah bisa langsung di tanggungan bpjs? Mengingat tidak ada kartunya?

    Terima kasih.

Leave a Reply