Kemana Harus Berobat Ketika Sakit untuk Mendapatkan Jaminan Kesehatan BPJS ?

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang dijalankan oleh Pemerintah, semua warga negara indonesia diwajibkan untuk mendaftarkan diri dan seluruh anggota keluarga yang tertera di Kartu Keluarga. Dalam pelaksanaannya BPJS diatur melalui Peraturan Presiden dan memiliki prosedur yang harus diikuti oleh seluruh peserta, salah satunya ketika berobat dan ingin mendapatkan bantuan dari BPJS.

BPJS Kesehatan bukan program asuransi tabungan yang nantinya iuran yang telah disetorkan dapat dicairkan. Iuran yang telah dibayarkan peserta digunakan untuk membantu peserta lainnya yang membutuhkan (yang sehat membantu yang sakit, yang kuat membantu yang lemah), itulah mekanisme yang dijalankan dalam pelaksanaan program BPJS Kesehatan.

Berobat Ke Faskes 1

Berobat Ke Faskes 1

Ketika anda yang sakit, bagaimana anda bisa mendapatkan Jaminan Kesehatan dari BPJS. Tentu, anda harus terdaftar sebagai peserta BPJS dan mengikuti prosedur yang berlaku. Ketika anda sakit maka anda bisa berobat ke faskes 1 yang telah tercantum dalam kartu peserta.  Peserta akan mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan indikasi medis.

Peserta jangan buru-buru mengambil keputusan untuk berobat ke rumah sakit. Hal ini sering kali terjadi, dimana peserta langsung berobat ke Rumah Sakit tanpa ke Faskes 1 terlebih dahulu, mungkin karena panik padahal sebenarnya penyakit yang diderita dapat ditangani di faskes 1. Maka dari itu ketika anda sakit supaya tenang dan langsung datang ke faskes yang tertera di kartu bpjs kesehatan anda.

Tak perlu cemas, para tenaga medis yang bekerja di fasilitas kesehatan primer seperti klinik dan puskesmas, juga memiliki kompetensi yang sama dengan dokter umum di rumah sakit.

Jika memang penyakit yang diderita peserta membutuhkan penanganan medis dari dokter spesialis atau keterbatasan alat medis yang ada di faskes, maka faskes 1 akan memberikan rujukan kepada peserta  ke rumah sakit. Ketika peserta telah mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan maka biaya berobat yang dikeluarkan peserta dapat ditanggung BPJS Kesehatan.

Informasi Dikutip dari : Facebook BPJS Kesehatan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply