Bagaimana Pembayaran Iuran Peserta yang kena PHK dari Perusahaan

Banyak hal yang tidak diduga terjadi dalam kehidupan ini, salah satunya ketika bekerja tiba – tiba di PHK dari Perusahaan, banyak faktor yang menyebabkan seseorang di pecat dari tempat bekerjanya. Apa hubungannya dengan BPJS Kesehatan? tentu ada karena yang pasti peserta yang terdaftar melalui perusahaan iurannya akan dibayar oleh Perusahaan.

Lantas bagaimana ketika seorang peserta BPJS Kesehatan yang di pecat atau di PHK dari Perusahaan tempat dimana ia bekerja? Apakah masih terdaftar BPJS Kesehatan dan Bagaimana pembayaran iurannya, seperti masalah yang di alami Benny yang dipecat dari perusahaannya.

Kemudian ia bertanya :

Bagaimana status karyawan yang telah menjadi peserta BPJS kesehatan melalui perusahaan tempat ia bekerja. Setelah beberapa waktu kena PHK misalnya karena pengurangan karyawan karena ekonomi sekarang yang melambat. Kemudian karyawan yang kena PHK tersebut karena ekonomi yang melambat pula, tidak mendapatkan pekerjaan baru dengan kata lain masih menganggur. Apakah karyawan tersebut dan anggota keluarganya (istri & anak) masih bisa berobat menggunakan BPJS Kesehatan.

Peserta di Pecat silahkan urus di kantor BPJS Kesehatan

Peserta di Pecat silahkan urus di kantor BPJS Kesehatan

Mungkin masalah tersebut juga dialami oleh Anda.

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2013 Pasal 7, mengenai Peserta BPJS yang di pecat dari perusahaan tempat mereka bekerja, peserta masih bisa menggunakan dan mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan dari BPJS Kesehatan sampai kurun waktu yang telah ditentukan dalam peraturan tersebut yaitu sampai dengan 6 bulan tanpa harus membayar iuran.

Sebagai rentan waktu bagi peserta untuk mencari pekerjaan baru di perusahaan lain, jika mendapat pekerjaan baru, maka selanjutnya kepesertaan akan dilanjutnya dengan premi yang dibayar oleh perusahaan yang baru. jika lebih dari 6 bulan peserta tersebut tidak mampu bekerja lagi, dan mengalami kesulitan untuk membayar iuran BPJS karena tidak mampu secara ekonomi, maka ia dapat melapor ke Dinas Sosial daerah setempat untuk diusulkan menjadi peserta PBI yang iuran bulanannya dibayarkan oleh pemerintah.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.