Alasan Mengapa BPJS Kesehatan menerapkan “Sistem Rujukan Berjenjang”

Penjelasan Sistem Rujukan Berjenjang BPJS KesehatanSistem Rujukan Berjenjang – Ternyata masih banyak peserta yang mengkomplain mengenai sistem baku yang telah dibuat BPJS Kesehatan guna memberikan kelancaran dan kemudahan layanan kepada peserta bpjs yang ingin berobat yaitu tentang sistem rujukan berjenjang yang diterapkan bpjs kesehatan.

Program JKN yang dijalankan pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat terhadap peran puskesmas dan klinik sebagai faskes 1 dengan sistem rujukan berjenjang yang telah dibuat, sehingga masyarakat tidak perlu terburu-buru mengambil keputusan bahwa setiap berobat harus langsung ke Rumah Sakit.

Sistem rujukan berjenjang yang diterapkan BPJS justru memberikan kemudahan akses pelayanan kepada masyarakat itu sendiri. Lantas seperti apa mekanisme sistem rujukan berjenjang itu?

Sebagai gambaran, seandainya seluruh masyarakat dalam satu provinsi berobat langsung ke rumah sakit tipe A di provinsi tersebut. Padahal tingkat keparahan penyakit berbeda-beda, mulai dari yang ringan hingga yang butuh penanganan serius.

Jika tidak diterapkan sistem rujukan berjenjang seperti yang telah dijalankan BPJS Kesehatan saat ini, maka dokter umum akan kewalahan dalam menangani jumlah pasien yang begitu banyak datang ke rumah sakit, tentunya akan terjadi antrian panjang, pelayanan menjadi kurang maksimal.

Tenaga medis di rumah sakit tentunya akan mengalami kelelahan karena harus bekerja ekstra jika semua peserta BPJS datang ke Rumah sakit tanpa melalui sistem rujukan, ketika tenaga medis kelelahan sehingga konsentrasi nya terganggu dengan kata lain mereka terlalu memaksakan diri dan ini akan berbahaya bagi pasien itu sendiri.

Sistem rujukan berjenjang berfungsi untuk mengaturan pelimpahan tugas dan tanggung jawab elayanan kesehatan, sehingga pasien dapat berobat sesuai dengan indikasi medis atas sakit yang di derita. Selagi penyakit masih dalam kategori ringan dan dapat diobati di faskes 1 maka pasien tidak perlu di rujuk kerumah sakit.

Pasien (peserta bpjs) tidak peru khawatir, karena para tenaga medis di faskes 1 juga memiliki kompetensi yang setara dengan dokter umum yang ada di rumah sakit, yang juga dapat menangani masalah kesehatan anda, jika memang penyakit anda tergolong berat maka anda akan di rujuk ke rumah sakit.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply