Pelayanan Endoskopi ditanggung BPJS Kesehatan

Layanan Endoskopi dengan BPJS Kesehatan

Layanan Endoskopi dengan BPJS Kesehatan

Jika peserta BPJS Kesehatan mengalami gangguan kesehatan pada perut yaitu lambung terasa nyeri atau bahkan sakit seperti teriris, merasa mual, nyeri pada dada kanan sakit , dan using maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter pada faskes 1 untuk melihat penyakit yang ada pada lambung anda.

Anda dapat menceritakan keluhan dan apa yang dirasakan, kemungkinan dokter memutuskan untuk melakukan endoskopi, Endoskopi merupakan sebuah layanan untuk mendiagnosa gangguan pada sistem pencernaan, dengan memasukan selang kecil dari mulut yang berisi kamera kedalam lambung.

Dengan endoskopi dokter dapat memperoleh gambaran jelas dinding lambung sehingga dapat melakukan penanganan selanjutnya dan pemberian obat yang lebih akurat.

Pertanyaannya apakah layanan endoskopi ini ditanggung BPJS Kesehatan?

Berdasarkan pengalaman salah seorang pasien yang juga sebagai peserta BPJS Kesehatan, layanan endoskopi dapat dilakukan di Rumah Sakit dan biayanya ditanggung BPJS Kesehatan. Maka dari itu agar dapat ditanggung BPJS Kesehatan anda harus mendapatkan rujukan dari faskes 1 untuk melakukan proses endoskopi di RS.

Setelah mendapatkan rujukan dari faskes 1 maka anda bisa pergi ke Rumah Sakit Rujukan untuk melakukan pendaftaran administrasi untuk layanan endoskopi dengan membawa kartu perserta BPJS Kesehatan (difotocopy) dan Surat Rujukan (difotocopy). Ikuti petunjuk yang diarahkan oleh petugas medis yang ada rumah sakit tersebut.

Semua tindakan endoskopi diagnostik dan terapi dicover kecuali tindakan skrining belum bisa di-cover oleh BPJS Kesehatan. (info : Okezone)

Kesimpulannya : Layanan Endoskopi dapat ditanggung BPJS Kesehatan, peserta supaya mengikuti prosedur yang berlaku, yaitu ketika periksakan diri ke faskes 1 terlebih dahulu. Jika mengharuskan endoskopi maka dokter faskes akan memberikan rujukan kepada anda.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply