Untuk Peserta yang Memilih BPJS Kelas 3 Tidak Bisa pindah Kelas

Saat mendaftar BPJS Kesehatan baik Online maupun langsung melalui Kantor Cabang BPJS yang ada di daerah masing – masing, calon peserta akan di tawarkan 3 pilihan kelas yang masing – masing, tidak ada perbedaan khusus untuk kelas 1 – kelas 2 dan kelas 3, perbedaannya terletak pada besaran iuran dan ruang penginapan / ruang perawatan saja.

Biaya iuran kelas 1 Rp 59.500/bln, Biaya Iuran Kelas 2 Rp42.500/bln dan Iuran Kelas 3 adalah Rp25.500 . Banyak dari kita mendaftar BPJS Kesehatan memilih kelas 3 dikarenakan biaya iuran bpjs yang ringan dan murah, begitu juga bagi peserta bpjs yang mendaftar melalui PBI secara otomatis akan di masukan ke dalam BPJS Kelas 3.

Sesuai dengan kelas nya, untuk Kelas 3 pasien akan di inap kan pada ruang kelas 3 yang standar yang berisi beberapa pasien sekaligus dalam 1 ruangan, hal ini yang banyak membuat peserta bpjs merasa tidak nyaman sehingga memutuskan untuk pindah ruangan seperti kelas 1 atau paling tidak layanan ruangan kelas 2 walaupun rela menambah biaya sendiri.

BPJS Kesehatan Kelas 3 tidak Bisa Pindah Kelas

BPJS Kesehatan Kelas 3 tidak Bisa Pindah Kelas

Tapi perlu ketahui, ketika anda sejak awal berobat menggunakan layanan BPJS dan anda terdaftar dalam BPJS Kelas 3 maka permintaan anda untuk naik kelas tidak akan disetujui walaupun selisihnya akan anda bayar sendiri, kecuali sejak pertama anda masuk rumah sakit sebagai peserta umum maka anda bebas memilih ruang perawatan hanya saja semua biaya tidak di tanggung BPJS Kesehatan.

Maka dari itu, saat pertama kali anda mendaftar maka pilih lah Kelas 1 atau Kelas 2 yang memiliki layanan ruang perawatan yang masih masuk kedalam kategori nyaman. Karena jika anda saat ini sudah masuk dalam BPJS Kelas 3 maka sudah tidak bisa lagi pindah kelas, untuk info selanjutnya silahkan Hubungi BPJS terdekat.

 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. mau tanya..kalau kakak sdh ikut bpjs dr kantor kelas 1..saya dan ibu juga ingin ikut bpjs mandiri..tapi ikut kelas 2.. bisa tidak.ya?

  2. saya sudah terlanjur daftar di kelas 3, bagaimana supaya bisa merubah kelas tersebut sebelum ada kejadian sakit/perawatan?

Leave a Reply